• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 6 Manfaat Menabung untuk Tumbuh Kembang Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 6 Manfaat Menabung untuk Tumbuh Kembang Anak

Ibu, Ini 6 Manfaat Menabung untuk Tumbuh Kembang Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 November 2022

“Ada banyak manfaat menabung untuk tumbuh kembang anak. Mulai dari belajar menghargai uang, menjadi lebih disiplin, mandiri, dan bertanggung jawab.”

Ibu, Ini 6 Manfaat Menabung untuk Tumbuh Kembang AnakIbu, Ini 6 Manfaat Menabung untuk Tumbuh Kembang Anak

Halodoc, Jakarta – Sebuah pepatah mengatakan, “menabung pangkal kaya”. Ada pesan yang baik di balik pepatah tersebut, sekaligus mengajarkan bahwa pentingnya menabung. Menabung bahkan perlu menjadi bagian dari pola asuh anak. Dengan begitu, anak memiliki kebiasaan menabung dan tidak boros. Toh, manfaatnya pun akan dirasakan Si Kecil sendiri.

Meskipun anak belum bekerja dan menghasilkan uang sendiri, anak juga perlu dikenalkan konsep uang sejak dini. Orang tua dapat mendidik anak menjadi lebih mandiri dan hemat dengan menabung. Lantas, apa saja manfaat menabung untuk tumbuh kembang anak?

Manfaat Menabung untuk Tumbuh Kembang Anak

Mengajarkan anak menabung sedini mungkin tidak hanya baik untuk membangun kebiasaan positif, tapi juga memiliki manfaat untuk tumbuh kembangnya. Berikut manfaat menabung untuk tumbuh kembang anak:

1. Belajar menghargai uang

Dengan mengajarkan anak menabung, ia akan dapat menghargai uang yang dimilikinya. Ibu bisa mengajarkannya dengan memberikan pemahaman bahwa mencari uang itu tidak mudah, butuh kerja keras, dan kesabaran.

Seiring berjalan waktu, ketika anak terbiasa menabung, mereka akan lebih bijak dalam membelanjakan uangnya. Mereka tidak akan menggunakannya untuk sesuatu yang kurang penting atau hanya keinginan sesaat.

2. Anak jadi lebih disiplin

Mengajarkan anak kebiasaan menabung sedini mungkin dapat melatih kedisiplinan. Salah satu caranya adalah dengan mengingatkan anak untuk rutin menyisihkan sebagian uang sakunya untuk ditabung.  Jika hal ini dilakukan secara terus menerus atau konsisten, anak akan terlatih untuk disiplin dalam melakukan sesuatu, serta konsisten dalam menabung.

3. Belajar hidup hemat

Kebiasaan menabung sejak kecil dapat melatih anak untuk belajar hidup hemat. Hal ini bermula dari kebiasaan menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk tidak dibelanjakan secara langsung. Selain itu agar anak bisa menahan diri untuk membeli sesuatu yang kurang bermanfaat.

Kelak, saat anak sudah dewasa, mereka terbiasa menggunakan uang secukupnya dan tidak membuang-buang uang yang dimilikinya untuk kesenangan sementara atau konsumtif.

4. Lebih mandiri dan bertanggung jawab

Menabung sejak dini juga dapat melatih kemampuan anak untuk bertanggung jawab dan menjadi pribadi yang mandiri. Hal ini sejalan dengan manfaat pertama, yaitu belajar menghargai uang.

Misalnya, ketika anak menginginkan sesuatu, mereka akan berusaha menabung dan bersabar sampai ada cukup tabungan untuk membeli apa yang mereka inginkan. 

5. Memiliki kemampuan mengelola keuangan dengan baik

Manfaat menabung pada tumbuh kembang anak selanjutnya yaitu ia jadi memiliki kemampuan mengelola keuangan. Hal tersebut merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai setiap individu. Karena itulah, menanamkan kebiasaan menabung sejak dini pada anak merupakan hal yang harus diperhatikan orang tua, demi kebaikan Si Kecil di masa depan.

6. Memahami pentingnya dana darurat

Mengajarkan anak menabung sejak dini juga dapat membantu ia memahami pentingnya dana darurat. Caranya adalah dengan memberikan pemahaman kepada anak bahwa di masa depan banyak hal yang tidak terduga yang bisa terjadi kapan saja. 

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat menabung untuk tumbuh kembang anak. Jadi, tidak ada salahnya jika ibu untuk mulai mengajarkan menabung pada anak sejak dini.

Namun, jika anak mengalami masalah kesehatan, manfaatkan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter tentang cara penanganannya. Yuk, download aplikasi Halodoc untuk kesehatan keluarga. 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
BFI. Diakses pada 2022. 5 Ways to Teach Children to Save Early and the Benefits
Dawn. Diakses pada 2022. Advice: The benefits of saving money as a kid