24 July 2017

Ikuti Gerakan Freeletics Ini untuk Mengecilkan Perut

Ikuti Gerakan Freeletics Ini untuk Mengecilkan Perut

Halodoc, Jakarta - Freeletics dibentuk oleh tiga sekawan asal Jerman, yakni Andrei Matijczak, Joshua Cornelius, dan Mehmet Yilmaz, pada 2013. Freeletics adalah program kebugaran yang sedang tren saat ini. Hampir semua orang, dari kelompok umur berapa pun, bisa melakukannya sesuai dengan porsi hitungan masing-masing. Tak ada alat bantu yang digunakan, seperti dumble, karena program ini hanya mengandalkan berat tubuh.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk melakukan olahraga freeletics dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ini dia tips mengecilkan perut dengan gerakan freeletics yang bisa kamu lakukan:

1.  Pemanasan
Pertama, setiap mau memulai olahraga yang harus selalu kita lakukan adalah pemanasan terlebih dahulu selama satu atau dua menit. Setelah itu, kita bisa memulai beberapa gerakan ini. Buat yang baru pertama kali mencoba olahraga ini, bisa mulai di hari pertama dengan 5 hitungan tiap gerakan. Di latihan berikutnya tingkatkan dengan tambahan 5 hitungan. Tidak perlu memaksakan diri kalau kamu belum mampu melakukan gerakan dengan banyak hitungan.

2.  Burpees
Burpees adalah gerakan yang paling pas untuk membakar kalori. Gerakan ini tidak hanya mengencangkan otot perut tapi juga dada, trisep dan paha. Gerakan ini sangat membantu untuk membuat otot kamu terlihat lebih kencang.

Berdiri dengan mengangkat kedua tangan dan melakukan lompatan kecil. Setelah itu, mendaratlah dengan badan telungkup, kedua tangan dan kedua kaki menahan beban tubuh. Lalu, lompatkan kaki hingga mendekati tangan, jongkok, dan kembali berdiri ke langkah awal.

3.  Squats
Dalam olahraga freeletics, tidak bisa kalau kamu cuma ingin fokus pada satu bagian tubuh. Karena, kalau  membakar kalori di bagian tubuh tertentu, kamu juga harus membakar kalori di bagian tubuh lain agar tubuh tetap sehat dan terjaga bentuk proposionalnya. Kamu butuh melakukan gerakan squats yang berfokus memperkuat otot paha dan betis.

Berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu kita. Lalu, jongkok hingga dada menghadap lutut. Tahan selama beberapa saat lalu kembali berdiri tegak.

4.  Sit Up
Sit up adalah gerakan yang bisa membuat lingkar perut lebih rata dan mengecilkan perut. Gerakan ini fokus pada otot perut jika dibandingkan gerakan lain.

Duduk dengan kedua telapak kaki bertemu dan kaki kita membentuk seperti ketupat. Majukan tubuh ke depan terlebih dulu sebelum mulai sit up dan ayunkan ke belakang hingga kita tiduran. Bangun dan ayunkan tubuh ke depan hingga kedua tangan menyentuh kaki.

5.  Vertical Leg Crunch
Setelah itu, kamu bisa melakukan gerakan mengecilkan perut yang agak lebih santai karena sambil tiduran tapi sebenarnya tetap menantang. Terlihat simpel tapi sebenarnya cukup sulit. Gerakan mengecilkan perut ini juga berguna untuk mengencangkan otot perut. Gerakan vertical leg crunch untuk melatih otot perut.
Tidur telentang dengan tubuh lurus. Perlahan, angkat kaki hingga membentuk garis vertikal. Lalu, turunkan.

6.  Pendinginan
Setelah melakukan gerakan freeletics, jangan lupa buat melakukan pendinginan agar tubuh tidak tegang dan kembali rileks.


Jika kamu ingin lebih mengeksplor lebih banyak tentang freeletics dan gerakannya, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi kesehatan Halodoc dengan dokter umum dan berbagai spesialis. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya untuk mengetahui manfaat dari freeletics untuk mengecilkan perut bersama dokter spesialis terbaik dengan berbagai metode komunikasi chat, video call atau voice call. Segera download aplikasi Halodoc pada Google Play atau Play Store untuk menggunakannya.