• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Informasi Dasar Kehamilan Pertama yang Perlu Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Informasi Dasar Kehamilan Pertama yang Perlu Diketahui

Informasi Dasar Kehamilan Pertama yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Mei 2022

“Ada beberapa informasi dasar kehamilan yang perlu diketahui. Salah satu informasi yang paling utama untuk diketahui adalah mengenali tanda kehamilan dengan baik.”

Informasi Dasar Kehamilan Pertama yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Bagi mereka yang sedang mendambakan kehadiran buah hati, kehamilan pertama tentu sangatlah menggembirakan. Namun, hal ini juga tentunya dapat membuat calon orangtua bertanya-tanya sekaligus khawatir. Terutama terkait hal apa saja yang perlu dilakukan agar bayi terlahir dengan sehat.

Jika ibu salah satu orang yang bertanya-tanya, ibu tidak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa informasi dasar kehamilan yang perlu ibu ketahui. Sebagai pedoman menjaga diri dan kandungan selama sembilan bulan ke depan. Selain itu, pastikan juga ibu selalu dalam pengawasan dokter kandungan setelah pertama kali memeriksakan diri. 

Lantas, kira-kira apa saja informasi dasar kehamilan yang perlu ibu ketahui? Yuk, simak ulasannya di sini! 

Informasi Kehamilan Pertama yang Perlu Diketahui

Berikut adalah beberapa informasi dasar kehamilan tersebut, antara lain: 

1.  Kenali Tanda Kehamilan

Umumnya, tanda awal kehamilan yang paling jelas adalah menstruasi yang terlambat. Ketika kamu tidak kunjung mengalami menstruasi pada jadwalnya, kemungkinan besar kamu sedang mengandung janin yang berusia sekitar 2 minggu. 

Terlebih kalau tanda kehamilan ini juga diikuti dengan nyeri pada payudara, mual hingga muntah, sering buang air kecil, dan mudah merasa lelah. Kalau sudah begitu, kamu bisa membuktikan kehamilan tersebut dengan menggunakan test pack atau langsung memeriksakan diri ke dokter.

2. Perubahan yang Terjadi Pada Tubuh

Ada beberapa perubahan fisik yang dapat terjadi pada trimester awal kehamilan. Mulai dari perubahan bentuk payudara, peningkatan intensitas BAK, rasa lelah yang berlebihan, keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu, hingga sembelit. 

Beberapa perubahan tersebut normal terjadi selama awal kehamilan, sehingga ibu tidak perlu khawatir. Namun, jika beberapa perubahan fisik tersebut menghambat aktivitas ibu, sebaiknya mintalah saran medis yang tepat kepada dokter kandungan. 

3.  Rutin Periksa Kandungan

Rutin periksa kandungan juga termasuk ke dalam informasi dasar kehamilan yang patut dilakukan. Kamu disarankan untuk memeriksakan kandunganmu sebulan sekali selama enam bulan pertama kehamilan. Setelah itu, intensitas bertambah menjadi tiap dua minggu sekali pada usia kehamilan tujuh dan delapan bulan dan seminggu sekali saat berusia sembilan bulan. 

Intensitas tersebut berlaku jika kamu menjalani kehamilan dengan normal dan sehat. Rutin menjalani pemeriksaan kehamilan bisa membantu dokter memantau kondisimu dan kandungan, seperti mengetahui jika kehamilanmu bermasalah, sehingga bisa segera ditangani sebelum berdampak negatif atau mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada kandunganmu.

4.  Bersiap Hadapi Morning Sickness

Morning sickness adalah kondisi mual dan muntah yang biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan. Perubahan hormon pada trimester pertama kehamilan ini diduga merupakan salah satu penyebabnya. 

Maka jangan kaget kalau hampir setiap hari kamu akan mengalami mual dan muntah, bahkan saat kamu hanya mencium aroma masakan yang menyengat. Kamu bisa mengatasinya dengan cara sesederhana menghirup minyak kayu putih atau makan permen mint.

5.  Hindari Mengonsumsi Makanan Mentah

Sebagai informasi dasar kehamilan, makanan mentah atau setengah matang menjadi salah satu hal yang wajib kamu hindari selama hamil. Pasalnya masakan mentah bisa saja mengandung bakteri Salmonella dan parasit Toksoplasma yang berakibat negatif baik bagi ibu dan bayi dalam kandungan. 

Bakteri Salmonella misalnya, ia bisa mengakibatkan ibu terkena demam tifoid atau tipes atau keracunan makanan bagi bayi dalam kandungan. Sedangkan parasit Toksoplasma atau infeksi akibat Toksoplasma dapat mengancam pertumbuhan janin seperti cacat bawaan antara lain adanya dampak negatif pada otak atau mata hingga menyebabkan keguguran. 

6.  Mengetahui Usia Kehamilan

Sebenarnya tidak ada cara pasti untuk mengetahui hari pertama tubuhmu sudah mengandung. Namun, dokter kerap memakai hari menstruasimu yang terakhir untuk menentukan usia kehamilanmu. Dengan mengetahui usia kehamilan, maka kamu juga bisa memprediksikan kapan sang buah hati akan lahir.

Itulah beberapa informasi dasar kehamilan pertama yang perlu diketahui. Mulai dari mengenali tanda kehamilan, hingga mengetahui usia kehamilan. Jika ibu masih memiliki pertanyaan seputar informasi dasar kehamilan lainnya, hubungi saja dokter spesialis kandungan. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa tanya dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Ibu dapat menggunakan fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. What Do You Want to Know About Pregnancy?
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Pregnancy week by week. 
Medical News Today. Diakses pada 2022. Pregnancy trimesters: A guide.