• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Begini Cara Mengatasi Kuku Cantengan pada Bayi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Begini Cara Mengatasi Kuku Cantengan pada Bayi

Ibu, Begini Cara Mengatasi Kuku Cantengan pada Bayi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 Agustus 2021
Ibu, Begini Cara Mengatasi Kuku Cantengan pada Bayi

Tidak hanya orang dewasa, cantengan juga rentan dialami oleh bayi dan anak-anak. Penyebabnya pun beragam, seperti memotong kuku terlalu pendek hingga faktor genetis. Bila Si Kecil mengalami cantengan, tentu dapat membuatnya rewel karena tidak nyaman. Oleh sebab itu, ibu perlu mengetahui cara mengatasi cantengan pada bayi yang dapat dilakukan di rumah. 

Halodoc, Jakarta – Cantengan, atau yang dikenal dengan istilah ingrown nails, onychocryptosis, adalah kondisi di mana kuku kaki tumbuh ke dalam daging jari. Kondisi ini umumnya kerap terjadi pada jempol atau ibu jari kaki. Di samping itu, cantengan juga lumrah untuk dialami pada anak-anak dan bayi. Terdapat beberapa hal yang dapat memicu cantengan pada bayi. Salah satunya adalah faktor genetis, bentuk kuku, memotong kuku terlalu pendek, tersandung, hingga kuku mengalami cedera sehingga patah. 

Gejala umum cantengan adalah kuku yang mengalami bengkak dan kemerahan pada kulit pinggir kuku. Penanganan pun harus segera dilakukan, guna mengurangi rasa tidak nyaman yang timbul. Lantas, bila bayi mengalami cantengan, bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya di sini!

Baca juga: Bukan Cuma Nyeri pada Kuku, Ini 9 Gejala Cantengan

Cara Mengatasi Cantengan Pada Bayi

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kuku yang cantengan pada bayi, antara lain:

  1. Menggunakan Parutan Jahe dan Minyak Kelapa

Ibu dapat mencoba memarut jahe dan mencampurnya dengan minyak kelapa secukupnya. Lalu, oleskan parutan tersebut ke daerah luka dan tutuplah dengan perban agar zatnya terserap maksimal ke dalam luka. Jahe sendiri adalah tanaman herbal yang memiliki beragam manfaat untuk mengobati berbagai penyakit secara alami. 

Namun, sebelum memutuskan menggunakan cara ini, cobalah berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter anak. Pasalnya, cara ini mungkin tidak cocok untuk setiap kondisi cantengan pada bayi. 

  1. Menggunakan Bawang Putih             

Selain untuk bumbu masak, bawang putih juga dapat digunakan untuk mengatasi cantengan. Caranya dengan menggunakan bola kapas yang direndam pada madu mentah dengan parutan bawang putih. Oleskan bola kapas tersebut pada ujung kuku dan kulit dan lakukan dua sampai 3 kali dalam sehari, lalu bungkus dengan kasa. Campuran tersebut memiliki sifat antiseptik dan akan membantu pemisahan kuku kaki yang tumbuh ke dalam. Sama seperti cara sebelumnya, cobalah tanyakan pada dokter sebelum memilih cara ini untuk mengatasi cantengan pada bayi. 

  1. Mengoleskan Krim Antibiotik

Penggunaan krim antibiotik dapat mengurangi iritasi dan mencegah terjadinya infeksi pada cantengan. Namun, bila bayi senang untuk memasukan jari kaki ke dalam mulut, sebaiknya hindari mengolesi krim antibiotik sebelum bayi terlelap. Namun, pastikan untuk konsultasikan terlebih dahulu ke dokter terkait kondisi cantengan pada bayi, dan apakah krim antibiotik diperlukan atau tidak.  

  1. Rendam dengan Air Hangat

Mengatasi cantengan pada Si Kecil dapat dilakukan dengan merendam bagian yang mengalami cantengan ke dalam air hangat.  Cara ini dapat dilakukan dengan air hangat yang dicampurkan dengan garam atau sabun bayi. Lakukan hal ini selama 10-20 menit dua kali sehari. Lalu dilanjutkan dengan pijatan lembut pada kulit luar di kuku  yang tumbuh ke dalam. Pasalnya, pijatan lembut tersebut dapat melonggarkan kuku untuk terlepas dan kembali ke posisi yang tepat di atas kulit.

Baca juga: Kenapa Jempol Kaki Bisa Cantengan?

Pastikan Area Cantengan Terlindungi

Guna mengurangi risiko akan terjadinya infeksi, maka area cantengan harus tetap terlindungi. Akan tetapi, pastikan bahwa hal tersebut tidak membuat gerakannya terbatas. Cara ini mungkin terlihat mudah bila Si Kecil belum mulai merangkak atau berjalan. Namun, bila Si Kecil sudah mulai aktif, ibu dapat menggunakan kaus kaki atau sepatu yang agak longgar. Tujuannya untuk menghindari iritasi pada kulit terutama area cantengan, karena kuku yang mengalami cantengan pun dapat tumbuh tanpa gesekan dan tekanan yang berlebihan.

Ibu dapat melakukan cara ini selama seminggu, seiring dengan pertumbuhan kuku bayi yang mengalami cantengan. Bila panjangnya sudah cukup, maka Ibu dapat mengguntingnya secara lurus tanpa meruncingkan, membulatkan sudut, atau memangkas terlalu pendek. Pastikan untuk menggunakan pemotong kuku khusus bayi yang bersih. Sebelum proses pemotongan, ibu juga dapat merendam kaki Si Kecil di air hangat guna melembutkan kukunya.

Bagaimana Mencegah Cantengan pada Bayi?

Meski cantengan merupakan bagian dari tumbuh kembang bayi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan guna menghindari dan menghindari risiko terjadinya cantengan, antara lain:

  • Hindari penggunaan sepatu dan kaus kaki yang terlalu sempit

Pertumbuhan kaki pada bayi sangatlah cepat. Oleh sebab itu, Ibu harus selalu memeriksa kesesuaian ukuran sepatu dengan kaki Si Kecil. Sebab, sepatu atau kaus kaki yang terlalu sempit dapat meningkatkan gesekan dan tekanan pada kuku jari kaki. Maka, pastikan bayi tidak mengenakan alas atau kaus kaki yang terlalu sempit

  • Potong kuku secara rutin

Memotong kuku pada bayi harus dilakukan secara rutin, tapi jangan sampai terlalu sering. Maka, penting untuk mengukur pertumbuhan kuku pada bayi secara saksama. Pasalnya, setiap bayi memiliki durasi pertumbuhan panjang kuku yang berbeda.

  • Hindari memotong kuku terlalu pendek

Hal ini dapat meningkatkan risiko cantengan ketika kuku baru sudah mulai tumbuh. Di samping itu, kuku yang dipotong terlalu dalam juga dapat menjadi jalan masuk mikroorganisme yang berbahaya. Potonglah kuku dengan arah lurus melintang, jangan sampai melengkung atau membentuk sudut.

Baca juga:  6 Cara Menjaga Kesehatan Kuku

Bila ibu sudah mencoba cara-cara di atas, tapi Si Kecil masih sering mengalami cantengan, ada baiknya untuk segera periksakan ke dokter. Melalui aplikasi Halodoc, ibu dapat langsung konsultasikan keluhan Si Kecil kepada dokter anak terpercaya dan berpengalaman di bidangnya, lewat chat atau video call secara langsung.  

Nantinya, dokter akan menganjurkan langkah penanganan atau memberikan resep yang sesuai untuk pengobatan cantengan. Ibu juga dapat memesan obat yang dibutuhkan bila dokter meresepkan obat, langsung dari aplikasi Halodoc, tanpa perlu keluar rumah dan mengantri. Yuk, segera download aplikasi Halodoc.

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2021. What to Do About Your Baby’s Ingrown Toenail or Fingernail
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. How to Prevent and Treat Ingrown Toenails.
mHealthWatch. Diakses pada 2021. 8 Effective Home Remedies to Get Rid of Ingrown Toenail Pain
Sayville Foot Care. Diakses pada 2021. Treating Ingrown Toenails Without Surgery