• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ketahui Penanganan Pertama pada Anak yang Kejang Demam

Ibu, Ketahui Penanganan Pertama pada Anak yang Kejang Demam

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ibu, Ketahui Penanganan Pertama pada Anak yang Kejang Demam

Halodoc, Jakarta - Demam adalah hal yang umum terjadi pada bayi dan anak-anak. Saat gangguan ini terjadi, banyak orangtua yang bingung harus melakukan apa, terutama pada ibu yang baru saja melahirkan anak pertamanya. Bahkan, demam yang terjadi bukan tidak mungkin diikuti oleh kejang. Anak yang mengalami gangguan ini mungkin saja mengalami komplikasi di masa depan.

Tentu saja, saat kejang yang disebabkan oleh demam terjadi, banyak orangtua yang panik. Maka dari itu, ibu harus tahu beberapa hal yang wajib dilakukan sebagai pertolongan pertama saat gangguan tersebut terjadi. Dengan begitu, segala gangguan yang berbahaya dapat dicegah untuk terjadi. Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan sebagai penanganan awal dari kejang demam!

Baca juga: Waspadai Kejang Demam pada Anak

Pertolongan Pertama dari Kejang Demam pada Anak

Kejang demam adalah gangguan yang dapat terjadi pada anak-anak ketika tubuhnya mengalami peningkatan suhu tubuh dan tidak lama menimbulkan kejang. Gangguan ini umumnya terjadi disebabkan oleh infeksi. Saat anak mengalami gangguan ini, tentu perasaan takut akan timbul sehingga waktu terasa sangat lambat. Meski begitu, masalah kejang ini jarang menimbulkan sesuatu yang berbahaya dan masalah kesehatan yang serius.

Saat kejang demam terjadi, tubuh Si Kecil dapat mengalami guncangan yang hebat bahkan kehilangan kesadaran. Gangguan ini umumnya terjadi pada anak dengan usia 6 bulan hingga 5 tahun. Meskipun disebutkan sebelumnya jika gangguan ini tidak menimbulkan bahaya, tetapi kewaspadaan tentu perlu diperlukan. Ibu harus waspada jika masalah tersebut terjadi lebih dari 5 menit dan disertai sesak napas, leher kaku, hingga muntah.

Maka dari itu, setiap orangtua harus tahu cara yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama saat anak mengalami kejang demam. Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan:

  • Posisikan anak pada posisi miring di permukaan yang tidak akan membuatnya jatuh.
  • Pastikan ibu mulai menghitung lamanya kejang terjadi.
  • Tetaplah berada dekat dengannya untuk mengawasi dan membuatnya tetap nyaman.
  • Jauhkan benda keras atau tajam yang berada di dekatnya.
  • Kendurkan hingga melepas pakaian yang terbilang ketat.
  • Jangan menahan anak atau mengganggu gerakan yang dibuatnya.
  • Pastikan untuk tidak memasukkan apapun ke dalam mulutnya.

Setelah itu, jika lamanya kejang demam Si Kecil berlangsung lebih dari 5 menit atau kejang yang terjadi kejadian yang berulang, pastikan untuk mendapatkan bantuan medis. Anak yang mengalami hal tersebut mungkin saja disebabkan oleh suatu gangguan yang berbahaya. Dokter mungkin akan memberikan obat untuk menghentikan kejang yang terjadi lebih lama. Mungkin saja hal tersebut disebabkan oleh infeksi yang serius dan membutuhkan tinggal di rumah sakit untuk sementara.

Baca juga: Kejang Demam pada Anak Bisa Sebabkan Kelumpuhan?

Selain itu, agar demam yang terjadi tidak sampai menimbulkan kejang, penting untuk mengambil langkah cepat untuk mengatasi gangguan tersebut. Memang, demam termasuk respons yang normal pada tubuh saat mengalami infeksi dan jarang menimbulkan bahaya. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi demam yang membuat suhu tubuh anak terus naik:

  • Memastikan anak lebih banyak mengonsumsi air putih agar tubuhnya tetap terhidrasi.
  • Buat suhu ruangan tetap nyaman dengan tidak mengenakan pakaian secara berlebihan atau jaga suhu ruangan tetap nyaman.
  • Berikan parasetamol cair jika anak mengalami nyeri atau terlihat kesakitan. Sebelum memberikannya, pastikan seberapa banyak yang boleh diberikan dengan melihat label.

Dengan mengetahui pertolongan pertama yang dapat dilakukan, diharapkan gangguan kejang demam pada Si Kecil lebih cepat untuk diatasi. Dengan begitu, segala gangguan berbahaya yang mungkin saja terjadi dapat dicegah. Selain itu, ibu jadi tahu hal yang perlu dilakukan apabila anak tiba-tiba kembali mengalami kejang.

Baca juga: Waspada Komplikasi yang Disebabkan Kejang Demam

Lalu, jika ibu masih memiliki pertanyaan terkait pertolongan pertama yang dapat dilakukan saat anak mengalami kejang demam, dokter spesialis anak dari Halodoc bisa membantu. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan untuk mendapatkan akses kesehatan kapan dan di mana!

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2020. First Aid: Febrile Seizures.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Febrile seizure.