• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 5 Cara Mengatasi Anak yang Susah Tidur
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 5 Cara Mengatasi Anak yang Susah Tidur

Ibu, Ini 5 Cara Mengatasi Anak yang Susah Tidur

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 Juli 2022

“Insomnia tak hanya terjadi pada orang dewasa, anak pun bisa mengalami masalah tidur ini. Jika hal ini terjadi pada Si Kecil, coba atasi dengan membuat rutinitas sebelum tidur atau menciptakan suasana tidur yang nyaman untuknya.”

Ibu, Ini 5 Cara Mengatasi Anak yang Susah TidurIbu, Ini 5 Cara Mengatasi Anak yang Susah Tidur

Halodoc, Jakarta – Agar fungsi tubuh dapat bekerja lebih optimal, tidur menjadi salah satu aktivitas yang sangat diperlukan, terutama pada anak. Faktanya, jam tidur yang berkurang karena mengalami masalah tidur tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga anak-anak. 

Hal ini tentunya akan memicu berbagai dampak negatif untuk kesehatan. Misalnya, imunitas tubuh anak yang tidak berkembang dengan optimal sehingga membuatnya rentan mengalami masalah kesehatan. Selain itu, kurang tidur pada anak juga dikaitkan dengan risiko peningkatan berat badan.

Berbagai Cara Mengatasi Susah Tidur pada Anak

Pasti menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan bagi orangtua saat anak mengalami insomnia atau kesulitan tidur. Namun, ibu dapat melakukan cara mengatasi susah tidur berikut untuk membantu memudahkan Si Kecil tidur:

  1. Tidak Bermain Gadget Menjelang Jam Tidur

Paparan cahaya biru yang berasal dari ponsel bisa mengakibatkan terganggunya pembuatan hormon melatonin pada tubuh. Padahal, hormon tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur siklus bangun dan tidur pada manusia. Jadi, cara mengatasi susah tidur pada anak yang pertama yang bisa ibu lakukan adalah menghindari interaksi dengan gawai sebelum jam tidurnya. 

Sebaliknya, ibu bisa mengganti dengan aktivitas yang lebih ringan. Misalnya dengan membaca buku atau bernyanyi, sehingga otak Si Kecil dapat beristirahat dan tidur lebih nyenyak. 

  1. Buat Suasana Tidur yang Nyaman

Selanjutnya, ibu dapat menciptakan suasana tidur yang nyaman untuk Si Kecil. Caranya bisa dengan mengatur suhu di dalam kamarnya menjadi tidak terlalu panas, tidak pula terlalu dingin. Selain itu, kurangi pula intensitas suara di dalam kamar, karena suara berisik bisa membuat anak menjadi sulit untuk tidur lebih nyenyak. Hindari pula menaruh terlalu banyak mainan, bantal guling, atau benda lain di tempat tidur anak.

  1. Memakai Aromaterapi

Memanfaatkan wewangian dari aromaterapi juga bisa menjadi cara mengatasi susah tidur pada anak. Ibu dapat memilih wangi yang lembut dan memberikan efek relaksasi seperti lavender sebelum dan saat anak tidur, baik pada siang maupun malam hari. Bisa juga dengan memakai minyak esensial atau bunga kering yang memiliki aroma yang sama. 

  1. Buat Jadwal Tidur yang Konsisten

Memiliki jadwal tidur dan bangun yang sama setiap harinya bisa mencegah anak mengalami kesulitan tidur. Jadi, ada baiknya ibu mengatur jadwal tidur anak sehingga tidurnya tak hanya nyenyak, tapi menjadi lebih berkualitas setiap harinya. 

  1. Buat Rutinitas Menjelang Tidur

Cara mengatasi susah tidur pada anak yang terakhir adalah membuat rutinitas sebelum tidur. Misalnya, ibu membiasakan Si Kecil untuk mencuci tangan dan kaki, menggosok gigi, serta berganti pakaian sebelum tidur. Lakukan aktivitas ini sekitar 30 menit sampai 1 jam menjelang waktu tidur anak. 

Itu tadi beberapa cara mengatasi susah tidur yang bisa ibu lakukan pada Si Kecil. Jangan lupa, tetap perhatikan kondisi kesehatan sang buah hati, ya. Penuhi asupan nutrisinya, berikan vitamin jika memang diperlukan. Ibu bisa cek kebutuhan vitamin Si Kecil di Toko Kesehatan aplikasi Halodoc. Ibu bisa download aplikasi Halodoc secara gratis di Play Store maupun App Store.

Referensi:
Sleep Foundation. Diakses pada 2022. Sleep Strategies for Kids.
KidsHealth. Diakses pada 2022. What to Do if You Can’t Sleep.
Sleep Foundation. Diakses pada 2022. Children and Sleep.