• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini Tips Mencegah Gigitan Bayi saat Menyusu
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini Tips Mencegah Gigitan Bayi saat Menyusu

Ibu, Ini Tips Mencegah Gigitan Bayi saat Menyusu

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 Oktober 2022

“Ada banyak cara untuk mencegah gigitan bayi saat menyusu. Termasuk memperbaiki perlekatan dan memerhatikan aliran ASI.”

Ibu, Ini Tips Mencegah Gigitan Bayi saat MenyusuIbu, Ini Tips Mencegah Gigitan Bayi saat Menyusu

Halodoc, Jakarta – Mencegah gigitan bayi saat menyusu sebenarnya sangat memungkinkan. Sebab, tentunya ada alasan mengapa bayi menggigit putting ibu saat menyusu. Bisa jadi karena aliran ASI kurang deras, perlekatan yang kurang baik, atau hal lainnya.

Jika bisa memahami penyebabnya, ibu bisa mencegah bayi mengigit di sesi menyusui selanjutnya, kok. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk simak tipsnya!

Tips Mencegah Gigitan Bayi saat Menyusu

Cara terbaik untuk mencegah gigitan bayi saat menyusu adalah dengan mengidentifikasi penyebabnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Periksa Perlekatan

Ketika bayi melekat dengan baik pada payudara ibu saat menyusu, kemungkinan menggigit akan berkurang. Dengan pelekatan yang baik, lidah bayi akan menutupi gigi atau gusi bawahnya. Ini berarti jika bayi menggigit, lidahnya juga ikut tergigit. Kait yang baik adalah pencegah alami untuk menggigit.

Kait yang baik membutuhkan posisi yang nyaman di mana leher bayi tidak tertekuk. Ibu mungkin harus bereksperimen dengan berbagai posisi dan bantal menyusui untuk mendapatkan posisi yang cocok untuk ibu dan bayi.

Setelah berada dalam posisi yang nyaman, arahkan puting ke langit-langit mulut bayi. Pastikan setidaknya 3 atau 4 centimeter dari jaringan payudara berada di mulut bayi saat mereka mulai menyusui.

2. Perhatikan Aliran ASI

Bayi mungkin menggigit jika ASI mengalir terlalu cepat atau jika tidak mengalir cukup cepat. Jika Ibu merasa sangat penuh, peras sedikit ASI ke dalam botol sebelum menawarkan payudara kepada bayi. 

Jika persediaan ASI hanya sedikit, cobalah untuk memijat jaringan payudara agar ASI mengalir lebih lancar. Solusi lain, beralihlah sisi setelah merasa ASI telah terkuras dari satu payudara.

3. Ubah Posisi Jika Bayi Pilek

Jika bayi pilek, cobalah menyusui dalam posisi yang lebih tegak. Ini dapat membuat bayi bernapas lebih mudah dan mencegah gigitan bayi saat menyusu.

4. Berhentilah Menyusui setelah Bayi Tampak Kenyang

Bayi akan sering menggigit ketika sudah kenyang. Jadi awasi bayi dan perhatikan, apakah ia sudah kenyang atau belum. Bayi yang kenyang akan sering mengambil jeda dalam menyusui mereka. 

Ibu mungkin melihat beberapa ketegangan di rahang mereka atau isyarat unik lainnya. Saat melihat salah satu isyarat kenyang itu, dengan cepat tetapi perlahan lepaskan puting dari bayi.

5. Jaga agar Bayi Tetap Terhubung

Bayi yang sudah agak besar mungkin menggigit jika mereka bosan atau untuk mendapatkan perhatian ibu. Jika menduga ini masalahnya, cobalah untuk tetap terhubung dengan bayi selama menyusui. Misalnya dengan berbicara, bernyanyi, dan melakukan kontak mata.

6. Gunakan Teether

Saat bayi tumbuh gigi, mereka akan mengunyah apa saja. Penting bagi mereka untuk mengetahui bahwa payudara bukanlah pilihan untuk digigit, jadi siapkan banyak cadangan teether. Ini akan membantu mencegah gigitan bayi saat menyusu.

7. Jangan Biarkan Bayi Menggigit Dot

Jika Ibu memberi makan bayi dengan dot atau botol, pastikan bayi tidak diizinkan untuk menggigit atau mengunyah dot. Ini akan membuat bayi mengasosiasikan gigitan dengan menyusui atau apa pun yang terlihat seperti puting susu.

Itulah beberapa tips mencegah gigitan bayi saat menyusu. Menggigit biasanya merupakan masalah sementara dan bayi dengan cepat belajar untuk berhenti. 

Namun, jika gigitan berlanjut, mintalah dokter anak untuk merujuk ke konsultan laktasi. Konsultan laktasi dapat membantu Ibu menemukan strategi untuk terus menyusui dengan nyaman dan efektif. Agar mudah, Ibu bisa download Halodoc untuk membuat janji medis dengan dokter anak.

Referensi:
Grow by WebMD. Diakses pada 2022. What to Know About Breastfeeding and Biting.
Mom Junction. Diakses pada 2022. Why Do Babies Bite While Nursing? 11 Tips To Stop It.