• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Tak Perlu Cemas, Ini Cara Atasi Bayi Rewel di Malam Hari
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Tak Perlu Cemas, Ini Cara Atasi Bayi Rewel di Malam Hari

Ibu Tak Perlu Cemas, Ini Cara Atasi Bayi Rewel di Malam Hari

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 November 2022

“Kebanyakan bayi rewel di malam hari bukan disebabkan oleh sesuatu yang serius. Jadi, tidak perlu cemas, ada berbagai cara yang bisa ibu coba lakukan untuk menenangkan bayi.”

Ibu Tak Perlu Cemas, Ini Cara Atasi Bayi Rewel di Malam HariIbu Tak Perlu Cemas, Ini Cara Atasi Bayi Rewel di Malam Hari

Halodoc, Jakarta – Bagi ibu yang baru memiliki anak, ibu mungkin pernah mendengar nasihat “siap-siap ya untuk bergadang”. Hal itu karena biasanya bayi akan rewel di malam hari, tapi cenderung tenang dan tidur di siang hari. 

Jam tidur bayi yang terbalik dengan orang dewasa ini disebut juga “witching hour”. Jadi, bila bayi ibu rewel di malam hari, tidak perlu cemas, karena itu adalah hal yang umum pada bayi. Meski begitu, ibu perlu mencari tahu mengapa Si Kecil menangis agar ibu bisa menemukan cara yang tepat untuk menenangkannya. 

Kemungkinan Penyebab Bayi Rewel di Malam Hari

Pada kebanyakan kasus, bayi rewel di malam hari bukan disebabkan oleh sesuatu yang serius. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

  • Pertumbuhan memicu rasa lapar

Saat bayi sedang dalam fase pertumbuhan yang intens (pertumbuhan bayi yang cepat umum terjadi sekitar 2 hingga 3 minggu, 6 minggu, dan 3 bulan), ia mungkin jadi mudah lapar dan ingin sering makan.

  • Perut kembung

Di sisi lain, tidak selalu bayi rewel di malam hari karena lapar. Hal itu bisa saja karena ia merasa kembung dan tidak bisa mengeluarkan gas dari sistem pencernaannya yang kecil. Akibatnya, Si Kecil merasa sangat tidak nyaman.

  • Pengeluaran susu yang lambat

Tahukah ibu bahwa produksi susu ibu berubah di malam hari dan mungkin ibu mengeluarkan aliran susu yang lebih lambat. Nah, perubahan volume susu mungkin membuat bayi rewel di malam hari.

  • Kelelahan

Ada kesalahpahaman umum bahwa membuat bayi terjaga lebih lama di siang hari akan membuat mereka tidur lebih lama di malam hari. Nyatanya bila Si Kecil terlalu lama terjaga tanpa tidur siang yang nyenyak, ia akan kelelahan. Bayi yang kelelahan justru akan sulit untuk tenang.

  • Terlalu terstimulasi

Sistem saraf bayi yang belum berkembang lebih sensitif terhadap cahaya terang, suara, dan perubahan di lingkungan mereka. Misalnya, ibu mungkin menyalakan TV yang bercahaya di ruangan yang gelap, atau mungkin volumenya saja, bisa membuat bayi menangis.

  • Kolik

Namun, bila bayi rewel di malam hari dan tidak bisa ditenangkan selama tiga jam atau lebih dan hal itu berlangsung selama tiga hari seminggu selama tiga minggu lebih, ibu perlu membawanya menemui dokter. 

Tips Mengatasinya

Menenangkan bayi yang rewel di malam hari memang gampang gampang susah. Cara yang berhasil hari ini mungkin saja menjadi tidak efektif pada besok hari. Karena itu, berikut adalah berbagai cara yang bisa ibu coba untuk mengatasinya:

1. Gendong bayi

Menggendong bayi merupakan cara yang paling umum digunakan dan seringkali ampuh untuk mengatasi bayi rewel di malam hari. Dengan menggendong dan  menempatkan bayi dekat dengan detak jantung ibu, ibu bisa memberikan kehangatan dan kenyamanan pada Si Kecil yang membuatnya merasa tenang.

2. Gendong bayi sambil berjalan

Tidak hanya perubahan lingkungan dan suasana baik untuk bayi, tapi ritme langkah ibu saat berjalan sering kali ampuh untuk mengatasi bayi rewel di malam hari.

3. Kurangi stimulasi

Cobalah untuk mengurangi stimulasi, seperti matikan lampu, kurangi kebisingan dan bedong bayi agar sistem sarafnya lebih mudah tenang.

4. Pijat bayi

Sentuhan tangan ibu terkadang bisa menjadi cara yang sederhana tapi ampuh untuk menenangkan dan menjalin ikatan dengan bayi. Meskipun penggunaan minyak juga bisa menambah efek menenangkan, memijat punggung Si Kecil dengan lembut saja sudah bisa membuatnya merasa rileks dan nyaman.

5. Tenangkan dengan suara

Entah itu mengeluarkan suara “ssst”, bersiul atau bernyanyi, semuanya bisa menjadi cara efektif untuk mengatasi bayi rewel di malam hari. Jangan takut untuk bereksperimen mengeluarkan berbagai jenis suara, karena ibu tidak pernah tahu suara seperti apa yang disukai Si Kecil.

6. Variasikan posisi menyusui

Jika Si Kecil lapar dan terus ingin menyusu, cobalah variasikan posisi menyusui. Bahkan perubahan sederhana pada posisi menyusui bisa memengaruhi aliran ASI dan kenyamanan bayi ibu.

7. Sendawakan bayi

Bila penyebab bayi rewel di malam hari karena perut kembung, cobalah untuk menggendongnya dengan posisi tegak lalu usap atau tepuk-tepuk punggung Si Kecil dengan lembut untuk menyendawakannya.

Itulah beberapa cara mengatasi bayi rewel di malam hari. Bila Si Kecil sakit, ibu bisa cek obat dan vitamin yang ibu butuhkan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play untuk mendapatkan solusi kesehatan terlengkap dengan mudah.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Why Is My Baby Fussy at Night?.
Pampers. Diakses pada 2022. Fussy Baby at Night: Why It Happens and How to Calm Your Baby