• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Begini Cara Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Ibu, Begini Cara Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ibu, Begini Cara Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Halodoc, Jakarta - Setiap ibu tentu ingin anaknya tumbuh dengan kemampuan kognitif yang optimal, sesuai usia. Namun, apa sih sebenarnya kemampuan kognitif itu? Secara sederhana, kemampuan kognitif adalah bentuk perkembangan yang mengacu pada kemampuan untuk memperoleh makna pengetahuan dari pengalaman dan informasi. 

Kemampuan kognitif sangat dibutuhkan anak untuk bisa mempelajari berbagai hal, termasuk saat ia sekolah nanti. Itulah sebabnya, ibu perlu tahu cara meningkatkan kemampuan kognitif anak sejak dini. Bagaimana caranya? Yuk simak pembahasan berikut ini!

Baca juga: Belajar Online di Rumah, Ini Pengaruhnya pada Perkembangan Kognitif Anak

Tips Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Kemampuan kognitif sebenarnya lebih dari sekadar mempelajari informasi. Melainkan kemampuan untuk memikirkan informasi baru, memprosesnya, membicarakannya, serta menerapkan informasi baru tersebut ke informasi lain yang diperoleh sebelumnya.

Ketika anak-anak menjadi dewasa, mereka mengembangkan kemampuan untuk berpikir pada tingkatan yang lebih tinggi. Mereka dapat memproses informasi dengan lebih terampil dan membuat koneksi ke informasi lain dengan lebih mudah. Dengan kata lain, kemampuan berpikir mereka semakin baik.

Anak-anak harus dapat meningkatkan kemampuannya untuk fokus, mengingat informasi, dan berpikir lebih kritis seiring bertambahnya usia. Kemampuan kognitif memungkinkan anak-anak untuk memahami hubungan antara ide-ide, untuk memahami proses sebab-akibat dan meningkatkan keterampilan analitis mereka. 

Jadi, meningkatkan kemampuan kognitif tidak hanya dapat bermanfaat bagi anak di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas. Lantas, bagaimana cara meningkatkan kemampuan kognitif anak? Berikut ini beberapa tipsnya:

1.Ajak Membaca Buku

Selain bisa menjadi salah satu cara untuk bersantai bersama menjelang waktu tidur, membiasakan anak membaca buku juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif mereka. Membaca buku dapat mengembangkan keterampilan berpikir anak, melatih penalaran, dan pemecahan masalah. 

Penting untuk memerhatikan buku-buku yang dipilih untuk dibaca bersama anak-anak. Sebab, ibu tidak hanya ingin melibatkan mereka dalam cerita yang bagus, tetapi juga ide yang baik untuk memilih buku yang akan meningkatkan kemampuan kognitif mereka.

Baca juga: 4 Tahapan Perkembangan Kognitif Si Kecil dalam Teori Piaget

2.Bermain atau Mendengarkan Musik Bersama

Aktivitas lainnya untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak adalah bermain atau mendengarkan musik bersama. Memainkan alat musik adalah salah satu cara untuk merangsang secara emosional untuk mengembangkan koordinasi dan imajinasi. Instrumen yang paling menarik bagi anak-anak adalah drum, keyboard, dan piano.

3.Ajak Bermain Berbagai Permainan

Seiring bertambahnya usia anak, ada baiknya untuk membuat mereka tetap bermain dengan berbagai permainan dan aktivitas yang membantu merangsang kemampuan berpikir. 

Cobalah ajak anak bermain petak umpet, permainan papan, teka-teki, puzzle, dan berbagai permainan lainnya. Permainan seperti itu dapat melatih mereka memecahkan masalah, menjadi kreatif, dan membuat keputusan.

4.Membuat Karya Seni dan Kerajinan

Selain melatih kreativitas, mengajak anak untuk membuat karya seni dan kerajinan juga meningkatkan kemampuan kognitif mereka. Sediakan kotak berisi perlengkapan seni dan kerajinan, seperti cat jari, krayon, kertas, lilin mainan, dan kapur berwarna.

Lalu, biarkan anak berkreasi, membuat apapun yang ia inginkan. Cara ini dapat melatih anak untuk berpikir kreatif, dan membuat keputusan artistik. Dengan membuat karya dan kerajinan seni, anak juga akan terlatih untuk menyelesaikan atau bertanggung jawab atas apa yang ingin mereka lakukan.

Baca juga: Anak Mudah Lupa, Waspada Gangguan Kognitif Ringan

5.Minta Anak Menyebutkan Warna dan Bentuk

Hal ini bisa dimulai sejak anak berusia 1-2 tahun. Setelah mengenalkan berbagai warna dan bentuk, cobalah untuk minta ia menyebutkannya. Hal ini dapat menjadi cara untuk melatih anak mengidentifikasi hal-hal yang sudah dikenal atau diajarkan pada mereka. 

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Perlu diingat bahwa setiap anak memiliki tingkat tumbuh kembang, minat, dan bakatnya masing-masing. Sebagai orangtua, penting untuk memberi stimulasi sebanyak-banyaknya, tetapi jangan berfokus pada prestasi akademik saja.

Penting juga untuk mengenali minat dan bakat anak, serta senantiasa menjaga kesehatannya. Jika anak mengalami masalah kesehatan, gunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter anak lewat chat, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2021. Why Cognitive Skill Milestones Are Important.
Moms. Diakses pada 2021. 5 Ways To Improve Your Child's Cognitive Abilities.
Raising Children. Diakses pada 2021. Thinking and Play: Toddlers.
Help Me Grow. Diakses pada 2021. Ways to Encourage Cognitive Development.