Ibu Hamil Puasa, Coba 5 Menu Berbuka Sehat Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ibu Hamil Puasa, Coba 5 Menu Berbuka Sehat Ini

Halodoc, Jakarta – Banyak ibu hamil yang tetap mau ikut menjalani ibadah puasa saat bulan Ramadan datang. Pasalnya, ibadah wajib bagi umat Islam tersebut hanya datang satu kali dalam setahun, yaitu selama sebulan penuh. Itu membuat puasa menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu dan sangat sayang jika dilewatkan.

Sebenarnya, ibu hamil memiliki kelonggaran dan diizinkan untuk tidak ikut menjalani puasa, terutama jika kondisi kesehatan tidak memungkinkan. Namun, jika ibu hamil tetap ingin menjalani puasa, maka ada baiknya untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, terutama saat berbuka puasa. Pasalnya, setelah hampir seharian menahan lapar dan haus saat puasa, ada kemungkinan seseorang akan “kalap” dan sembarangan dalam mengonsumsi hidangan buka puasa.

Mengontrol jenis makanan yang dikonsumsi penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang tengah dikandung. Dengan begitu, puasa bisa dijalani dengan lancar dan tidak mengancam kondisi kesehatan. Lantas, apa saja jenis makanan sehat yang cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa ibu hamil?

Baca juga: Sedang Hamil, Ini Trimester yang Aman untuk Berpuasa

1. Kurma dan Air Putih

Salah satu kunci menjaga kesehatan ibu hamil adalah dengan menghindari jenis makanan yang bisa memicu gangguan kesehatan. Maka dari itu, ibu hamil dianjurkan untuk terlebih dahulu mengonsumsi segelas air putih hangat saat masuk waktu berbuka puasa. Setelah itu, lanjutkan dengan beberapa butir kurma.

Kurma yang memiliki rasa manis bisa menaikkan gula darah dengan cepat, sehingga tubuh akan segera mendapatkan energi setelah berpuasa. Meski begitu, disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi kurma saat berbuka puasa, cukup dua sampai tiga butir saja. Kemudian, diikuti dengan menyantap hidangan berbuka puasa lain.

2. Jus Buah

Salah satu jenis hidangan sehat yang bisa dijadikan menu buka puasa untuk ibu hamil adalah jus buah. Kandungan buah yang sehat bisa membantu menjaga kesehatan ibu dan janin. Namun ingat, pastikan tidak menambahkan gula terlalu banyak dalam jus, atau jangan menggunakan gula sama sekali. Pilih jenis buah yang banyak mengandung serat dan bisa mengenyangkan, misalnya buah mangga dan apel.

Baca juga: Tips Aman Puasa Bagi Ibu Hamil 5 Bulan

3. Nasi Merah

Sebagian besar orang sering memilih untuk langsung menyantap makanan besar saat berbuka puasa, yaitu jenis makanan yang disertai dengan nasi dan lauk pauk. Jika ibu termasuk tipe ini, pilihlah nasi merah sebagai menu berbuka puasa. Sebab, nasi merah merupakan jenis makanan sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk dikonsumsi. Selain nasi merah, jenis makanan lain yang juga bisa memberi asupan karbohidrat kompleks adalah oatmeal dan roti gandum.

4. Semur Ayam

Ibu hamil membutuhkan asupan protein, tidak hanya satu, tapi dua jenis sekaligus, yaitu protein nabati dan protein hewani. Ibu bisa memilih semur ayam yang dicampur dengan tahu atau tempe. Selain itu, kamu juga bisa memilih menu makanan yang mengandung ikan, telur, dan tahu sebagai menu buka puasa sehat.

5. Sayur dan Buah

Lengkapi juga menu buka puasa ibu dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Selain kaya vitamin dan mineral, sayur dan buah kaya akan kandungan serat, sehingga bisa menjaga kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan ibu hamil.

Baca juga: Ibu Hamil Puasa, Pastikan Konsumsi 6 Nutrisi Ini

Punya masalah kesehatan atau keluhan kehamilan selama puasa? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja! Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!