• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 4 Manfaat Permainan Kuda-kudaan bagi Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 4 Manfaat Permainan Kuda-kudaan bagi Anak

Ibu, Ini 4 Manfaat Permainan Kuda-kudaan bagi Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 13 September 2022

“Terdapat beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari bermain kuda-kudaan untuk anak. Permainan ini diyakini dapat melatih keseimbangan dan keterampilan motorik anak.”

Ibu, Ini 4 Manfaat Permainan Kuda-kudaan bagi AnakIbu, Ini 4 Manfaat Permainan Kuda-kudaan bagi Anak

Halodoc, Jakarta – Bermain adalah salah satu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan anak, khususnya yang masih berusia balita. Karena itu, penting untuk memperhatikan mainan apa yang akan diberikan kepada anak. 

Sebab, jenis mainan atau permainan yang dilakukan, tentunya akan memengaruhi pertumbuhan anak, ketika dirinya sudah beranjak besar. Baik dari aspek kognitif, maupun dari segi motorik, yang keduanya sama-sama penting. 

Ada banyak pilihan mainan anak yang dapat menjadi rekomendasi, salah satunya adalah kuda goyang. Di mana kuda goyang atau mainan kuda-kudaan ini telah ada sejak ratusan tahun silam. Namun, perlu diketahui bahwa permainan kuda-kudaan ternyata tak hanya kekal oleh waktu. Sebab, permainan ini juga diketahui dapat memberikan beberapa manfaat bagi anak. 

Lantas, kira-kira apa saja manfaat permainan kuda-kudaan atau kuda goyang bagi anak? Yuk, ketahui informasinya di sini! 

Manfaat Permainan Kuda-Kudaan bagi Anak

Terdapat beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari bermain kuda-kudaan untuk anak, antara lain: 

1. Melatih keseimbangan dan keterampilan motorik anak

Secara garis besar, beberapa jenis mainan tunggangan seperti kuda goyang bermanfaat bagi keseimbangan dan motorik anak. Hal ini lantaran permainan kuda-kudaan seperti kuda goyang membuat anak akan mengayun ke depan maupun ke belakang. 

Selain itu, anak juga akan memanipulasi stang, menempatkan sekaligus menggerakan anggota badan mereka untuk menciptakan sebuah gerakan. Menariknya lagi, permainan kuda-kudaan juga diduga kuat dapat membantu merangsang sistem vestibular di dalam telinga bagian dalam. Perlu diketahui bahwa sistem vestibular sangatlah penting dalam menjaga keseimbangan tubuh. 

2. Membantu menenangkan anak 

Bermain kuda-kudaan dikabarkan dapat membantu membangun detak jantung yang sehat serta sirkulasi darah yang baik. Selain itu, permainan kuda-kudaan yang bergoyang juga dapat membantu anak merasa aman, karena goyangan dari permainan tersebut memiliki efek menenangkan. Menariknya lagi, anak yang menaiki permainan kuda-kudaan juga dapat merasa lebih hangat, jika kedinginan. 

3. Membantu mengenalkan konsep irama sedari dini

Perlu diingat bahwa keterampilan motorik halus dapat bekerja dengan otak secara optimal dengan menciptakan ritme. Nah, ketika anak-anak sedang bergoyang saat menaiki permainan kuda-kudaan, otak anak akan merasakan ritme, baik secara cepat maupun lambat. Selain itu, otak anak juga akan mengingat bagaimana otot-otot tubuh yang bergerak selama memainkan permainan kuda-kudaan membentuk ritme tertentu. 

4. Meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas

Manfaat selanjutnya dari bermain kuda-kudaan untuk anak adalah meningkatkan daya imajinasi dan kreativitasnya. Sebab, permainan kuda-kudaan mampu membuat anak untuk mewujudkan imajinasi mereka. Sebagai contoh, anak-anak dapat bermain peran sebagai koboi yang sedang menunggangi kuda. 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan kuda-kudaan dapat menawarkan banyak kemungkinan imajinasi bagi anak. Di mana pada akhirnya, permainan ini bermanfaat untuk perkembangan kreativitas anak. 

Itulah beberapa manfaat bermain kuda-kudaan seperti kuda goyang bagi anak. Mulai dari diyakini dapat melatih keseimbangan dan keterampilan motorik anak, hingga meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas anak. 

Berdasarkan beberapa manfaat potensial tersebut, tidak ada salahnya untuk memberikan Si Kecil mainan kuda-kudaan. Selain memberikan anak mainan yang bermanfaat, tentu memperhatikan kesehatan Si Kecil juga menjadi prioritas yang perlu ibu senantiasa lakukan. 

Maka dari itu, pastikan agar kekebalan tubuhnya terjaga dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi anak sehat dan bergizi seimbang. Namun, tak hanya itu, ibu juga bisa memberikan anak suplemen kesehatan khusus untuk usianya. 

Jika saat ini ibu membutuhkannya, ibu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen melalui toko kesehatan Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre berlama-lama di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
The Asian Parent. Diakses pada 2022. 8 Manfaat Permainan Kuda-kudaan, Mainan Tradisional yang Tak Lekang Waktu. 
Orami. Diakses pada 2022. Menggali Kembali Manfaat Permainan Kuda-kudaan bagi Anak. 
Educatall. Diakses pada 2022. The benefits associated with rocking children.