Ibu Hamil Alami HB Rendah, Ini yang Menyebabkannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ibu Hamil Alami HB Rendah, Ini yang Menyebabkannya

Halodoc, Jakarta - Tahukah ibu bahwa ketika sedang hamil, penurunan kadar hb dalam darah menjadi masalah yang sering terjadi? Hb sendiri berfungsi mengikat dan menyalurkan oksigen ke seluruh bagian tubuh, termasuk memasok darah bagi janin. Normalnya, kadar hb pada ibu yang sedang hamil sekitar 11 gram/dL. Ini artinya, jika kadar hb ibu mengalami penurunan, maka ibu perlu mendapatkan perhatian lebih agar tidak terjadi dampak yang terbilang negatif.

Berbagai Penyebab Penurunan Hb pada Ibu Hamil

Sayangnya, penurunan hb memang rentan terjadi pada ibu hamil. Kondisi ini juga bisa menimbulkan masalah kesehatan dan keluhan yang tidak nyaman pada ibu hamil. Nah, tentu saja, ini menjadi penting pada ibu hamil untuk memeriksakan kondisi kehamilan secara rutin. Memeriksakan kondisi kehamilan bukan hanya bisa mengetahui apakah ada komplikasi pada ibu, melainkan juga mendeteksi adanya masalah pada janin. 

Jadi, jangan malas untuk berkunjung ke dokter kandungan setiap bulannya ya, bu! Kalau ibu malas mengantre, buat janji langsung saja dengan dokter kandungan di rumah sakit mana saja yang terdekat dengan lokasi ibu. Caranya, ibu pakai saja aplikasi Halodoc. Kalau ibu punya pertanyaan, tetapi belum waktunya kontrol pun bisa langsung tanyakan melalui aplikasi Halodoc

Baca juga: Anemia pada Ibu Hamil, Harus Dirawat di Rumah Sakit?

Lalu, apa saja sebenarnya yang menyebabkan hb rendah pada ibu hamil? Berikut di antaranya:

  • Mengalami Kekurangan Gizi

Salah satu penyebab ibu alami hb rendah adalah kekurangan gizi. Ketika hamil, ibu membutuhkan asupan asam folat, zat besi, dan vitamin B12 dalam jumlah yang terbilang tinggi, sehingga kurangnya tiga asupan ini bisa mengakibatkan ibu mengalami hb rendah. Pasalnya, ketiga nutrisi ini memang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah. Jika asupan nutrisi ini kurang, bisa jadi karena ibu tidak menerapkan pola makan sehat selama hamil. 

  • Mengalami Kondisi Medis Tertentu

Penyebab hb rendah lainnya yang sering terjadi pada ibu hamil adalah kondisi medis yang memang sedang dialami ibu, misalnya thalassemia, kondisi kelainan genetik yang menyebabkan sel darah merah menjadi lebih cepat mengalami kerusakan. Tentu saja, ini mengakibatkan ibu mengalami penurunan sel darah merah dan kadar hb dalam darah. 

Baca juga: 4 Kelainan Darah yang Perlu Diwaspadai Ibu Hamil

Sayangnya, hingga kini belum ada cara tepat menangani thalassemia. Biasanya, hanya dilakukan transfusi darah secara rutin, operasi pengangkatan limfa, dan transplantasi sumsum tulang. Ada pula faktor medis lainnya, seperti mengalami pendarahan ketika hamil, menjalani kehamilan di usia yang terbilang masih terlalu muda, kehamilan yang terjadi dalam waktu berdekatan, hingga muntah berlebihan. 

Baca juga: Kapan Bumil Butuh Tambahan Zat Besi? Ini Kata Ahli

Lalu, Apa yang Bisa Dilakukan untuk Mencegahnya?

Nah, supaya kadar hb darah ibu tetap normal, bisa melakukan beberapa cara mudah berikut ini. 

  • Konsumsi Makanan Bergizi. Sudah dijelaskan bahwa hb rendah terjadi karena asupan nutrisi yang tidak terpenuhi, terutama zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Jadi, ibu bisa mengubah pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan tiga nutrisi penting ini. 
  • Istirahat Cukup. Hindari pula segala aktivitas yang membuat ibu merasa kelelahan. Pastikan ibu cukup istirahat, ya. Bukan hanya masalah tubuh ibu, kelelahan juga berdampak negatif pada kehamilan. 
  • Konsumsi Suplemen. Jika diperlukan, ibu bisa menambah asupan nutrisi yang diperlukan dengan mengonsumsi suplemen. Namun, selalu tanyakan dulu pada dokter ya bu, jenis suplemen yang bagaimana yang bisa ibu konsumsi untuk kehamilan yang tetap sehat. 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2019. How to Raise Your Hemoglobin Count.
WebMD. Diakses pada 2019. Anemia in Pregnancy.
Very Well Health. Diakses pada 2019. Hemoglobin Importance Within the Body.