• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Kenali Jam Tidur Anak 2 Tahun yang Ideal
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Kenali Jam Tidur Anak 2 Tahun yang Ideal

Ibu, Kenali Jam Tidur Anak 2 Tahun yang Ideal

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 September 2022

“Mengatur jam tidur anak sejak dini akan memudahkan membentuk ritme sirkadian Si Kecil. Jam tidur anak yang ideal seharusnya terus berubah menyesuaikan usianya.”

Ibu, Kenali Jam Tidur Anak 2 Tahun yang IdealIbu, Kenali Jam Tidur Anak 2 Tahun yang Ideal

Halodoc, Jakarta – Jam tidur anak seharusnya sudah mulai ibu tentukan sejak dini. Sebaiknya, ibu membiasakan Si Kecil untuk tidur pada waktu yang sama setiap hari. Alasannya tentu saja untuk menjaga agar ritme sirkadian anak bekerja dengan baik, sehingga otak dan tubuhnya pun tetap sehat. 

Kebutuhan tidur anak pastinya akan berbeda seiring dengan usianya. Semakin bertambah usia, kebutuhan tidurnya, baik siang maupun malam hari tentunya akan semakin berkurang. Nah, ibu harus mengenali waktu tidur anak yang ideal untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Jam Tidur Anak 2 Tahun

Pastinya, kebutuhan tidur Si Kecil ketika masih bayi dan balita sangat berbeda, ya? Bayi memang menghabiskan awal masa hidupnya di dunia dengan tidur. Namun, menginjak usia 2 tahun atau masa transisi dari bayi ke balita, kebutuhan tidurnya pun berubah. 

Sebab, pada usia tersebut, anak mulai mengenal dunia lebih baik lagi, sehingga rasa penasarannya pun sangat tinggi. Alhasil, anak usia ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain dan mengeksplorasi hal baru di sekitarnya. 

Namun, ibu tetap tidak boleh lupa bahwa Si Kecil masih membutuhkan waktu istirahat, terutama pada siang hari. Lalu, berapa jam tidur anak 2 tahun yang ideal? Rata-rata, anak pada usia ini membutuhkan waktu tidur antara 12 sampai 14 jam setiap hari. 

Durasi tersebut terbagi menjadi 1 sampai 2 jam waktu tidur siang, sedangkan tidur malamnya berkisar antara 12 sampai 13 jam. Selanjutnya, masuk pada usia prasekolah, kebutuhan tidur Si Kecil akan semakin berkurang menjadi 11 sampai 12 jam saja.

Memang benar, pola tidur pada setiap anak mungkin berbeda. Namun, ibu tetap harus memastikan bahwa Si Kecil tetap mendapatkan cukup istirahat setiap harinya. 

Waktu Tidur Malam dan Siang

Anak usia 2 tahun biasanya akan tidur malam sekurangnya pukul 20.00. Bahkan, penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa anak yang tidur malam sebelum pukul 21.00 akan lebih cepat tertidur dan jarang terbangun di tengah malam. 

Sementara itu, jam tidur anak usia 2 tahun pada siang hari yaitu 1,5 sampai 2 jam. Nantinya, umumnya anak tidak lagi tidur siang setelah usianya menginjak 4 tahun. 

Biasakan Si Kecil Tidur dalam Waktu yang Sama Setiap Harinya

Ibu, 2 tahun menjadi usia yang dikatakan ideal untuk membiasakan anak tidur sesuai dengan jadwalnya. Ini artinya, ibu mulai dapat membangun rutinitas tidur pada anak setiap hari. 

Caranya tidak sulit, bu. Misalnya, mematikan televisi, meredupkan lampu, dan perangkat elektronik sebelum tidur. Lalu, ibu bisa mengganti pakaian Si Kecil, mengajaknya menggosok gigi, menata tempat tidur, dan membaca cerita dongeng pengantar tidur untuknya. 

Menerapkan waktu tidur yang konsisten akan membuat Si kecil lebih disiplin dan mudah melalui masa transisi yang sedang mereka alami. 

Jika Si Kecil mengalami masalah tidur, ibu bisa menanyakan pada dokter anak bagaimana solusi terbaik untuk mengatasi kondisi tersebut. Gunakan aplikasi Halodoc untuk tanya jawab dengan dokter spesialis anak, cek langsung di Play Store atau App Store untuk download Halodoc secara gratis.

Referensi:
Verywell Health. Diakses pada 2022. The Amount of Sleep That 2-Year-Old Toddlers Should Be Getting.
What to Expect. Diakses pada 2022. Toddler Bedtime and the Best Sleep Schedule for Your Toddler.
Huckleberry Care. Diakses pada 2022. 24 month old / 2 year old sleep schedule: Bedtime and nap schedule.
National Academies Press (US). Diakses pada 2022. Sleep Needs, Patterns, and Difficulties of Adolescents: Summary of a Workshop.