• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ketahui Manfaat Kebiasaan Bernyanyi untuk Bayi

Ibu, Ketahui Manfaat Kebiasaan Bernyanyi untuk Bayi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Menyenandungkan lagu untuk bayi tidak hanya membangun emosional antara ibu dan anak, tetapi juga memberikan manfaat perkembangan kognitif anak. Otak bayi telah diprogram sebelumnya untuk menyukai musik. Bayi sebenarnya terlahir dengan kecenderungan memperhatikan melodi dan pola suara. 

Sejak lahir, bayi lebih memiliki pemahaman yang baik tentang suara dan ritme yang mereka sukai. Misalnya, seorang bayi akan lebih menyukai suara bernada tinggi dan nyanyian bernada tinggi dibandingkan dengan nada rendah. Inilah sebabnya mengapa sebagai orang dewasa cenderung menggunakan suara bayi yang sangat konyol ketika berbicara dengan bayi. 

Ternyata suara bayi yang konyol itu sama sekali tidak konyol. Faktanya, menyesuaikan vokalisasi dengan preferensi suara anak dapat membantu mereka untuk mempertahankan perhatian mereka pada apa yang orang dewasa lakukan atau pun katakan.

Baca juga: Membaca Buku Tingkatkan Hubungan Ayah dan Anak, Benarkah?

Bayi Suka Mendengarkan Lagu

Bayi sebenarnya lebih suka jika orang dewasa bernyanyi untuk mereka daripada berbicara dengan mereka. Bernyanyi kepada bayi memungkinkan mereka untuk memperhatikan lebih lama, dan mengatur mood dengan lebih baik. Yuk, simak di sini manfaat lebih detailnya!

1. Bernyanyi Meningkatkan Ikatan Anak dan Orangtua

Saat ibu bernyanyi ke bayi, ibu akan menyertakan sentuhan, pelukan, pelukan, goyangan, dan tepukan sesuai dengan nada lagu. Nyanyian juga akan melibatkan kontak mata, tersenyum, dan mengangguk. Kegiatan ini membantu meningkatkan perkembangan kognitif anak dengan memperkuat ikatan antara orangtua dan anak.

Momen bernyanyi adalah masa di mana ibu dan anak saling menatap. Saling bertatapan sangat penting karena dapat memberikan ikatan yang lama untuk bayi dan orangtua. Ketika ibu melakukan kontak mata dengan bayi, anak akan mendapat pesan bahwa mereka penting dan dicintai.

2. Bernyanyi Meningkatkan Komunikasi

Bernyanyi bersama anak adalah bentuk komunikasi emosional yang luar biasa? Saat orangtua bernyanyi untuk bayi, mereka akan merasakan ikatan yang kuat dengan kenyamanan. Efek menenangkan dari bernyanyi pada bayi dapat meningkatkan detak jantung, frekuensi pernapasan, pola tidur, pola makan, dan penambahan berat badan bayi prematur di bangsal perawatan intensif neonatal.

Baca juga: Si Kecil Kecanduan Gadget, Ini Dampaknya pada Kesehatan

3. Membangun Emosi 

Ketika seorang bayi lahir, mereka belum mengetahui cara mengatur perasaan atau emosinya. Itulah mengapa mereka menangis begitu sering. Menangis adalah cara bayi berkomunikasi. Seiring waktu, bayi akan menumbuhkan koneksi otak yang membantunya memahami emosi dan mengaturnya secara mandiri. Bernyanyi adalah media pengajaran yang berguna untuk membantu bayi mempelajari keterampilan baru ini. 

4. Mengurangi Tingkat Stres pada Orangtua

Bernyanyi lebih dari sekadar membantu perkembangan anak. Itu bahkan membantu orangtua untuk mengurangi tingkat stres dan menjadi lebih toleran terhadap rasa frustrasi dalam mengasuh anak. Bernyanyi juga dapat membantu menyelaraskan emosi orangtua dengan anak. 

5. Meningkatkan Perkembangan Kognitif

Bernyanyi bersama anak juga dapat meningkatkan perkembangan kognitifnya. Bernyanyi dapat membantu bayi mengembangkan keterampilan dan mempertahankan konsentrasinya. Bernyanyi juga merupakan alat yang sangat ampuh untuk membantu anak belajar bahasa. 

Baca juga: Alasan Menari dan Bernyanyi Baik untuk Pertumbuhan Anak

Pengulangan lirik dalam lagu anak-anak meningkatkan perkembangan bahasa dan meningkatkan keterampilan mendengarkan. Ibu akan melihat bahwa saat bayi tumbuh dan berkembang, bayi akan merespons lagu dengan senyuman yang lebih lebar, gerakan tubuh, dan suara baru. Intinya bernyanyi akan kebiasaan yang menyenangkan dan membantu anak bereksperimen dengan suara dan kata baru.

Itulah manfaat membiasakan bernyanyi kepada bayi. Kalau ibu punya pertanyaan seputar kesehatan anak bisa ditanyakan di Halodoc. Mau buat janji temu dengan dokter tanpa antre? Langsung kontak Halodoc saja, ya!

Referensi:

Gooeybrains.com. Diakses pada 2021. 5 amazing reasons why you should sing to your kids.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Researcher investigates why mothers sing to their babies.