• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini Cara Efektif Mengatasi Anak Demam di Malam Hari
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini Cara Efektif Mengatasi Anak Demam di Malam Hari

Ibu, Ini Cara Efektif Mengatasi Anak Demam di Malam Hari

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 Juli 2022

“Hindari panik berlebihan saat anak demam di malam hari. Segera berikan anak cairan yang cukup agar anak tidak dehidrasi, dan kenakan pakaian yang nyaman pada anak.”

Ibu, Ini Cara Efektif Mengatasi Anak Demam di Malam HariIbu, Ini Cara Efektif Mengatasi Anak Demam di Malam Hari

Halodoc, Jakarta – Anak demam di malam hari merupakan hal yang umum terjadi. Perlu dipahami bahwa demam adalah hal normal dari respons kekebalan tubuh. Meskipun suhu tubuh anak naik, tapi sebenarnya tubuhnya sedang aktif berfokus melawan infeksi. 

Meski begitu demam pada anak ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi anak demam di malam hari. Lantas, bagaimana sebaiknya mengatasi anak demam di malam hari?

Cara Mengatasi Anak Demam di Malam Hari

Meskipun demam pada anak mungkin bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, tapi hal tersebut bisa membuat anak sangat tidak nyaman. Maka dari itu orangtua tetap perlu melakukan penangan untuk meredakannya. Berikut ini cara mengatasi anak demam di malam hari:

  1. Pastikan Anak Tetap Terhidrasi

Demam dapat menyebabkan Si Kecil kehilangan cairan dengan cepat dan mengalami dehidrasi. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi serius dan memperburuk gejalanya. Untuk menghindari hal ini, berikan anak cairan seperlunya agar anak tetap terhidrasi dengan baik. 

  1. Kenakan Pakaian yang Nyaman pada Anak

Hindari mengenakan pakaian tebal saat anak demam, karena itu akan menambah rasa tidak nyaman pada Si Kecil. Jika suhu ruangan cukup nyaman (antara 21 – 23 derajat Celsius), sebaiknya kenakan pakaian yang tipis. Memaksa tubuh anak berkeringat bukanlah cara yang baik untuk mengatasi demam.

  1. Berikan Obat Penurun Demam

Memberikan obat penurun demam khusus anak-anak biasanya dapat meredakan demam anak. Pastikan untuk memberikan obat penurun demam yang sesuai dengan dosis dan usia anak. 

  1. Biarkan Anak Tidur

Jika anak sudah bisa tertidur, maka hindari membangunkannya hanya untuk mengukur suhu tubuh atau memberinya obat demam. Kecuali jika gejalanya cukup parah dan perlu mendatangi unit gawat darurat. Perlu diketahui, tidur nyenyak lebih penting untuk proses penyembuhan dibandingkan memantau suhu tubuh anak.

Perlu dipahami bahwa pada anak sehat, tidak semua demam perlu diobati. Jika suhunya di bawah 38,9 derajat Celcius, tidak perlu diberi obat kecuali jika mereka merasa tidak nyaman. Pengecualian lainnya yaitu jika bayi berusia tiga bulan atau lebih muda memiliki suhu rektal 38 derajat Celsius atau lebih tinggi, segera hubungi dokter. Bila perlu segera pergi ke unit gawat darurat. 

Ayah dan ibu juga bisa menemukan rumah sakit terdekat yang buka 24 jam melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apalagi? Download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2022. Managing a Child’s Fever During the Night
Kids Health. Diakses pada 2022. Fevers