• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 9 Makanan Padat untuk Bayi yang Mulai Tumbuh Gigi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 9 Makanan Padat untuk Bayi yang Mulai Tumbuh Gigi

Ibu, Ini 9 Makanan Padat untuk Bayi yang Mulai Tumbuh Gigi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 Juni 2022

“Terdapat beberapa rekomendasi makanan padat yang sehat untuk anak yang tumbuh gigi. Salah satunya adalah alpukat yang kaya akan nutrisi dan memiliki tekstur yang lembut di mulut.”

Ibu, Ini 9 Makanan Padat untuk Bayi yang Mulai Tumbuh GigiIbu, Ini 9 Makanan Padat untuk Bayi yang Mulai Tumbuh Gigi

Halodoc, Jakarta – Ketika anak sudah mulai tumbuh gigi, ada banyak hal yang perlu diperhatikan ibu. Salah satunya adalah makanan padat yang mulai dikonsumsi Si Kecil saat ia berusia enam bulan. Nah, makanan pendamping ASI (MPASI) yang diberikan ibu tentunya harus sesuai dengan kemampuan Si Kecil mengunyah makanan. 

Oleh karena itu, pastikan untuk tidak sembarangan memilih makanan yang akan diberikan. Lantas, kira-kira apa saja makanan padat yang cocok diberikan untuk Si Kecil yang baru tumbuh gigi? Yuk, simak ulasannya di sini! 

Makanan Padat Sehat untuk Anak yang Tumbuh Gigi

Terdapat beberapa rekomendasi makanan padat yang sehat untuk anak yang tumbuh gigi, antara lain: 

1. Alpukat

Tak cuma kaya akan nutrisi, alpukat juga memiliki tekstur yang lembut di mulut. Rasa dari buah alpukat juga terbilang netral sehingga bisa melatih indra perasa anak yang baru mengenal rasa.

2. Pisang

Pisang memiliki tekstur yang lembut, sehingga biasa dipilih sebagai makanan padat untuk anak, terutama yang baru tumbuh gigi. Selain itu, buah pisang juga lebih mudah digigit dan dicerna oleh Si Kecil.  Pisang punya rasa manis dan nutrisi tinggi yang baik untuk Si Kecil.

3. Kentang dan Labu

Makanan ini bisa mengenyangkan untuk Si Kecil. Pengolahannya adalah dengan dikukus atau direbus kemudian dihaluskan agar mudah ditelan oleh Si kecil yang baru tumbuh gigi.

4. Pepaya

Buah berwarna oranye ini punya manfaat yang baik bagi pencernaan sehingga dapat menyehatkan pencernaan Si Kecil. Selain itu, rasa dari pepaya matang pun manis dan memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dikunyah oleh Si Kecil.

5. Wortel

Memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, wortel sangat baik untuk membantu menyehatkan mata anak. Agar mudah dicerna, wortel bisa direbus dan kemudian dihancurkan agar mudah dikunyah oleh anak.

6. Brokoli 

Brokoli merupakan sumber yang kaya nutrisi penting, termasuk serat, folat, dan kalsium. Cobalah untuk memberikan bayi sayuran ini ketika dirinya mulai tumbuh gigi. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan selera anak dan mendorong dirinya untuk mencintai sayuran hingga dirinya beranjak dewasa. Untuk menyajikannya, ibu bisa mengukus brokoli sampai lunak, potong-potong cukup kecil agar anak bisa makan dengan aman, lalu dinginkan. 

7. Biskuit Bayi 

Saat ini sudah ada banyak biskuit untuk bayi yang memang disarankan untuk diberikan sebagai makanan pertama anak. Biskuit bayi ini biasanya sudah dilengkapi dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga baik diberikan sebagai camilan.

8. Yoghurt 

Yoghurt kaya akan kalsium dan vitamin D, yakni nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, yoghurt juga dapat dikonsumsi bayi pada usia 4 hingga 6 bulan, sebelum mereka siap untuk mengonsumsi susu sapi.

9. Daging 

Daging merupakan sumber protein, seng, dan zat besi yang sangat baik. Terutama daging merah dan daging unggas berwarna gelap. Plus, bayi menyerap zat besi lebih mudah dari daging daripada dari sereal yang diperkaya zat besi, makanan pertama yang umum lainnya. Untuk penyajiannya, pastikan ibu menghaluskan daging hingga lembut, agar bayi tidak tersedak.

Itulah beberapa makanan padat yang sehat untuk bayi yang baru tumbuh gigi. Untuk menu harian bayi, ibu bisa mengkombinasikan makanan yang kaya serat, vitamin, dan nutrisi yang dibutuhkan anak. 

Namun, perlu diingat kalau MPASI untuk Si Kecil bukanlah makanan utama. Sebab, Si Kecil masih harus mengonsumsi ASI. Jadi pertimbangkan untuk porsi makan Si Kecil agar tidak berlebihan dan cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Jika ibu masih memiliki pertanyaan seputar makanan padat yang sehat, sebaiknya tanyakanlah pada dokter spesialis anak. Nah, melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa tanya dokter spesialis anak untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Ibu dapat menggunakan fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Baby Center. Diakses pada 2022. The 10 best foods for babies. 
The Asian Parent. Diakses pada 2022. Menu dan Tips Memberi Makan Bayi Saat Tumbuh Gigi. 
Bubs Australia. Diakses pada 2022. Baby Teething Foods.