• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 4 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 4 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Ibu, Ini 4 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Mei 2022

“Perut kembung merupakan kondisi umum pada bayi yang biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Ada beberapa cara mengatasi perut kembung bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi yang membuat bayi tidak nyaman tersebut.”

Ibu, Ini 4 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Halodoc, Jakarta – Perut kembung merupakan kondisi yang bisa dialami siapa saja, termasuk bayi yang masih kecil. Malahan bayi rentan mengalami perut kembung, karena mereka sering menelan banyak udara, seperti ketika menyusu, mengisap dot, dan menangis.

Saat banyak udara terperangkap di perut bayi, hal itu bisa membuat perut bayi keras dan terasa tidak nyaman, sehingga Si Kecil akan menjadi rewel dan menangis. Karena itu, ketahui cara mengatasi perut kembung pada bayi di sini.

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Meskipun bisa bikin bayi merasa tidak nyaman, perut kembung merupakan kondisi yang umum dan biasanya tidak berbahaya. Selain akibat menelan banyak udara, bayi yang diberi air susu ibu (ASI) juga rentan mengalami perut kembung akibat makanan bergas yang ibu konsumsi, seperti kacang-kacangan dan sayuran tertentu. Sedangkan pada bayi yang diberi susu botol, perut kembung bisa terjadi sebagai reaksi terhadap susu formula yang diberikan. Intoleransi makanan sering menimbulkan gejala berupa perut kembung dan bergas. Namun, bila perut kembung pada bayi disebabkan oleh intoleransi makanan, bayi biasanya akan mengalami masalah pencernaan lain seperti diare.

Jadi, bila Si Kecil merasa tidak nyaman dan menangis setelah diberi makan, bisa jadi perutnya kembung. Tidak usah panik, berikut beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa ibu lakukan:

1.Sendawakan Si Kecil

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang efektif adalah dengan membuatnya bersendawa. Segera setelah menyusui, jaga agar posisi bayi tetap tegak. Hal ini akan memudahkannya untuk bersendawa. Bila mereka tidak langsung bersendawa, coba baringkan mereka selama beberapa menit, lalu coba lagi.

2. Gerakan Kakinya Seperti Bersepeda

Bila bayi masih merasa tidak nyaman, cara lain yang bisa ibu coba adalah baringkan bayi telentang, lalu gerakkan kakinya ke depan dan ke belakang, seperti sedang bersepeda. Latihan ini  bisa membantu gerakan usus dan mengeluarkan gas yang terperangkap, sehingga bisa menjadi cara mengatasi perut kembung pada bayi.

3. Tummy Time

Membaringkan bayi tengkurap juga bisa membantu mengeluarkan gas yang terperangkap.

4. Beri Pijatan Lembut pada Perut Bayi

Cobalah baringkan Si Kecil telentang, lalu beri pijatan lembut pada perutnya dengan gerakan melingkar dan menirukan menulis huruf ‘I’, ‘L’, ‘U’ dengan dua atau tiga jari di perutnya. Hal ini bisa memicu aktivitas di perut yang bisa mempercepat proses bayi bersendawa. Saat memijat perut bayi, ibu juga bisa menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon yang akan menghangatkan perutnya.

Bila cara mengatasi perut kembung pada bayi yang alami di atas tidak berhasil, ibu bisa memberikan obat-obatan. Namun, bicarakan dahulu dengan dokter sebelum memberi obat apapun pada bayi. Untuk mendapatkan obat dan vitamin yang diperlukan Si Kecil, gunakan aplikasi Halodoc saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatan ibu sekeluarga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Baby Gas: Relief and Prevention.
WebMD. Diakses pada 2022. Infant Gas: How to Prevent and Treat It.
Little Remedies. Diakses pada 2022. 5 Tricks to Help Relieve Baby Gas