• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Idap Asam Urat, Patuhi 3 Pantangan Ini

Idap Asam Urat, Patuhi 3 Pantangan Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
undefined

Halodoc, Jakarta - Sebaiknya jangan sepelekan masalah kesehatan nyeri pada bagian sendi yang disertai dengan kondisi pembengkakan yang terjadi pada area sendi yang mengalami nyeri. Kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu mengalami kondisi asam urat.

Penyakit asam urat, yang dikenal juga dengan gout adalah gangguan kesehatan yang menyerang bagian sendi tubuh akibat tingginya kadar asam urat dalam darah. Normalnya, asam urat larut dalam darah dan ikut terbuang melalui urine. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang alami kelebihan asam urat dan terganggunya proses pembuangan melalui urine.

Baca juga: Pentingnya Mengetahui Kadar Asam Urat

Faktor yang Meningkatkan Asam Urat

Penyakit asam urat umum dialami oleh pria yang memiliki usia 30 hingga 50 tahun. Selain itu, ada beberapa faktor yang membuat seseorang rentan alami asam urat, seperti riwayat keluarga yang mengalami asam urat dan mengonsumsi makanan yang mengandung purin secara berlebihan, seperti makanan laut, daging, dan jeroan.

Selain itu, gaya hidup seperti mengonsumsi alkohol dan makanan yang mengandung gula cukup tinggi juga menjadi faktor lainnya yang meningkatkan risiko asam urat. Tidak ada salahnya ubah kebiasaan gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat agar terhindar dari penyakit asam urat. Nah, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai gaya hidup yang dapat menghindari kamu dari penyakit asam urat.

Ketahui Penyebab Asam Urat

Purin adalah salah satu kimia senyawa yang dapat ditemukan dalam sejumlah makanan. Di dalam tubuh, purin dipecah menjadi asam urat. Kondisi ini membuat seseorang yang terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung purin berisiko tinggi untuk mengalami asam urat.

Ketika mencerna purin, tubuh menghasilkan asam urat sebagai limbah. Normalnya, asam urat akan dikeluarkan melalui urine maupun feses. Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin dapat meningkatkan produksi asam urat. Asam urat yang tidak dikeluarkan dalam tubuh akan menumpuk dan membentuk kristal tajam pada persendian. Ini yang menyebabkan munculnya nyeri, pembengkakan atau peradangan pada sendi.

Baca juga: Cegah Asam Urat Kambuh, Konsumsi 4 Makanan Ini

Lakukan Pantangan bagi Pengidap Asam Urat

Ada beberapa pantangan yang sebaiknya dilakukan oleh pengidap asam urat agar kondisi penyakit tidak semakin memburuk. Berikut ini pantangan yang sebaiknya dilakukan, yaitu:

1. Hindari Konsumsi Alkohol dan Minuman Mengandung Gula Tinggi

Untuk meredakan gejala asam urat, tidak ada salahnya untuk menghindari konsumsi alkohol dan minuman yang mengandung gula tinggi. Dilansir dari National Health Service UK, sebaiknya perbanyak konsumsi air putih secara rutin tiap harinya. Selain itu, mengonsumsi air putih yang cukup dapat menghindari kamu dari dehidrasi.

2. Hindari Merokok

Menghentikan kebiasaan merokok dapat menghindari kamu dari kondisi asam urat yang semakin parah.

3. Hindari Konsumsi Daging, Jeroan, dan Makanan Laut

Bagi pengidap asam urat, hindari mengonsumsi daging, jeroan, serta makanan laut. Beberapa jenis makanan tersebut mengandung purin yang cukup tinggi dan membuat penyakit asam urat yang dimiliki dapat kembali kambuh.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Asam Urat di Usia Muda

Itulah pantangan yang perlu dilakukan pengidap asam urat. Menjaga asupan pola makan nyatanya membantu untuk mengurangi gejala asam urat yang kamu alami.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Gout
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Gout
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Gout