• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Begini Cara Merawat Anak dengan Penyakit Lupus

Ibu, Begini Cara Merawat Anak dengan Penyakit Lupus

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ibu, Begini Cara Merawat Anak dengan Penyakit Lupus

“Merawat anak dengan penyakit lupus diperlukan kesabaran dan penerimaan dari orangtua dan anak yang mengidap. Orangtua perlu mencari banyak informasi tentang penyakit lupus, termasuk perubahan yang terjadi pada anak. Libatkan anak dalam perawatan, agar ia perlahan bisa menerima penyakit lupus secara positif. Cari juga dukungan dari luar, seperti komunitas, keluarga, dan guru anak di sekolah.”

Halodoc, Jakarta – Penyakit lupus adalah kondisi yang menyebabkan peradangan atau pembengkakan yang tidak terkendali pada area tubuh tertentu. Hal ini dapat mempengaruhi banyak bagian tubuh yang berbeda dengan cara yang tidak terduga. Kebanyakan orang yang didiagnosis penyakit lupus adalah orang dewasa. Namun, penyakit lupus yang muncul pada masa kanak-kanak juga biasa terjadi. 

Merawat anak dengan penyakit kronis seperti lupus membutuhkan kesabaran dan penerimaan bahwa perubahan gaya hidup tertentu harus dilakukan. Selain itu, orangtua juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan, bahwa dinamika dan rutinitas keluarga merujuk pada pemahaman baru tentang hal “normal”. Mungkin jadi hal yang menantang bagi para orangtua yang memiliki anak dengan penyakit lupus. Lantas, bagaimana cara merawat anak dengan penyakit lupus?

Baca juga: Jenis Penyakit Lupus dan Cara Mengatasinya

Cara Merawat Anak dengan Penyakit Lupus

Jika ayah dan ibu memiliki anak yang didiagnosis penyakit lupus, bantuan dokter spesialis rheumatologist tentu sangat diperlukan. Terutama dalam meresepkan obat yang bisa mengelola gejala dan menjaga sistem kekebalan agar tidak bereaksi berlebihan. Namun, urusan merawat anak dengan penyakit lupus bukan hanya soal dokter dan obat. Orangtua juga akan bergulat dengan emosi anak dan emosi orangtua sendiri. 

Agar masalah emosi selama perawatan bisa dikelola, ayah dan ibu perlu melibatkan anak dalam kesehatannya sendiri. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba:

  1. Lacak Kesehatan Anak dengan Melibatkannya
  • Pelajari sebanyak mungkin tentang penyakit lupus, sehingga orangtua bisa mengenal bagaimana lupus mempengaruhi anak. Ada banyak situs web dalam negeri atau luar negeri yang memiliki informasi tentang anak-anak yang hidup dengan lupus.
  • Pelajari mengenai perubahan dalam kesehatan anak sehari-hari, yang mungkin gejala dari penyakit lupus. Hal ini penting ketika membuat rencana perawatan untuk anak.
  • Bicarakan dengan anak tentang gejala yang dirasakannya. Gunakan bahaya yang sesuai dengan usia anak, sehingga anak mudah memahami. 
  • Libatkan anak dalam membuat pilihan yang sehat tentang kebutuhan perawatannya. Hal ini merupakan pendekatan positif agar ia bisa menerima penyakit lupus, sedikit demi sedikit. Buat pilihan sehat yang menyenangkan dan tawarkan hadiah kecil untuk mengakui partisipasi anak dalam perawatannya. 

Baca juga: Kenali Fakta Mengenai Penyakit Lupus

  1. Cari Dukungan Dari Luar

Untuk membantu ayah dan ibu merawat anak sebaik mungkin, orangtua juga perlu menjaga diri sendiri. Karena akan sulit untuk melakukan semuanya. Tentukan siapa yang bisa dihubungi untuk mendapatkan dukungan. Terkadang dibutuhkan sebuah komunitas untuk membantu sebuah keluarga menjalani kehidupan senormal mungkin dalam menghadapi penyakit kronis. 

Orangtua perlu tetap berhubungan secara teratur dengan dokter yang merawat anak. Bicarakan dengan dokter tentang bagaimana anak mengatasi penyakitnya. Perlu juga untuk menjelaskan penyakit lupus yang dimiliki anak kepada guru di sekolah. Bicarakan tentang kebutuhan khusus anak di sekolah. 

Minta juga bantuan dari teman dan anggota keluarga, agar mereka tahu apa yang akan membantu orangtua dan anak. Dorong juga Si Kecil untuk memiliki hubungan normal dengan teman sebaya, agar ia tetap memiliki lingkungan sosial pada umumnya. 

Baca juga: Akhirnya, Penyebab Penyakit Lupus Kini Terungkap

  1. Pahami dan Bantu Anak Mengekspresikan Emosinya

Terkadang anak-anak tidak dapat mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Jadi ayah dan ibu perlu membantu mereka memahami dan mengungkapkan perasaannya dengan tepat. 

Hal ini berlaku untuk anak yang mengalami kesulitan secara emosional. Anak juga perlu tahu bahwa penyakit lupus bukanlah kesalahan mereka. Sama seperti orang dewasa, mereka perlu belajar cara-cara positif untuk mengatasinya. 

Itulah yang perlu ayah dan ibu ketahui mengenai cara merawat anak dengan penyakit lupus. Orangtua juga bisa mencari bantuan atau dukungan profesional seperti dokter dan psikolog melalui aplikasi Halodoc. Karena dokter di Halodoc bisa dihubungi kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthy Children. Diakses pada 2021. Lupus in Children & Teens: Parent FAQs
Lupus. Diakses pada 2021. Caring for children and teens with lupus
Nationwide Children. Diakses pada 2021. Helping Your Child With Lupus: From Team Care to Sun Smarts