• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Sekolah di Musim Hujan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Sekolah di Musim Hujan

Ibu, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Sekolah di Musim Hujan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 November 2022

“Di perjalanan ke sekolah atau sekembalinya dari sekolah, bukan tak mungkin anak terkena hujan yang menjadikan baju sekolahnya lembap. Nah, supaya tidak masuk angin, anak perlu segera mengganti pakaiannya.”

Ibu, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Sekolah di Musim HujanIbu, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Sekolah di Musim Hujan

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan anak di musim hujan menjadi keharusan buat orang tua. Soalnya, di musim hujan, anak-anak paling rentan terkena penyakit. Pun, penularan infeksi dan penyebaran virus lebih mudah terjadi di musim hujan.

Apalagi, kalau misalnya anak sudah memiliki penyakit bawaan. Misalnya asma, sakit pernapasan, atau imun tubuh lemah, musim hujan dapat membuat kondisi kesehatan anak semakin rentan. Yuk, baca di sini tips menjaga kesehatan anak sekolah di musim hujan!

Menerapkan Kebiasaan Bersih dan Memberikan Asupan Makanan Sehat sebagai Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Hujan 

Anak-anak rentan terhadap penyakit selama musim hujan, oleh karena itu, pastikan mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam ruangan. Atur kegiatan menyenangkan untuk anak-anak dan teman-temannya saat berada dalam ruangan, sehingga mereka tidak perlu pergi keluar. Kemudian, apa lagi yang bisa dilakukan sebagai tips menjaga kesehatan anak sekolah di musim hujan?

1. Pastikan Anak Selalu Mengganti Baju Sepulang dari Sekolah

Yang perlu dilakukan ibu adalah memastikan anak mengganti baju sepulang dari sekolah. Di perjalanan ke sekolah atau sekembalinya dari sekolah, bukan tak mungkin anak terkena hujan yang menjadikan baju sekolah merekalembap. Nah, supaya tidak masuk angin, anak perlu segera mengganti pakaiannya. Bila perlu, segera mandi untuk membersihkan diri agar tetap terjaga kebersihan badannya.

2. Pastikan Anak Mengonsumsi Makanan Sehat

Jangan biarkan anak mengonsumsi jajanan pinggir jalan, junk food, dan makanan berminyak. Sistem kekebalan anak tidak sekuat orang dewasa. Jajanan di luar memang terlihat enak, namun bisa jadi membuat anak terinfeksi karena kebersihan yang tidak terjaga.  Pastikan anak makan makanan yang sehat dan bergizi secara teratur. Bisa dengan memberikan mereka sup, yoghurt, oat, buah-buahan, dan buncis, misalnya.

3. Membersihkan Badan dengan Sabun Antiseptik 

Pastikan anak mandi dengan sabun antiseptik. Bila anak terkena hujan, anjurkan anak untuk mandi air hangat, dan segera berikan minuman hangat, supaya anak merasa nyaman.  

Musim hujan memicu kelembapan udara yang mungkin memicu keringat. Ini membuat anak rentan terhadap infeksi jamur, ruam kulit, atau alergi. Oleh karena itu, langkah pertama dan terpenting untuk menjaga anak tetap aman selama musim hujan adalah menjaga kebersihan. 

4. Mengenakan Baju yang Sesuai dengan Kondisi Cuaca

Mengingat fluktuasi cuaca cukup umum terjadi selama musim hujan, ibu disarankan untuk mengenakan anak baju yang sesuai. Saat lingkungan panas dan sangat lembap, berikan anak pakaian katun longgar yang membuatnya tetap sejuk dan kering.  Dan jika cuaca mendadak dingin karena hujan dengan intensitas lebat, ibu dapat memilih pakaian semi-wol agar anak tetap hangat. 

5. Mengatur Suhu Ruangan

Musim hujan biasanya membuat cuaca menjadi dingin dan berangin. Sebaiknya tutup semua jendela dan pintu. Ini tidak hanya akan membantu mengatur suhu kamar anak, tetapi juga mencegah nyamuk dan lalat masuk ke dalam kamar. 

Jika cuaca terlalu dingin, pertimbangkan untuk menyelimuti anak untuk membuatnya merasa hangat dan nyaman. Hindari menyalakan AC atau menurunkan suhu menjadi lebih rendah. 

Segera periksakan kondisi kesehatan anak ke rumah sakit jika anak mengalami gangguan kesehatan. Lewat aplikasi Halodoc, orang tua bisa buat janji medis di rumah sakit pilihan sesuai dengan domisili.  Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Apollo Clinic. Diakses pada 2022. How to keep children away from infection during rainy season.
Punchng.com. Diakses pada 2022. How to keep your kids healthy, safe during rainy season.
Yashoda Hospitals. Diakses pada 2022. Child Care During Monsoon.
The Guardian. Diakses pada 2022. Why your child deserves proper care this rainy season.