• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Menyusui Kena Flu, Haruskah Segera Minum Obat?

Ibu Menyusui Kena Flu, Haruskah Segera Minum Obat?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Cuaca yang sedang tidak menentu rentan mendatangkan bermacam penyakit, salah satunya adalah flu. Selain anak-anak, orang-orang yang memiliki imunitas tubuh yang rendah seperti ibu hamil menjadi incaran penyakit musiman ini. Sayangnya, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi sembarang obat, dan hal ini dapat mengganggu kenyamanan dan aktivitas. 

Lalu, bagaimana dengan ibu menyusui? Ternyata, sama halnya dengan ibu hamil, ibu yang sedang menyusui tidak boleh asal dalam mengonsumsi obat, termasuk ketika sedang terserang flu. Memang sangat terasa menyiksa, tetapi ibu perlu tahu bahwa apa saja yang ibu konsumsi bisa berdampak pada sang buah hati. Namun, jika tidak segera ditangani, Si Kecil yang masih begitu rapuh akan rentan tertular flu yang sedang ibu alami. Serba salah, ya?

Perlukah Langsung Minum Obat Flu saat Menyusui?

Jawabannya, tentu saja tidak. Ibu harus bertanya terlebih dahulu pada dokter obat flu untuk menyusui yang aman dikonsumsi. Tanpa perlu pergi ke luar rumah, ibu bisa kok tanya jawab dengan dokter seputar masalah kesehatan, tentunya dengan download aplikasi Halodoc di ponsel ibu. Aplikasi Halodoc ini juga bisa ibu pakai untuk beli obat, cek lab, dan buat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat. 

Baca juga: Amankah Ibu Menyusui untuk Minum Obat Flu?

Kabar baiknya, menyusui ketika ibu sedang sakit justru memberikan efek penguat untuk daya tahan tubuh Si Kecil. Secara otomatis, anak mendapatkan zat kekebalan tubuh atau antibodi melalui ASI yang diberikan ibu dan berguna untuk melindungi tubuh anak dari berbagai serangan penyakit yang sedang ibu alami. Supaya lekas sembuh, ibu perlu banyak beristirahat dan memenuhi asupan cairan agar tidak mengalami dehidrasi dan menguatkan imunitas tubuh. 

Memilih Obat Flu untuk Ibu Menyusui yang Aman

Setelah bertanya pada dokter, tentu ibu jadi tahu jenis obat flu untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi, dan menghindari membeli obat flu yang dijual bebas di pasaran. Obat ini aman dikonsumsi, tetapi hanya jika ibu sedang tidak berada dalam kondisi hamil maupun sedang menyusui. Sekecil apa pun dosis yang ibu konsumsi, jika tidak didahului saran dari dokter, dampaknya tetap signifikan bagi ibu dan sang buah hati. 

Baca juga: Batuk saat Menyusui? Atasi dengan 6 Obat Alami Ini

Selain obat medis, konsumsi obat herbal untuk mengatasi flu pun tidak dianjurkan. Bukan tanpa alasan, obat herbal belum terbukti keamanannya dan masih perlu dilakukan pengujian lebih lanjut terhadap penggunaannya pada ibu hamil dan ibu menyusui. Lalu, ibu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat yang bisa menyembuhkan lebih dari satu penyakit, seperti flu dan sakit kepala maupun obat yang bekerja secara bertahap karena obat-obat ini akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh. 

Agar membantu jalan pernapasan menjadi lebih lega, ibu bisa menggunakan uap yang dicampurkan dengan balsem atau menggosokkan balsem secukupnya. Namun, hindari mengoleskannya pada bagian tubuh yang memungkinkan bersentuhan langsung dengan bayi, seperti payudara karena balsem rentan termakan oleh sang buah hati. Jangan lupa, selalu ikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi obat agar tidak memberikan dampak serius pada bayi. 

Baca juga: 6 Obat Flu Alami untuk Ibu yang Menyusui



Referensi: 
Parents. Diakses pada 2020. Breastfeeding when Sick.
Babycenter. Diakses pada 2020. Breastfeeding and the Flu.
Everyday Health. Diakses pada 2020. Cold Medicine and Breastfeeding: Is It Safe?