• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Hamil Konsumsi Obat Batuk, Apa Efeknya?

Ibu Hamil Konsumsi Obat Batuk, Apa Efeknya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ibu Hamil Konsumsi Obat Batuk, Apa Efeknya?

Halodoc, Jakarta - Batuk pada ibu hamil terkadang menjadi kondisi yang membahayakan. Pasalnya, dalam kasus yang sangat jarang terjadi, batuk pada ibu hamil di trimester awal kehamilan berpotensi menyebabkan keguguran. Kondisi tersebut terjadi jika ibu mengalami batuk yang sangat kuat, berulang, dan lama. Batuk dengan ciri tersebut akan memicu peningkatan tekanan dalam perut yang dapat berujung pada keguguran. 

Bukan hanya komplikasinya saja yang membahayakan, batuk pada ibu hamil juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih lagi ketika terjadi pada ibu hamil, karena tidak sembarangan obat boleh dikonsumsi. Disebutkan bahwa obat yang masuk ke tubuh mungkin saja memberi dampak pada janin. Sebaiknya, batuk pada ibu hamil diatasi dengan cara yang tepat. Berikut ini yang harus dilakukan.

Baca juga: Obat Batuk untuk Anak dari Alami Hingga Resep Dokter

Atasi Batuk pada Ibu Hamil dengan Bahan Alami

Jika dialami oleh ibu hamil, batuk menjadi salah satu gangguan tenggorokan yang membingungkan. Pasalnya, seseorang yang sedang mengandung tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat, karena dapat menimbulkan dampak negatif pada janin. Idealnya, seseorang yang sedang hamil harus menghindari mengonsumsi obat, terutama selama tiga bulan pertama. 

Batuk sebenarnya bukanlah kondisi yang membahayakan dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, jika terjadi dalam jangka panjang, sebaiknya memang langkah penanganan segera dilakukan. Jika tidak disarankan untuk mengonsumsi obat, bagaimana langkah mengatasi batuk pada ibu hamil? Sebaiknya konsumsi beberapa jenis obat batuk alami untuk ibu hamil berikut ini:

1. Bawang Putih

Salah satu obat batuk alami untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi adalah bawang putih. Kandungan yang terdapat pada bumbu penyedap makanan tersebut disebut-sebut dapat mengurangi batuk yang terjadi. Ibu dapat mengonsumsi satu siung bawang putih secara mentah. Selain itu, ibu juga dapat mengonsumsi bawang putih yang ditambah dengan madu agar rasanya lebih nikmat.

2. Cuka Apel

Obat batuk alami lainnya untuk ibu hamil adalah cuka apel. Cuka satu ini dapat membantu tubuh untuk masuk dalam keadaan alkali, yaitu kondisi ketika penyakit tidak dapat berkembang. Selain itu, kandungan di dalam cuka apel dapat membantu tubuh melawan infeksi yang merugikan. Kamu dapat mengonsumsinya dengan mencampur dengan air atau teh.

Baca juga: Ketahui Berbagai Manfaat Mengonsumsi Ambroxol

3. Lemon dan Jeruk Nipis

Obat batuk alami untuk ibu hamil selanjutnya adalah lemon dan jeruk nipis. Keduanya terbilang aman dikonsumsi ibu hamil, karena mengandung zat antibakteri dan dapat membuat tubuh masuk dalam keadaan basa. Memang, keduanya sudah terkenal dalam khasiatnya mengatasi batuk. Walau begitu, seseorang yang mengidap penyakit lambung harus berhati-hati saat mengonsumsinya, sehingga takarannya harus tepat.

4. Jahe

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang terakhir adalah jahe jahe. Penyedap rasa pada makanan ini dapat meredakan tenggorokan, sekaligus mengatasi batuk yang dengan cara alami. Kamu hanya perlu menyeduh ruas jahe dan minum air rebusan tersebut. Lakukan hal tersebut tiga kali sehari hingga batuk hilang.

Baca juga: Cara Tepat Atasi Batuk pada Anak di Rumah

Sebelum mengonsumsi sejumlah bahan alami tersebut, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan. Jika dokter tidak menyarankan untuk mengonsumsi bahan alami untuk mengatasi batuk yang membandel, ibu bisa menebus resep yang sudah diberikan dokter lewat fitur “toko kesehatan” di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Pregnancy Birth Baby. Diakses pada 2021. Cold and flu during pregnancy
Web MD. Diakses pada 2021. Taking Medicine During Pregnancy