Hubungan Asmara Renggang, Pasangan Perlu Tahu 4 Penyebabnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Hubungan Asmara Renggang, Pasangan Perlu Tahu 4 Penyebabnya

Halodoc, Jakarta – Setelah sekian lama menjalani hubungan bersama, bukannya tidak mungkin jika kamu dan pasangan sampai pada satu titik jenuh. Pada masa tersebut, kamu dan pasangan mungkin mulai merasa hubungan asmara mulai renggang dan tidak lagi memiliki semangat yang sama, seperti saat pertama menjalani hubungan.

Pada awalnya, hubungan yang terjalin antara kamu dan pasangan mungkin terasa sangat manis dan tak akan terganti. Tapi seiring berjalannya waktu, pernahkah kamu merasa ada yang mulai berubah dan itu membuat kamu maupun Si Dia menjadi tidak nyaman? Atau yang paling parah, perubahan itu membuat kalian berpikir untuk mengakhiri hubungan yang sudah terjalin.

Baca juga: Pasangan Selingkuh, Tinggalkan atau Perbaiki Hubungan?

Eits, tapi jangan terburu-buru. Sebelum mengambil keputusan, ada baiknya untuk terlebih dahulu mendengarkan pendapat dari kedua belah pihak. Dan cari tahu apa penyebab hubungan mulai terasa renggang. Bisa jadi, satu dari 4 hal di bawah ini merupakan penyebab hubungan mulai terasa berjarak! Apa saja?

1. Mulai Meributkan Hal Kecil

Pada dasarnya, pertengkaran yang terjadi dalam sebuah hubungan merupakan hal yang wajar dan bisa menjadi “bumbu cinta”. Sayangnya, terlalu sering bertengkar bisa menjadi penyebab renggangnya hubungan asmara yang sedang dijalani.

Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan dan terlalu sering terjadi, bahkan hanya karena masalah kecil, kamu dan pasangan harus waspada. Jika konflik selalu muncul apalagi mulai mengarah pada kata-kata tindakan yang keras, itu adalah salah satu tanda besar. Roller coaster yang berlebihan dalam sebuah hubungan bisa menjadi tanda kepercayaan yang mulai luntur. Padahal, hal itu adalah kunci berjalannya sebuah hubungan.

2. Menyembunyikan Sesuatu

Hubungan bisa jadi terasa renggang saat salah satu di antara kamu atau pasangan mulai menyembunyikan sesuatu. Tak dapat dimungkiri, keterbukaan menjadi satu kunci sukses dalam menjalin sebuah hubungan. Memang tidak semua hal yang terjadi pada dirinya harus kamu ketahui begitu juga sebaliknya, namun untuk beberapa hal, terutama yang menyangkut soal hubungan, maka ada baiknya untuk selalu didiskusikan bersama.

3. Mementingkan Diri Sendiri

Tanpa disadari, kamu dan pasangan mungkin mulai saling mementingkan diri sendiri. Itu yang kemudian menjadi pemicu hubungan terasa renggang. Jika kamu dan Si Dia mulai meributkan soal ini, coba pikirkan lagi apakah hubungan masih bisa dilanjutkan atau tidak.

Jangan ragu untuk menyudahi hubungan dan tak perlu takut untuk merasa patah hati, karena semua adalah proses. Lebih baik patah hati karena orang yang salah daripada sakit hati sepanjang waktu karena bersama orang yang salah.

Baca juga: 4 Dampak Putus Cinta dan Patah Hati untuk Kesehatan

4. Terlalu Perhitungan

Tanda lain yang sering menjadi sinyal keretakan dalam hubungan adalah mulai tumbuh rasa perhitungan terhadap pasangan. Ada beberapa tanda pasangan mulai perhitungan, misalnya Si Dia selalu mengungkit apa saja yang pernah dilakukan untuk kamu, atau sekadar membuka semua kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan tanpa memperhitungkan miliknya.

Jika hal itu yang terjadi, kamu harus mulai memikirkan ulang apakah akan tetap melanjutkan hubungan atau tidak. Sebab, sikap perhitungan adalah pertanda bahwa kamu dan pasangan sudah mulai saling berbalik dan melawan satu sama lain.

Baca juga: Hanya Butuh Ini Agar Hubungan Bersama Pasangan Sehat & Langgeng

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat di Halodoc. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App store dan Google Play!