Ibu Hamil Mengidap Lupus, Ini Bahayanya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ibu Hamil Mengidap Lupus, Ini Bahayanya

Halodoc, Jakarta – Lupus merupakan jenis penyakit autoimun yang bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil. Penyakit ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele, apalagi jika terjadi pada wanita yang tengah mengandung. Lupus pada ibu hamil bisa memicu berbagai dampak dan membahayakan ibu maupun janin. Apa saja bahaya yang bisa muncul pada ibu hamil yang mengidap penyakit lupus? 

Kabar buruknya, lupus tergolong penyakit autoimun yang sering terlambat terdeteksi. Penyakit autoimun adalah jenis penyakit yang terjadi karena adanya gangguan pada imunitas. Dalam keadaan normal, sistem imun manusia memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari serangan infeksi atau penyakit tersebut. Namun, pada pengidap autoimun fungsi ini terganggu, bukannya melindungi, sistem imun malah berbalik menyerang tubuh. 

Baca juga: 4 Komplikasi Akibat Lupus yang Harus Diperhatikan

Komplikasi Lupus pada Ibu Hamil 

Seperti dijelaskan sebelumnya, penyakit lupus menyebabkan sistem imun yang seharusnya melindungi malah berbalik menyerang tubuh. Salah satu bagian yang bisa diserang penyakit ini adalah sel fosfolipid yang berperan dalam proses pembekuan darah. Jika kondisi ini terjadi pada wanita yang tengah hamil, bisa berakibat fatal pada ibu maupun janin. 

Lupus bisa menyebabkan wanita rentan mengalami keguguran berulang. Gangguan pada sel fosfolipid mengakibatkan terjadinya “pertarungan” antara antibodi dengan fosfolipid, sehingga menyebabkan darah mudah menggumpal di semua bagian tubuh. Kondisi itu, kemudian bisa mengakibatkan plasenta membeku dan mengganggu janin. 

Gangguan pada plasenta pada akhirnya akan menyebabkan kekacauan pada proses pemberian makanan dari ibu ke janin. Pasalnya, makanan untuk janin yang dikandung disalurkan melalui plasenta dari ibu. Saat terjadi gangguan, prose penyaluran makanan ke janin akan terhambat, sehingga risiko terjadinya keguguran pun akan menjadi lebih tinggi. 

Lupus merupakan penyakit yang disebut rentan menyerang wanita dibanding pria. Penyakit lupus terjadi karena ada peradangan kronis akibat sistem imun atau kekebalan tubuh menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh sendiri alias autoimun. Selain sering terlambat disadari, penyakit yang satu ini sangat bisa menyerang berbagai bagian tubuh, mulai dari kulit, sendi, sel darah, ginjal, paru-paru, jantung, otak, dan sumsum tulang belakang.

Baca juga: Lupus Tidak Bisa Disembuhkan, Mitos atau Fakta

Lupus sering terlambat disadari karena gejala penyakit ini bisa dengan mudah datang, kemudian pergi. Penyakit lupus bisa ditandai dengan gejala yang ringan hingga gejala berat. Oleh karena sering datang-hilang, gejala penyakit ini sering diabaikan atau diartikan sebagai tanda penyakit lain. Lupus sering ditandai dengan gejala nyeri atau pembengkakan pada persendian, terutama pada bagian lengan dan tungkai.

Umumnya, rasa nyeri akan menyerang lebih dari dua sendi dan sering terjadi dalam jangka waktu yang lama. Rasa nyeri juga bisa terjadi pada otot-otot yang ada di tubuh. Lupus juga ditandai dengan gejala demam, muncul ruam merah terutama pada bagian wajah di seputar pipi. Nyeri pada bagian dada, rambut rontok, sensitif terhadap matahari, sariawan yang tak kunjung sembuh, pembengkakan yang terjadi pada kelenjar, kaki, atau sekitar mata juga bisa menjadi tanda penyakit ini. Pengidap lupus juga biasanya menjadi lebih mudah merasa lelah dan lemah serta sering mengalami kejang atau kelainan saraf lainnya. 

Baca juga: Jenis Penyakit Lupus dan Cara Mengatasinya

Cari tahu lebih lanjut seputar lupus dan bahaya yang bisa muncul pada ibu hamil dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar masalah kesehatan dan tips menjaga kehamilan dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc di App Store dan Google Play sekarang! 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. Lupus Overview.
Medscape. Diakses pada 2019. Antiphospholipid Syndrome.
WebMD. Diakses pada 2019. Lupus and Pregnancy: Tips for Living with Lupus While Pregnant.