• Home
  • /
  • Ingin Anak Masuk Preschool, Ketahui 4 Hal Ini Dulu

Ingin Anak Masuk Preschool, Ketahui 4 Hal Ini Dulu

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ingin Anak Masuk Preschool, Ketahui 4 Hal Ini Dulu

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya pendidikan di dalam rumah, setiap anak memerlukan pendidikan di sekolah untuk menunjang perkembangan otaknya. Pendidikan preschool merupakan pembelajaran yang bisa diberikan sebelum anak memulai pendidikan formalnya. Preschool umumnya tersedia untuk anak berusia 3-5 tahun. Bisa dibilang preschool sama dengan playgroup atau PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). 

Baca Juga: Begini Pola Hidup Sehat agar Anak Cerdas

Ibu mungkin senang ketika Si Kecil sudah bisa memulai aktivitas belajarnya di preschool. Namun, ada sejumlah hal yang harus ibu persiapkan sebelum Si Kecil memasuki preschool. Apa saja? Berikut ini ulasan selengkapnya.

  1. Mengajaknya Bermain

Preschool pasti diisi dengan aktivitas bermain yang menyenangkan. Nah, agar Si Kecil tidak kaget dengan aktivitas tersebut, ibu harus sering mengajaknya bermain dirumah. Saat mengajaknya bermain, ibu harus mengatur waktu khusus untuk bermain bersama anak. Lebih baik lagi jika waktu tersebut disesuaikan dengan waktu preschool nya nanti. Sesekali, ajak orang lain bermain bersamanya agar ia mampu beradaptasi dengan orang baru sembari menumbuhkan rasa kemandiriannya. 

Saat bermain Si Kecil, jangan biarkan balita selalu menang dalam setiap permainan. Tujuannya agar Si Kecil belajar dari kekalahan serta menumbuhkan ketangguhannya ketika menghadapi temannya di sekolah.

  1. Mulai Tanamkan Kemandirian

Selain mengenalkannya dengan orang lain, ibu perlu mengajari beberapa keahlian sederhana, seperti menaruh benda pada tempatnya, mengelap ingus dengan tisu atau mengenakan sepatu sendiri. Keahlian-keahlian sederhana ini nantinya membantu Si Kecil ketika sudah mulai bersekolah. 

Baca Juga: Mendongengkan Bayi Sebelum Tidur, Ini Manfaatnya

  1. Ajarkan Kedisiplinan

Mulailah mengajarkan kedisiplinan kepada Si Kecil sedikit demi sedikit. Ketika anak memulai preschool, akan ada peraturan yang harus dipatuhinya. Oleh sebab itu, coba kenalkan beberapa rutinitas di rumah agar Si Kecil mampu mengikuti peraturan yang ada di sekolah nantinya. Hal ini bisa dimulai dengan membangunkan Si Kecil di jam yang sama yang kemudian dilanjutkan dengan mandi dan sarapan. Ibu harus mengajarkan hal-hal seperti mencuci tangan sebelum makan, makan di meja dan memberitahu guru saat ingin ke toilet. 

  1. Coba Preschool Trial

Beberapa preschool ada yang membuka kesempatan bagi balita untuk mengikuti sesi trial atau percobaan. Ibu bisa memanfaatkan peluang ini untuk mengenalkan Si Kecil dan membantunya menyesuaikan diri saat berinteraksi dengan anak-anak lain sekaligus. Supaya lebih efektif, ibu bisa mengajak teman yang dikenal oleh Si Kecil untuk mengikuti preschool trial tersebut.

Persiapan Si Kecil sebelum masuk preschool di atas bisa ibu lakukan secara bertahap. Ibu tidak perlu khawatir atau terburu-buru untuk mengajarkan beberapa hal di atas. Beri waktu Si Kecil sampai kira-kira ia mampu untuk masuk ke sekolah, sehingga tidak muncul tekanan pada dirinya dan preschool bisa berjalan dengan menyenangkan.

Baca Juga: Ini Pola Asuh Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak

Jika ibu punya pertanyaan tentang tumbuh kembang Si Kecil, ibu dapat bertanya ke dokter anak Halodoc. Lewat aplikasi, ibu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call

Referensi :
Parents. Diakses pada 2019. How to Prepare Your Child for Preschool.
Bright Horizons. Diakses pada 2019. How to Prepare Your Child for Preschool.