Idap Flu Babi, Bisakah Diobati di Rumah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Idap Flu Babi, Bisakah Diobati di Rumah?

Halodoc, Jakarta - Flu babi adalah infeksi pernapasan pada manusia yang terjadi karena virus influenza pada babi. Tiap tahunnya, penyakit ini dapat menyebabkan jutaan nyawa di seluruh dunia hilang. Flu babi adalah penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko kematian pada pengidapnya. Gejala-gejala dari penyakit ini adalah:

  • Demam.
  • Pusing.
  • Batuk.
  • Badan terasa sakit.
  • Kesulitan bernapas.
  • Sakit tenggorokan.

Walaupun gejalanya sangat mirip dengan flu biasa, flu babi adalah infeksi yang jauh lebih sulit untuk diobati. Selain itu, meski banyak pengobatan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit ini, hal yang terburuk adalah kebanyakan orang menjadi kebal terhadap obat-obatan kuat yang berguna untuk mengatasi flu babi. Ketika hal tersebut terjadi, maka pengobatan rumahan dapat dilakukan.

Baca Juga: 9 Hal yang Perlu Diketahui tentang Flu Babi

Penyebab Flu Babi

Penyakit flu babi menyebar di antara babi melalui kontak langsung dan tidak langsung, melalui udara, dan dari babi yang terinfeksi. Kondisi ini tidak menunjukkan gejala. Gejala pada babi yang mengidap penyakit tersebut adalah demam, depresi, kesulitan bernapas, batuk terus-menerus, bersin, mata merah, peradangan, serta tidak makan apapun.

Mayoritas infeksi babi ke manusia telah terjadi karena virus babi H3N2v yang ditransmisikan langsung dari babi ke manusia. Sebagian besar orang yang terinfeksi dilaporkan terkait dengan peternakan babi. Flu babi menyebar dari orang yang mengidap penyakit tersebut ke orang lain, baik dengan menghirup virus ketika orang yang terinfeksi bersin atau batuk, menyentuh permukaan yang terkontaminasi dengan virus, kemudian menyentuh mulut atau hidung.

Baca Juga: Bahaya Flu Babi Memperparah Penyakit Kronis

Mengobati Flu Babi

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati flu babi. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

  1. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bahan makanan yang berguna untuk sejumlah kondisi kesehatan. Bahan ini juga efektif dalam mengobati flu babi. Kandungan allicin dalam bawang putih dapat merangsang zat antioksidan dalam tubuh. Allicin dapat mencari mikroba asing yang menyebabkan flu babi dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menelan 2 polong bawang putih dengan air hangat setiap hari ketika perut kosong.

  1. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Flu babi yang terjadi dapat menyebabkan seseorang mengalami muntah, diare, sering buang air kecil, hingga berkeringat berlebih. Maka dari itu, tubuh akan kehilangan banyak air, sehingga mengalami dehidrasi. Maka dari itu, seseorang yang mengidap flu babi harus banyak meminum air dan menjaga tubuhnya tetap terhidrasi, sehingga dapat mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh.

  1. Mengonsumsi Ginseng

Ginseng dan ekstraknya adalah salah satu yang dapat digunakan untuk mengobati flu babi. Bahan makanan ini disebutkan sangat efektif untuk mengobati flu babi. Ramuan dari ginseng dapat berdampak positif yang dapat mengatasi sumber virus dari penyakit tersebut. Para ahli medis merekomendasikan untuk pengidap flu babi agar meminum teh ginseng setiap hari.

  1. Mengonsumsi Kunyit

Salah satu cara untuk mengobati flu babi adalah dengan mengonsumsi kunyit dicampur dengan susu. Kandungan dari kunyit sangat berguna untuk mengatasi inflamasi yang terjadi di dalam tubuh. Kunyit merupakan antioksidan alami dan selama ini digunakan untuk mengatasi pilek, flu, infeksi, hingga luka fisik. Kamu hanya harus mencampur kunyit yang sudah diolah dengan segelas susu lalu minum setiap malam.

Baca Juga: Selain Vaksin, Ini 3 Cara Mencegah Flu Babi

Itulah beberapa cara untuk mengobati flu babi. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal penyakit tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!