• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Kenali Berbagai Rekomendasi Buah Pelancar ASI
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Kenali Berbagai Rekomendasi Buah Pelancar ASI

Ibu, Kenali Berbagai Rekomendasi Buah Pelancar ASI

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 Januari 2023

“Buah-buahan merupakan makanan sehat yang baik dikonsumsi ibu selama menyusui, karena bisa memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus memperlancar ASI. Beberapa buah pelancar ASI yang direkomendasikan antara lain pepaya hijau, alpukat, stroberi, dan masih banyak lagi.”

Ibu, Kenali Berbagai Rekomendasi Buah Pelancar ASIIbu, Kenali Berbagai Rekomendasi Buah Pelancar ASI

Halodoc, Jakarta – Setelah melahirkan, ibu dianjurkan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi guna memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi. Lebih baik lagi bila ibu mengonsumsi buah pelancar ASI, yang tidak hanya bisa meningkatkan produksi cairan tersebut tapi juga meningkatkan kualitasnya.

Buah-buahan adalah salah satu pilihan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui secara rutin. Kaya akan vitamin, mineral dan serat, mengonsumsi buah bisa menjaga daya tahan dan kesehatan ibu dan Si Kecil. Beberapa buah bahkan bisa membuat persediaan ASI melimpah.

Yuk, cari tahu buah pelancar ASI di sini!

Berbagai Rekomendasi Buah Pelancar ASI 

Berikut buah pelancar ASI yang baik untuk ibu menyusui:

1. Pepaya hijau

Ya, bukan sembarangan pepaya, tapi pepaya hijau lah yang merupakan salah satu buah pelancar ASI terbaik yang bisa ibu konsumsi selama menyusui.

Buah tersebut bisa membantu laktasi dengan meningkatkan produksi hormon oksitosin ibu, sehingga produksi ASI pun akan meningkat.

Selain itu, pepaya hijau juga bisa memberi ibu berbagai vitamin penting, seperti vitamin A, B, C, dan E.

2. Alpukat

Superfood satu ini bisa memberikan banyak manfaat, salah satunya baik untuk ibu menyusui.

Kandungan asam lemak omega-3, asam lemak omega-6 dan asam lemak omega-9 dalam alpukat bisa membantu ibu menghasilkan ASI yang kaya akan nutrisi untuk Si Kecil.

Sebagai bonus, alpukat juga kaya akan asam folat serta vitamin C, vitamin E, dan potasium, yang semuanya baik untuk tumbuh kembang Si Kecil. Mengonsumsi buah bernutrisi ini juga membantu menjaga kadar gula darah dan kolesterol ibu tetap sehat.

3. Stroberi

Tidak hanya memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, stroberi juga dikemas dengan nutrisi penting yang dibutuhkan bayi untuk perkembangannya.

Buah berwarna merah cerah ini penuh dengan zat besi dan juga kaya akan vitamin, seperti vitamin C, kalsium, potasium, dan magnesium.

Selain itu, kandungan airnya yang tinggi juga membuat stroberi menjadi buah pelancar ASI yang baik dan juga bisa membantu ibu tetap terhidrasi saat menyusui bayi.

4. Pisang

Rekomendasi buah pelancar ASI lainnya yang baik untuk ibu menyusui adalah pisang. Selain rasanya yang enak, buah satu ini juga kaya akan vitamin dan mineral.

Pisang juga merupakan buah berkalori tinggi yang bisa memberi rasa kenyang saat ibu menyusui dan membantu meningkatkan kadar asam folat ibu.

Terlebih lagi, buah yang dagingnya lembut ini mengandung potasium yang bisa membantu ibu menyusui menjaga kadar cairan dan elektrolit dalam tubuh, serta bisa membantu menjaga aliran ASI yang baik.

5. Aprikot

Mengonsumsi aprikot juga baik untuk ibu menyusui, karena buah tersebut bisa meningkatkan prolaktin. Ini adalah hormon yang memberi tahu tubuh ibu untuk memproduksi ASI.

Selain itu, buah yang rasanya manis dan asam tersebut juga mengandung nutrisi penting, seperti serat makanan, vitamin A, vitamin C, dan potasium. 

Sebaiknya makan lah aprikot dalam bentuk utuh dan segar daripada kalengan. Bila ibu ingin mengonsumsi aprikot kalengan, hindari produk kalengan yang mengandung sirup.

Selain itu, aprikot yang dikeringkan juga bisa menjadi camilan yang sehat mudah dibawa untuk dimakan dalam perjalanan. 

6. Kurma

Kurma juga bisa meningkatkan prolaktin, sehingga menjadi salah satu buah pelancar ASI yang direkomendasikan. Selain itu, buah tersebut juga kaya kalsium, tinggi serat dan manis alami yang bisa memberikan ibu energi selama menyusui.

Itulah beberapa rekomendasi  buah pelancar ASI untuk ibu menyusui. Bila ibu mengalami masalah kesehatan atau keluhan tertentu selama menyusui, ada baiknya periksakan saja ke dokter.

Ibu bisa periksa kesehatan dengan buat janji di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play untuk mendapatkan solusi kesehatan terlengkap dengan mudah! 

Referensi: 
Kid Spot. Diakses pada 2023. 8 fruits to eat when you’re breastfeeding for better milk production
Sanford Health. Diakses pada 2023. Top 10 superfoods for breastfeeding moms