• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Hamil Bisa Mengalami Bronkitis, Ini 2 Penyebabnya

Ibu Hamil Bisa Mengalami Bronkitis, Ini 2 Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Terdapat beragam penyakit yang dapat menyerang saluran pernapasan ibu hamil, salah satunya adalah bronkitis. Bronkitis adalah peradangan pada saluran utama pernapasan atau bronkus. Organ yang satu ini berfungsi sebagai saluran yang membawa udara dari dan menuju paru-paru. Nah, peradangan ini yang memicu batuk-batuk pada pengidapnya.

Pertanyaannya, apa sih penyebab bronkitis pada ibu hamil? 

Gegara Rokok dan Infeksi Virus

Penyebab bronkitis pada ibu hamil sebenarnya sama halnya dengan bronkitis yang menyerang kelompok lainnya. Penyebab bronkitis ini dibedakan berdasarkan jenisnya. Penyakit yang menyerang paru-paru ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu bronkitis kronis dan bronkitis akut. Lalu, Apa sih penyebab bronkitis kronis?

Baca juga: Dehidrasi Bisa Memperburuk Penyakit Bronkitis

1.Asap Rokok

Nah, menurut ahli di National Institutes of Health (NIH), penyebab bronkitis kronis biasanya adalah paparan jangka panjang terhadap bahan iritan yang merusak paru-paru dan saluran pernapasan.

Pada kebanyakan kasus, contohnya di Amerika Serikat, paparan asap rokok adalah biang keladi utamanya. Singkat kata, ibu hamil yang merokok atau sering berada di lingkungan dengan asap rokok, berisiko mengidap kondisi ini.

Selanjutnya, bagaimana dengan bronkitis akut?

2.Infeksi Virus

Penyebab bronkitis akut umumnya adalah infeksi virus. Menurut ahli di NIH, bronkitis akut hampir selalu muncul setelah seseorang mengalami flu. Awalnya, infeksi virus ini memengaruhi hanya hidung, sinus, dan tenggorokan. Namun, infeksinya dapat menyebar ke saluran pernapasan yang menuju ke paru-paru.

Ibu hamil perlu waspada, karena bronkitis jenis ini bisa menular. Virus bronkitis biasanya terkandung dan tersebar lewat percikan dahak dari pengidapnya. Percikan dahak ini bisa menempel pada benda-benda dan bertahan hidup selama beberapa waktu. 

Jika virus ini masuk ke dalam tubuh (terhirup atau tertelan), maka virus tersebut menyerang dan menyebabkan peradangan pada sel-sel bronkus. Hal yang perlu ditegaskan, penyebab bronkitis akut bukan cuma menyoal infeksi virus saja.

Ada pula penyebab bronkitis akut lainnya yang perlu diwaspadai, yaitu infeksi bakteri pada saluran pernapasan. Kondisi ini umumnya terjadi pada mereka yang mengidap chronic obstructive pulmonary disease atau penyakit paru obstruktif kronis.

Baca juga: Ini Gejala Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang Perlu Diwaspadai

Terakhir, ibu hamil juga perlu mewaspadai faktor risiko yang bisa memicu terjadinya bronkitis, antara lain: 

  1. Paparan jangka panjang terhadap bahan iritan yang merusak paru-paru dan saluran pernapasan. Seperti polusi udara, asap, atau bahan kimia. 
  2. Kondisi genetik yang disebut defisiensi antitripsin alfa-1, berperan dalam menyebabkan bronkitis kronis (kasusnya jarang terjadi). 
  3. Tidak menerima vaksin influenza atau pneumonia.
  4. Usia, kebanyakan orang yang mengidap bronkitis kronis umumnya berusia 40 tahun saat gejalanya dimulai.

Cara Mencegah Bronkitis pada Bumil

Seperti penjelasan di atas, bronkitis salah satunya dapat disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Lalu, bagaimana cara melindungi tubuh bumil dari dua makhluk jahat ini? Cara yang paling mudah adalah selalu menjaga kebersihan diri, contohnya dengan rutin mencuci tangan

Cara mencegah bronkitis pada bumil tak hanya itu saja. Bumil perlu menghindari orang-orang yang mengidap bronkitis atau penyakit pernapasan lainnya. Oleh sebab itu, bila ada anggota keluarga yang mengidap masalah pernapasan (dan disertai demam), cobalah menjauh sebisa mungkin. 

Ingat, virus flu juga dapat menyebabkan bronkitis. Oleh sebab itu, alangkah baiknya bumil mendapatkan vaksinasi flu tahunan. Akan lebih bagus lagi bila vaksinasi ini juga diberikan pada anggota keluarga lainnya yang tinggal di rumah. 

Baca juga: Kenali Gangguan Pernapasan Bronkitis

Jangan pula melupakan kesehatan sistem kekebalan tubuh. Ingat, sistem kekebalan tubuh yang prima bakal menjauhkan bumil dari beragam penyakit, termasuk penyakit bronkitis. Terakhir, katakan “tidak” pada asap rokok. 

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mencegah bronkitis pada bumil. Bagi bumil yang memiliki keluhan kehamilan, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 



Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Prevent and Treat Bronchitis While Pregnant
Healthline. Diakses pada 2020. Bronchitis: Is it Contagious?
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2020. Chronic Bronchitis.
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2020. Acute bronchitis