• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Adopsi Anjing? Ketahui 6 Jenis Anjing Ras yang Terkenal

Ingin Adopsi Anjing? Ketahui 6 Jenis Anjing Ras yang Terkenal

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ingin Adopsi Anjing? Ketahui 6 Jenis Anjing Ras yang Terkenal

Halodoc, Jakarta - Anjing memang menjadi binatang favorit pertama yang paling banyak dipelihara di dunia. Kesetiaan dan kepintaran hewan ini membuat banyak orang menyukainya. Ada beragam jenis anjing yang tersebar di seluruh dunia. Kamu berencana untuk mengadopsi salah satu jenis anjing ras terkenal? Sebelum mengadopsinya, kamu perlu mengetahui karakternya masing-masing. Berikut ini jenis anjing ras terkenal dan kepribadiannya masing-masing:

Baca juga: 5 Penyakit yang Sering Dialami oleh Anjing Ras

1.Labrador Retrievers

Jenis anjing ras terkenal di urutan yang pertama adalah Labrador Retrievers. Jenis anjing ini memiliki sifat yang pandai, mudah bersahabat dengan manusia, dan juga sangat aktif. Labrador Retriever adalah anjing yang cepat tanggap dalam mempelajari hal-hal baru. Dilihat dari fisiknya, anjing ini memiliki bentuk tubuh yang seimbang, sehingga cocok dijadikan sebagai anjing rumahan.

2.German Shepherd

Jenis anjing ras terkenal selanjutnya adalah German Shepherd. Anjing ini memiliki karakter yang cerdas, mudah dilatih, serta membutuhkan aktivitas fisik yang rutin dilakukan setiap hari. Jika hanya dikurung di dalam rumah saja, anjing menjadi nakal, dan mudah marah. Jika dilihat dari fisiknya, ia memiliki kepala yang lebar dan melancip ke depan serta memiliki moncong yang tajam. Anjing jenis ini juga memiliki telinga yang besar dan berdiri tegak serta ekor yang melengkung ke bawah.

3.Golden Retrievers

Anjing jenis Golden Retrievers lebih akrab disapa dengan istilah anjing Golden saja. Jenis anjing ini memiliki karakter yang setia pada pemiliknya serta ramah. Hewan yang satu ini sangat bersahabat dengan manusia, memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, serta mudah untuk mempelajari hal-hal yang diajarkan. 

Baca juga: Ketahui 4 Cara Tepat untuk Mengatasi Kutu Anjing

4.Bulldog

Jenis anjing terkenal selanjutnya adalah Bulldog. Bulldog berasal dari Inggris, dan menjadi salah satu anjing ras tertua di dunia. Anjing ini dapat menjadi sahabat yang baik, sangat ramah, dan tidak agresif, meski memiliki wajah yang menyeramkan.

5.Poodle

Poodle memiliki bentuk fisik yang kecil dengan bulu keriting yang tidak mudah rontok. Poodle sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu poodle standard, toy poodle, dan miniature poodle. Untuk membedakannya, kamu bisa melihat ukurannya. Poodle standard memiliki tinggi sekitar 15 inci, toy poodle memiliki tinggi sekitar 10 inci, dan miniature poodle memiliki tinggi sekitar 11–15 inci

Jika dilihat dari fisiknya, anjing ini memiliki bentuk kepala bulat dengan moncong yang panjang, telinga yang menggantung ke bawah, serta ekor ke atas. Poodle adalah anjing yang jinak, mudah dilatih, serta penurut. Jika kamu ingin merawat jenis anjing ini, perhatikan kerapihan dan kebersihan bulunya, ya. Oleh karena bentuk bulunya yang keriting, bulu anjing ini harus rutin disisir agar tidak kusut dan lebih mudah diatur.

6.Beagles

Beagles memiliki ukuran yang kecil, serta memiliki bulu yang cukup kasar dan berdekatan. Ukuran tubuhnya sendiri adalah 13 inci dengan berat normal 10–11 kilogram untuk anjing jantan.

Baca juga: Waspada, Ini Makanan yang Berbahaya untuk Anjing

Itulah beberapa jenis anjing ras terkenal dan karakternya masing-masing. Beberapa jenis anjing tersebut bisa kamu jadikan patokan jika berencana untuk memeliharanya. Jangan lupa kamu menyiapkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk mengadopsinya, seperti kandang, pet cargo, pagar, tempat tidur, dan makanan.

Hal yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan adalah budget tambahan untuk melakukan vaksinasi agar kesehatan hewan peliharaan terjamin. Untuk mengetahui apa saja urutan vaksin, prosedur, dan kapan waktu yang tepat dilakukan, kamu bisa bertanya langsung dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2020. Most Popular Dog Breeds – Full Ranking List.
American Kennel Club. Diakses pada 2020. The Most Popular Dog Breeds of 2019.