• Home
  • /
  • Ibu Hamil, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Cegah Anemia

Ibu Hamil, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Cegah Anemia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ibu Hamil, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Cegah Anemia

Halodoc, Jakarta – Kehamilan mengharuskan tubuh ibu untuk membuat lebih banyak sel darah merah. Produksi sel darah merah yang lebih banyak dari biasanya ini bertujuan untuk memenuhi pasokan tubuh ibu dan Si Kecil yang ada di dalam kandungan. Setiap sel darah merah menggunakan zat besi sebagai intinya. Namun, zat ini tidak dapat dibuat oleh tubuh dan harus diperoleh dari makanan yang dikonsumsi.

Ketika ibu tidak mendapatkan asupan zat besi yang memadai otomatis tubuh tidak mampu membuat sel darah merah yang pada akhirnya menyebabkan anemia. Nah, untuk mencegah terjadinya anemia selama kehamilan, ibu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Baca juga: Kenali Perbedaan Anemia Aplastik dengan Anemia Biasa

Makanan yang Ampuh Cegah Anemia

Melansir dari Healthline, berikut makanan-makanan yang kaya akan kandungan zat besinya, yaitu:

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau, terutama yang berwarna hijau gelap adalah sumber zat besi terbaik diantara jenis sayuran lainnya. Contoh sayuran-sayuran ini adalah bayam, kubis, sawi, kale, dan brokoli. Beberapa sayuran hijau seperti bayam dan brokoli juga mengandung folat. Folat juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mendukung perkembangan janin dan mencegah cacat lahir.

Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi. Selain membutuhkan zat besi, ibu perlu vitamin C agar zat besi terserap dengan baik. Konsumsi sayuran hijau sambil mengonsumsi makanan mengandung vitamin C seperti jeruk, paprika merah, dan stroberi baik untuk kebutuhan ibu hamil. 

  1. Daging dan Unggas

Hampir semua jenis daging dan unggas mengandung zat besi. Daging sapi dan daging domba adalah sumber terbaik zat besi. Sedangkan, ayam dan unggas lainnya memiliki jumlah yang lebih rendah. Mengonsumsi daging atau unggas yang dikombinasikan sayuran hijau dapat meningkatkan penyerapan zat besi.

Baca juga: Kenali Tes Darah Ferritin untuk Cek Anemia

  1. Hati

Banyak orang yang tidak suka makan jeroan karena dianggap dapat menimbulkan kolesterol. Padahal jeroan termasuk sumber zat besi yang baik. Hati bisa dibilang menjadi jeroan yang paling populer daripada lainnya. Jeroan yang satu ini ternyata kaya zat besi dan folat. Beberapa daging jeroan lain yang kaya zat besi adalah jantung, ginjal, dan lidah sapi.

  1. Makanan Laut

Selama kehamilan, ibu mungkin tidak bisa mengonsumsi semua jenis makanan laut karena ada beberapa makanan yang bisa membahayakan kehamilan. Tiram dan kerang adalah makanan laut yang kaya akan zat besi. Namun, ibu harus berhati-hati saat memakannya karena ada beberapa makanan laut yang mengandung bahan merkuri dan bisa mengganggu perkembangan otak janin. Jangan khawatir, masih ada jenis ikan yang mengandung zat besi dan aman dikonsumsi, seperti ikan tuna dan salmon. 

  1. Kacang dan Biji-Bijian

Banyak jenis kacang-kacangan dan biji-bijian kaya kandungan zat besi. Beberapa kacang-kacangan dan biji-bijian yang mengandung zat besi adalah kacang mete, kacang pistachio, kacang pinus, biji bunga matahari, biji labu, dan biji rami.

Baca juga: Ragam dan Perencanaan Makanan untuk Pengidap Anemia

Nah, itulah bahan-bahan makanan yang kaya kandungan zat besi dan pastinya ampuh untuk cegah anemia. Kalau ibu punya pertanyaan lain seputar kehamilan, ibu bisa menanyakannya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi, ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi :
University of California San Francisco Health. Diakses pada 2020. Anemia and Pregnancy.
Healthline. Diakses pada 2020. Best Diet Plan for Anemia.