• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Perlu Tahu, Ini 6 Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Ibu Perlu Tahu, Ini 6 Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ibu Perlu Tahu, Ini 6 Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Kelahiran prematur bisa menyebabkan berbagai dampak  bagi kesehatan ibu dan bayi setelah lahir. Untuk itu penting mencegah kelahiran prematur melalui beberapa cara. Misalnya dengan melakukan kontrol kandungan secara rutin, mengonsumsi makanan sehat bergizi, hingga mengelola penyakit yang diidap.”

Halodoc, Jakarta – Kelahiran prematur terjadi ketika kontraksi teratur mengakibatkan pembukaan serviks setelah minggu ke-20 atau sebelum minggu ke-37 kehamilan. Perlu diwaspadai, semakin dini kelahiran prematur terjadi, semakin besar risiko kesehatan pada bayi. 

Kebanyakan bayi yang lahir prematur membutuhkan perawatan khusus di unit perawatan intensif neonatal. Bayi lahir prematur juga berisiko memiliki cacat mental dan fisik jangka panjang.

Kelahiran prematur bisa disebabkan faktor risiko tertentu, tapi juga dapat terjadi pada ibu hamil tanpa faktor risiko yang diketahui. Oleh sebab itu, penting bagi ibu hamil melakukan pencegahan kelahiran prematur. Lantas, pencegahan seperti apa yang bisa diupayakan?

Cara Mencegah Kelahiran Prematur

Beberapa ibu hamil berisiko melahirkan prematur. Terutama wanita yang memiliki serviks pendek atau lemah, atau yang pernah melahirkan bayi prematur sebelumnya. Terkadang kelahiran prematur bisa terjadi dengan sendirinya tanpa adanya peringatan gejala. Bahkan jika ibu melakukan segalanya dengan benar selama kehamilan, ibu tetap mungkin saja melahirkan bayi prematur. 

Nah, ada beberapa cara yang bisa diupayakan untuk mencegah kelahiran prematur, di antaranya:

  1. Lakukan Perawatan Prenatal Secara Teratur

Lakukan kunjungan pemeriksaan kandungan rutin. Dengan begitu dokter kandungan dapat membantu kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Sebutkan pada dokter kandungan jika ada tanda atau gejala yang mengkhawatirkan. 

Jika ibu pernah memiliki riwayat kelahiran prematur atau mengalami tanda dan gejala persalinan prematur, sebaiknya kunjungi dokter kandungan lebih sering selama kehamilan. 

  1. Konsumsi Makanan yang Sehat

Kehamilan yang sehat umumnya berkaitan dengan nutrisi yang baik. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi asam lemak tak jenuh ganda akan menekan risiko kelahiran prematur. Asam lemak tak jenuh ganda ditemukan dalam makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan minyak biji-bijian. 

  1. Hindari Asap Rokok

Sebaiknya ibu hamil perlu berhenti atau menghindari rokok untuk mencegah kelahiran prematur. 

  1. Pertimbangkan Jarak  Kehamilan

Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara jarak kehamilan kurang dari enam bulan, atau lebih dari 59 bulan, dan peningkatan risiko kelahiran prematur. Pertimbangkan untuk berbicara pada dokter kandungan tentang jarak kehamilan yang aman dan sehat. 

  1. Berhati-hatilah saat Menggunakan Assisted Reproductive Technology (ART)

Jika kamu dan pasangan berencana menggunakan ART untuk bisa hamil, pertimbangkan beberapa banyak embrio yang akan ditanamkan. Kehamilan ganda atau kembar juga bisa berisiko memicu kelahiran prematur yang lebih tinggi. 

  1. Kelola Kondisi Kronis

Kondisi tertentu seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas, meningkatkan risiko kelahiran prematur. Sebaiknya dapatkan penanganan medis untuk menjaga kondisi kronis di bawah kontrol dokter. 

Jika dokter menemukan ibu berada pada risiko kelahiran prematur yang tinggi, ia mungkin akan merekomendasikan langkah-langkah tambahan untuk mencegahnya. 

Perlu diwaspadai, kelahiran prematur bisa menimbulkan komplikasi. Hal tersebut dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan pada bayi. Contohnya saja berat badan lahir rendah, kesulitan bernapas, organ tubuh yang kurang berkembang, dan masalah penglihatan. Selain itu, anak-anak yang lahir prematur juga memiliki risiko lebih tinggi terkena cerebral palsy, ketidakmampuan belajar, dan masalah perilaku. 

Itulah yang perlu diketahui mengenai cara mencegah kelahiran prematur. Penting untuk mengupayakan langkah pencegahan kelahiran prematur demi kesehatan ibu dan bayi setelah lahir. 

Jika ibu mengalami gejala yang mengkhawatirkan terkait kehamilan segera hubungi dokter kandungan di aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
KidsHealth. Diakses pada 2021. Treatments to Prevent Premature Birth
WebMD. Diakses pada 2021. Premature Labor
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Preterm labor