26 June 2017

Ikuti Ini! 3 Gerakan Yoga untuk Atasi Diabetes

Ikuti Ini! 3 Gerakan Yoga untuk Atasi Diabetes

Halodoc, Jakarta - Saat ini banyak masyarakat yang sadar akan gaya hidup sehat, agar menjaga kondisi tubuh tetap prima. Salah satu cara gaya hidup sehat adalah dengan melakukan olahraga secara rutin, serta menjaga asupan gizi. Tak heran saat ini telah banyak sekali pusat kebugaran, menawarkan paket akan olahraga pilates, zumba, ataupun yoga.

Nah! Bila kita cermati banyak sekali pusat kebugaran yang menawarkan akan olahraga yoga, yang memberikan banyak manfaat. Yoga sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang memusatkan pada keseimbangan dan meningkatkan daya konsentrasi. Tak heran, olahraga yang berasal dari India ini semakin banyak saja peminatnya. Apalagi sejak manfaat-manfaat yoga juga telah diketaui sangat baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan yoga adalah diabetes. Cara mengatasi diabetes dapat dilakukan dengan mengaplikasikan gerakan yoga dalam keseharianmu. Beberapa gerakan yang ada pada yoga dapat membantu mengembalikan kadar gula darah yang tinggi ke kadar yang normal. Itulah mengapa tidak sedikit dari pengidapnya memilih untuk mengatasi diabetes dengan yoga.

Seperti apa gerakan-gerakan yang dimaksud? Berikut ini 3 gerakan dalam mengatasi diabetes dengan yoga yang bisa dengan mudah kamu ikuti:

1.  Gerakan Sarvangasana (Supported Shoulder Stand)
Cara mengatasi diabetes dengan yoga yang pertama adalah dengan melakukan gerakan sarvangasana di mana gerakan ini menyerupai sikap lilin. Untuk melakukan gerakan ini, hal yang pertama kamu lakukan adalah dengan mengawalinya dengan cara tidur telentang dengan tangan dan kaki berada pada posisi lurus dengan tubuh.

Lalu perlahan-lahan angkat kaki kamu hingga tegak lurus dengan punggung. Setelah itu, bagian punggung mulai diangkat hingga lurus dengan sumbu kepala dan kaki. Untuk membantu menopang tubuh, kedua tangan kamu dapat diletakkan di bagian pinggang. Posisi ini dapat kamu pertahankan beberapa lama, usai itu turunkan kaki kamu sambil menghembuskan napas perlahan melalui hidung.

2.  Gerakan Balasana (Child Pose)
Selanjutnya, lakukan pose balasana atau dalam bahasa Inggris disebut child pose. Bisa dibilang gerakan ini cukup mudah dipraktekkan. Kenapa? Sebab, kamu hanya akan duduk bersimpuh dalam sikap yang tenang. Setelah itu, posisikan kepala dan tangan lurus ke depan. Lalu tahan posisi ini untuk beberapa lama. Kemudian perlahan-lahan lengan mulai ditarik ke belakang, dan posisi kepala tetap lurus ke depan. Fungsi dari gerakan ini adalah untuk merelaksasi tubuh setelah melakukan gerakan sarvangasana.

3.  Paschimottanasana (Seated Forward Bend)
Gerakan yang terakhir adalah dengan melakukan gerakan paschimottanasana, gerakan ini dapat dikatakan adalah gerakan mencium lutut yang sering dilakukan pada saat senam lantai. Untuk dapat melakukan gerakan ini caranya cukup mudah, yaitu dengan cara duduk dengan lari lurus ke depan dan tangan lurus ke atas.

Selanjutnya, tangan mulai perlahan diturunkan hingga sejajar dengan kaki dan dahi kita dapat menyentuh lutut kaki. Sebaiknya usahakan untuk mempertahankan posisi ini selama mungkin agar aliran darah dapat bekerja secara lancar.

Demikianlah 3 gerakan sederhana dalam mengatasi diabetes dengan yoga. Untuk dapat mengendalikan penyakit diabetes tentunya, kamu harus berkomitmen tinggi untuk berlatih yoga secara rutin, selain juga disiplin menjaga pola makan sehari-hari dan obat-obatan yang diberikan dokter. Dalam melakukan olahraga yoga, kamu juga wajib melakukan pemanasan terlebih dahulu, guna mencegah terjadinya cidera saat melakukan 3 gerakan tersebut.


Apabila kamu memiliki pertanyaan lain seputar cara mengatasi diabetes yang aman, tak perlu bingung! Tanyakan langsung dengan dokter spesialis yang telah stand by 24/7 melalui aplikasi Halodoc saja. Halodoc hadir untuk memudahkan segala keperluan medismu dengan layanan Contact Doctor dan memungkinkan kamu untuk beli obat melalui smartphone dengan layanan Pharmacy Delivery. Cepat, aman, dan nyaman! Segera download aplikasi Halodoc sekarang juga.

BACA JUGA: Dapatkan 5 Manfaat Ini dari Yoga