• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 4 Manfaat Apel untuk MPASI Bayi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 4 Manfaat Apel untuk MPASI Bayi

Ibu, Ini 4 Manfaat Apel untuk MPASI Bayi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Oktober 2022

“Apel merupakan buah bernutrisi yang baik diberikan sebagai makanan pendamping air susu ibu (MPASI) untuk bayi. Ada banyak manfaat apel untuk bayi, mulai dari melancarkan pencernaan hingga membantu mengatasi disentri.”

Ibu, Ini 4 Manfaat Apel untuk MPASI BayiIbu, Ini 4 Manfaat Apel untuk MPASI Bayi

Halodoc, Jakarta – Manfaat apel untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Itulah mengapa ada ungkapan bahwa makan apel setiap hari bisa mencegah kamu untuk pergi ke dokter.

Meski begitu, bolehkah apel diberikan sebagai MPASI untuk bayi? Nah, apel tidak hanya enak dan cocok untuk dijadikan MPASI, tapi juga bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan bayi. 

Manfaat Apel untuk Kesehatan Bayi

Apel kaya akan vitamin dan mineral yang membuatnya menjadi salah satu pilihan buah yang baik untuk dikonsumsi secara rutin. Tidak hanya untuk orang dewasa, buah yang rendah kalori ini juga bisa memberi banyak manfaat kesehatan untuk bayi, antara lain:

1. Melancarkan pencernaan

Apel mengandung serat makanan yang tinggi yang bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan, dan membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh. Berkat kandungan serat larut bernama pektin, manfaat apel bisa mencegah diare dan masalah pencernaan lainnya pada bayi.

2. Memberi energi

Manfaat apel sebagai MPASI juga berkaitan dengan energi. Apel kaya akan karbohidrat yang penting untuk memberi energi yang dibutuhkan bayi untuk tetap aktif sepanjang hari.

3. Membantu meredakan batuk

Batuk adalah masalah kesehatan umum pada bayi dan bisa membuat mereka tidak bisa tidur nyenyak. Nah, berkat kandungan antioksidan fitokimia di dalamnya, apel mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga bisa mencegah dan meredakan batuk.

4. Membantu mengatasi disentri

Disentri adalah penyakit lain yang lebih sering ditemukan pada bayi dan anak-anak dibandingkan pada orang dewasa. Penyakit tersebut terjadi akibat infeksi pada usus besar dan ditandai dengan gejala rasa sakit di perut diikuti dengan buang air besar cair. 

Nah, manfaat apel yang matang dan manis bisa membantu mengatasi disentri, baik akut dan kronis. Caranya, kukus atau rebus, dan tumbuk apel matang dan berikan kepada bayi beberapa kali sehari. Perawatan ini juga telah dianjurkan oleh American Medical Association.

Selain memberikan makanan sehat, seperti buah apel, terkadang ibu juga perlu memberikan suplemen vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Ibu bisa cek kebutuhan obat dan vitamin untuk anak melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Parenting Healthy Babies. Diakses pada 2022. Health Benefits of Apple for Babies.
Parenting Firstcry. Diakses pada 2022. Apples for Kids – Benefits & Interesting Facts.
Baby Destination. Diakses pada 2022. 7 Wonderful Benefits Of Apples For Kids (Recipes Included!)
Today. Diakses pada 2022. 17 immune-boosting foods to get you through cold and flu season