• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 4 Manfaat Anak Bawa Bekal ke Sekolah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 4 Manfaat Anak Bawa Bekal ke Sekolah

Ibu, Ini 4 Manfaat Anak Bawa Bekal ke Sekolah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Agustus 2022

“Menyiapkan bekal makan siang sehat dari rumah tentu lebih hemat dibandingkan membelinya di kantin sekolah. Selain itu, orang tua juga dapat memastikan bahwa anak mengonsumsi makanan bergizi seimbang, bukannya malah jajan sembarangan.”

Ibu, Ini 4 Manfaat Anak Bawa Bekal ke SekolahIbu, Ini 4 Manfaat Anak Bawa Bekal ke Sekolah

Halodoc, Jakarta – Memasuki tahun ajaran baru, kini anak-anak sekolah sudah mulai menjalani pembelajaran secara tatap muka. Tentu banyak yang harus disiapkan orang tua setiap hari, mulai dari seragam, tas, buku, dan bekal anak. Perlu diketahui, memberikan bekal makan untuk anak ke sekolah merupakan hal yang baik untuk kesehatan, lho.

Manfaat anak bawa bekal ke sekolah salah satunya memberi kontrol atas asupan makanan yang dikonsumsi anak. Jika anak memiliki alergi makanan tertentu, maka hal tersebut dapat dicegah dengan membawa bekal makanan yang aman. Selain itu, orang tua juga dapat memastikan bahwa anak mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, dibandingkan jika ia jajan sembarangan.

Ketahui Manfaat Anak Bawa Bekal Ke Sekolah

Menyiapkan bekal makan siang sehat dari rumah tentu lebih hemat dibandingkan membelinya di kantin sekolah. Selain itu, cara ini juga dapat mencegah anak membeli makanan atau cemilan yang tidak sehat. Selain tidak sehat, jajan di sekolah tentu bisa lebih boros. 

Nah, selain lebih hemat, berikut ini manfaat kesehatan jika anak bawa bekal ke sekolah yang perlu orang tua ketahui:

  1. Pilihan Makanan Lebih Sehat

Ketika menyiapkan bekal makan siang anak, tentu ibu dapat mengontrol dan memastikan anak mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya. Jika anak juga perlu camilan, maka ibu bisa memilihkan camilan sehat seperti kacang-kacangan, buah kering, atau sereal sehat. 

  1. Menciptakan Kebiasaan Sehat untuk Jangka Panjang

Dengan anak membawa bekal ke sekolah, ia akan tumbuh dan belajar tentang nutrisi yang baik. Selain itu, anak akan memiliki kebiasaan makan yang sehat seiring bertambahnya usia. 

Jika anak mulai belajar membuat dan mengemas bekal makanan setiap hari, maka ia akan mempelajari suatu keterampilan baru. Nah, hal ini merupakan kebiasaan yang baik untuk dirinya. Saat dewasa nanti pun ia akan membuat keputusan yang, dalam mengonsumsi makanan dan gaya hidup lainnya. 

  1. Mengajarkan Tanggung Jawab

Dengan memberi anak bekal makanan ke sekolah, orang tua juga bisa mulai mengajari anak tentang tanggung jawab. Tidak sedikit orang tua yang kesulitan untuk mengatur makan siang anak sesuai dengan jadwalnya.

Dengan membawakan bekal, anak dapat belajar tanggung jawab bahwa bekal yang ia bawa dari rumah harus di makan saat jam makan siang. Setidaknya ia mulai bertanggung jawab tentang menjaga kesehatan diri sendiri. Selain itu, anak juga akan belajar menghargai usaha yang orang tua lakukan, untuk menyiapkan bekal makan siangnya.

  1. Membangun Kedekatan Emosional dengan Orang Tua

Orang tua tentu menyiapkan bekal makan siang anak dengan penuh cinta, kasih sayang, dan perhatian. Selain mengajarkan tentang pola makan sehat, memberikan bekal makan siang juga dapat membangun kedekatan emosional, antara anak dan orang tua atau keluarga secara keseluruhan. 

Seiring pertumbuhannya, anak akan menyadari bahwa tindakan ibu menyiapkan bekal adalah bentuk kasih sayang yang ia terima. Selain itu, kebiasaan ini bisa menjadi kenangan yang baik untuk anak.

Apa yang Harus Ada Dalam Kotak Bekal Anak?

Orang tua harus merencanakan menu bekal yang sehat setiap harinya. Bicarakan dengan anak dan diskusikan apa yang dia sukai untuk dijadikan bekal makan siang di sekolah.

Berikut ini makanan sehat yang sebaiknya ada di dalam kotak bekal anak:

  • Buah. Ini adalah pilihan yang baik dan harus selalu ada dalam bekal setiap hari. Pilihlah buah segar dan potong-potong sesuai ukuran yang disukai anak.
  • Sayuran. Pilihlah sayur yang dikukus dan dipotong-potong dengan ukuran yang sesuai di mulut anak. Misalnya sayur tomat ceri, wortel, mentimun, atau selada. 
  • Susu, yoghurt, atau keju. Pilihlah produk susu rendah lemak untuk anak di atas usia 2 tahun.
  • Daging atau makanan alternatif daging. Misalnya ayam, telur rebus, atau daging sapi.
  • Makanan gandum atau sereal. Seperti roti gulung atau biskuit yang terbuat dari gandum utuh.
  • Minuman. Air mineral adalah pilihan terbaik.

Itulah yang yang perlu diketahui tentang manfaat anak membawa bekal ke sekolah. Jadi, tidak ada salahnya jika ibu mulai merencanakan pilihan bekal sehat untuk anak saat ke sekolah. Jika ibu memiliki pertanyaan lain tentang kebutuhan nutrisi anak, tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Better Health. Diakses pada 2022. Healthy eating – school lunches
Very Well Family. Diakses pada 2022. Is School or Packed Lunch Right for Your Family?
Harvard School of Public Health. Diakses pada 2022. Packing a Healthy Lunchbox