• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Infeksi Kelopak Mata Bisa Sebabkan Trichiasis

Infeksi Kelopak Mata Bisa Sebabkan Trichiasis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu pernah mengalami gejala seperti sakit mata, pembengkakan mata, mata jadi sensitif terhadap cahaya, atau bahkan keluarnya cairan berupa lendir dari mata? Sebaiknya kamu tidak menyepelekan kondisi ini, pasalnya infeksi mata ini disebut dengan trakhoma dan bisa menyebabkan bulu mata tumbuh ke dalam atau trichiasis

Trakhoma adalah infeksi pada mata dan kelopak mata yang terjadi akibat Chlamydia trachomatis. Bakteri ini bisa menyebabkan mata mengalami peradangan pada folikel bulu mata sehingga menimbulkan trichiasis. Jika kondisi ini dibiarkan maka kornea mata bisa mengalami gesekan, bahkan bisa menyebabkan kebutaan. 

Baca juga: 5 Penyebab Seseorang Bisa Terkena Trichiasis

Langkah Pengobatan Trichiasis

Bulu mata yang tumbuh ke dalam bisa dihilangkan dengan cara menghilangkan bulu mata atau mengarahkan pertumbuhan bulu mata baru. Ia bisa saja diatasi dengan mencabut bulu mata. Jika bulu mata kembali tumbuh ke arah yang salah, pembedahan perlu dilakukan. Cara ini untuk menghilangkannya bulu mata secara permanen. 

Ada beberapa teknik operasi yang dilakukan untuk trichiasis pada hampir seluruh bulu mata, yaitu:

  • Operasi ablasi bulu mata dengan menggunakan frekuensi radio atau laser untuk menghilangkan bulu mata dan folikel rambut yang tumbuh tidak normal.
  • Elektrolisis. Prosedur operasi ini menggunakan listrik untuk menghilangkan bulu mata secara permanen. Meskipun efektif, elektrolisis memakan waktu dan menyebabkan nyeri pada mata.
  • Cryosurgery. Prosedur Ini menghilangkan bulu mata dan folikel dengan cara membekukannya.
  • Operasi reposisi. Jika trichiasis disebabkan karena kelainan bawaan, seperti epiblepharon, dokter mata mungkin merekomendasikan operasi untuk memposisikan ulang bulu mata. 

Sementara itu, jika infeksi pada kelopak mata sudah menyebabkan gangguan penglihatan yang parah, maka transplantasi kornea perlu dilakukan. Prosedur ini juga dilakukan untuk mengatasi jaringan parut pada kornea mata. Namun transplantasi kornea mata akibat trakhoma pada banyak kasus tidak mampu memperbaiki penglihatan atau tidak memiliki hasil yang cukup baik. 

Baca juga: Mengapa Trakhoma Lebih Sering Menyerang Wanita?

Mencegah Trichiasis dan Trakhoma Bersamaan

Trichiasis adalah bagian dari infeksi mata trakhoma, sehingga keduanya memiliki langkah pencegahan yang sama atau beriringan. Ingat, infeksi trakhoma sangat menular dan terjadi berulang kali hingga tindakan pengobatan biasanya dilakukan dalam skala yang lebih besar dan luas. 

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan kepada suatu daerah dengan kasus trakhoma anak yang mencapai di atas 10 persen dari keseluruhan populasi untuk mendapatkan pengobatan trakhoma bagi seluruh anggota populasi tersebut.

Sementara itu, langkah pencegahan trakhoma dan trichiasis yang bisa dilakukan antara lain:

  • Menjaga Kebersihan Diri. Biasakan cuci muka dan tangan sebelum menyentuh wajah guna menyingkirkan bakteri dari mata dan tangan untuk mengurangi risiko penularan infeksi. 
  • Jaga Kebersihan Lingkungan. Mengurangi populasi lalat juga turut mengurangi risiko penyebaran penyakit. Mengelola pembuangan sampah atau kotoran manusia maupun hewan adalah salah satu cara mengurangi perkembangbiakan lalat penyebab infeksi mata. Kamu juga perlu menjaga sumber air bersih untuk membantu menjaga kebersihan lingkungan.

WHO juga memiliki strategi yang telah dikembangkan sebagai bagian dari usaha pencegahan trakhoma melalui metode SAFE, yaitu:

  • Pembedahan sebagai upaya mengobati trakhoma pada tahap lanjut (surgery),
  • Pemberian antibiotik untuk mengobati dan mencegah infeksi (antibiotic),
  • Menjaga kebersihan wajah (facial cleanliness),
  • Peningkatan kelayakan sanitasi, air dan pengendalian lalat di lingkungan tempat tinggal (environmental improvements).

Baca juga: Haruskah Trichiasis Ditangani dengan Tindakan Operatif?

Sementara itu jika kamu mengalami infeksi mata yang masih ringan, kamu bisa mendiskusikan dengan dokter di Halodoc untuk mendapatkan penanganan awal. Jika kondisi tidak membaik, kamu bisa segera buat janji dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Halodoc menyediakan layanan untuk buat janji dengan dokter yang akan mempermudah proses pendaftaran di rumah sakit. Tunggu apa lagi? Segera download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
American Academy of Ophthalmology. Diakses pada 2020. Trichiasis Symptoms and Treatment.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Trachoma.
WebMD. Diakses pada 2020. Protecting Your Child's Eyes and Vision.
World Health Organization. Diakses pada 2020. Trachoma.