• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Begini Cara Mengajak Anak ke Dokter Tanpa Rewel

Ibu, Begini Cara Mengajak Anak ke Dokter Tanpa Rewel

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Dulu, ketika Si Kecil masih bayi, ibu bisa membawanya ke dokter dengan mudah. Namun, ketika ia sudah lebih besar, Si Kecil mungkin menolak saat ibu mengajaknya ke dokter. Pada saat-saat tertentu, ibu mungkin perlu membawa anak ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin atau bila anak sakit.

Namun, kebanyakan anak biasanya akan menjadi rewel dan meronta-ronta saat diajak ke dokter. Hal ini tentu membuat ibu merasa stres dan kebingungan dalam menghadapinya. Namun, jangan khawatir, bu. Ada beberapa cara yang bisa ibu coba agar anak mau diajak ke dokter tanpa rewel.

Baca juga: Tak Hanya Dewasa, Anak Pun Butuh Medical Check-up

Apa yang Membuat Anak Takut ke Dokter?

Sebelum mengetahui cara yang efektif untuk mengajak anak ke dokter, ibu perlu mengetahui dulu, sebenarnya apa sih yang membuat anak tidak mau diajak ke dokter. Ada beberapa kemungkinan alasan anak takut ke dokter, antara lain:

  • Takut Ditinggal Orangtua

Beberapa anak takut pergi ke dokter karena mereka takut orangtua akan meninggalkan mereka di ruang pemeriksaan dokter dan menunggu di ruangan lain. Takut ditinggal orangtua selama pemeriksaan menjadi alasan paling umum mengapa anak-anak di bawah 7 tahun tidak mau ke dokter. Namun, ketakutan ini juga bisa dirasakan oleh anak yang lebih tua.

  • Rasa Sakit

Alasan lain mengapa anak tidak mau saat diajak ke dokter adalah karena mereka khawatir bahwa bagian dari pemeriksaan atau prosedur medis akan menimbulkan rasa sakit. Anak-anak usia 6-12 tahun biasanya tidak mau ke dokter karena mereka takut disuntik.

  • Sosok Dokter

Beberapa dokter anak mungkin memiliki sikap yang tegas dan tidak suka berbasa-basi. Sosok dokter seperti itu bisa tampak menyeramkan bagi anak-anak, sehingga mereka menjadi takut untuk pergi ke dokter.

Baca juga: Ini Jadwal Imunisasi Dasar Anak yang Harus Diketahui

Cara Efektif Mengajak Anak ke Dokter Tanpa Rewel

Setelah mengetahui apa yang menjadi alasan anak takut ke dokter, begini cara-cara yang bisa ibu lakukan untuk membuat anak mau ke dokter tanpa rewel:

  • Beri Penjelasan Mengapa Anak Harus ke Dokter

Persiapkan mental anak dengan memberitahunya jauh-jauh hari bahwa ibu akan mengajaknya pergi ke dokter, sehingga anak tidak kaget.

Saat memberitahu tentang rencana kunjungan ke dokter pada Si Kecil, jelaskan juga padanya tentang tujuan kunjungan tersebut dan bicarakan hal-hal yang positif tentang dokter.

Misalnya, bila kunjungan ke dokter untuk pemeriksaan kesehatan rutin, ibu bisa menjelaskan pada Si Kecil bahwa dokter hanya memeriksa bagaimana ia tumbuh dan berkembang. Jelaskan bahwa semua anak sehat pergi ke dokter untuk pemeriksaan rutin.

Bila kunjungan tersebut untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit, jelaskan pada Si Kecil dalam bahasa yang tidak menakutkan. Katakan padanya, dokter perlu memeriksa dan mengobati tubuhnya agar ia tidak sakit lagi.

  • Bangun Gambaran yang Menyenangkan Tentang Kunjungan ke Dokter

Agar anak tidak takut dengan dokter, ibu bisa coba membangun gambaran yang positif mengenai kunjungan ke dokter pada anak. Misalnya, dengan memberi anak buku atau film yang menceritakan kisah tentang kunjungan ke dokter.

Ibu juga bisa mengajak Si Kecil untuk bermain dokter-dokteran dengan menyediakan berbagai peralatan dokter mainan dan dekor ruangan hingga menyerupai ruangan tunggu dokter. Dengan begitu, anak-anak akan lebih familiar dengan ruangan dokter dan memiliki bayangan yang menyenangkan tentang pergi ke dokter.

  • Pilih Dokter Anak yang Ramah

Penting juga bagi ibu untuk memilih dokter dengan hati-hati. Sebagai orangtua, ibu tentunya akan memilih dokter yang pintar dan kompeten, namun ibu mungkin juga perlu memilih seorang dokter yang bisa memahami kebutuhan dan ketakutan anak-anak, serta bisa berkomunikasi dengan Si Kecil dengan cara yang bersahabat. Dengan demikian, anak bisa memiliki pengalaman yang positif saat pergi ke dokter, sehingga ia tidak akan rewel bila ibu mengajaknya ke dokter lagi di lain waktu.

Baca juga: Ibu, Ini 6 Cara Memilih Dokter Anak yang Sesuai Kebutuhan

Nah, itulah beberapa cara yang bisa ibu coba agar bisa mengajak anak ke dokter tanpa rewel. Bila ibu ingin memeriksakan kesehatan Si Kecil ke dokter, buat janji saja di rumah sakit pilihan ibu dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga untuk memudahkan ibu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap untuk keluarga.

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2021. Preparing Your Child for Visits to the Doctor.
Healthline. Diakses pada 2021. Toddler Hell on Earth: How I Conquered My Kid’s Tantrums at the Doctor’s Office