Idap TBC, Penuhi 5 Nutrisi Ini Saat Sahur dan Berbuka

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
nutrisi saat puasa, TBC, pengidap TBC boleh puasa, nutrisi untuk pengidap TBC

Halodoc, Jakarta - Kunci pengobatan pada pengidap TBC adalah patuh mengonsumsi obat yang diberikan selama enam bulan lamanya. Nah, selain obat yang dikonsumsi, nutrisi apa yang dibutuhkan para pengidap TBC saat sahur dan berbuka?

Baca juga: Berbuka dan Sahur dengan Susu, Bolehkah?

Ini Nutrisi yang Perlu Dipenuhi Para Pengidap TBC saat Sahur dan Berbuka

Pengidap TBC memang memerlukan perhatian khusus dalam menempuh pengobatan. Karena jika pengobatan terputus, TBC tidak akan bisa sembuh selamanya. Selain itu, TBC bisa saja meningkat statusnya menjadi TBC resisten obat atau TBC RO. Kalau hal ini sudah terjadi, waktu penyembuhan bakteri akan menjadi lebih panjang dan memiliki efek samping yang lebih beragam.

Bagi pengidap yang ingin tetap menjalankan ibadah puasa, minum obat dan mampu berpuasa merupakan kunci utama. Karena beberapa pengidap TBC bisa saja mengalami efek samping dari berpuasa, seperti muntah-muntah. Selain konsumsi obat dengan teratur, beberapa nutrisi penting yang wajib dipenuhi oleh pengidap TBC saat sahur dan berbuka, yaitu:

  1. Konsumsi sayuran hijau, seperti kangkung dan bayam. Sayuran hijau ini mengandung zat besi dan vitamin B yang sangat baik untuk menunjang kesehatan para pengidap TBC.
  2. Konsumsi biji-bijian utuh, seperti pasta gandum, roti, dan sereal. Selain tinggi serat, kandungan potasium dalam biji-bijian utuh juga membantu mengendalikan tekanan darah.
  3. Konsumsi sayuran berwarna cerah yang kaya antioksidan, seperti wortel, paprika, labu, dan tomat. Sayuran berwarna cerah ini mempunyai sumber nutrisi yang sangat baik yang disebut lycopen. Lycopen sendiri dapat membantu melindungi tubuh dari resiko kanker paru-paru, kanker payudara, kanker kulit, kanker usus besar, dan kanker kerongkongan.
  4. Ganti sumber lemak dengan yang lebih sehat. Misalnya, mengganti minyak goreng atau mentega dengan minyak zaitun.
  5. Konsumsi sumber protein yang baik, seperti daging unggas, kacang-kacangan, tahu, dan ikan.

TBC merupakan penyakit berbahaya yang harus ditangani dengan benar, agar tingkat kesembuhannya meningkat. Nah, jika kamu mengalami penyakit tersebut, pastikan untuk tidak lupa menerapkan pola makan di atas dan konsumsi obat yang diberikan oleh dokter dengan teratur.

Baca juga: 5 Nutrisi yang Paling Dibutuhkan Tubuh Saat Puasa

Ini Kebiasaan yang Harus Dihindari para Pengidap TBC

Bagi pengidap penyakit ini, sebaiknya jalani pola hidup sehat guna mengurangi risiko TBC semakin parah. Pola hidup sehat bisa kamu terapkan dengan mengonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga dengan teratur, istirahat yang cukup bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan TBC.

Selain itu, jangan lupa untuk menghindari kebiasaan yang dapat membuat TBC semakin parah. Sebaiknya saat sahur dan berbuka, batasi konsumsi minuman yang mengandung soda maupun kafein, seperti kopi atau teh. Lebih baik, perbanyak konsumsi air putih agar kesehatan tubuh kamu terjaga. Konsumsi air putih tidak hanya membuat kamu terhindar dari penyakit TBC, kamu juga akan terhindar dari dehidrasi dan penyakit lainnya.

Baca juga: Tips Memenuhi Nutrisi Saat Berpuasa bagi Ibu Hamil

Selain makanan dan minuman yang kamu konsumsi, jangan lupa untuk tidur dengan cukup untuk menjaga tubuh kamu agar tetap fit, ya! Jika kamu mempunyai masalah kesehatan saat menjalani ibadah puasa, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!