• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Berat Badan Turun, Mungkin Perlu Lakukan Ini

Ingin Berat Badan Turun, Mungkin Perlu Lakukan Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Setiap orang punya cara sendiri untuk menurun berat badan. Ada yang memilih untuk mengurangi porsi makan, mengganti menu makan, bahkan menurunkan frekuensi makan per hari. Namun, untuk beberapa orang yang suka makan mengubah pola makan bukanlah hal yang mudah.

Rasa lapar yang “tiba-tiba” muncul bisa saja mengagalkan rencana untuk menurunkan berat badan. Akhirnya, rencana untuk diet pun jadi pupus di tengah jalan. Nah, agar rencana untuk menurunkan berat badan enggak terganggu. Ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan, cari tahu berikut ini, ya!

1. Pakai Piring Kecil

Kelihatannya sepele sih, tapi untuk beberapa orang, makan menggunakan piring kecil yang terisi penuh lebih memuaskan dibandingkan makan menggunakan piring besar dengan isi yang sama. Hal ini secara tidak langsung akan mengurangi asupan kalori berlebih. Jadi, seolah-olah kamu bisa makan banyak tanpa khawatir diet menjadi gagal.

2. Jangan Lupa Sarapan

Kata siapa melewatkan sarapan bikin berat badan turun? Justru, sebuah penelitian menemukan bahwa melewatkan sarapan bisa meningkatkan risiko makan lebih banyak di siang harinya. Jadi, meskipun diet, jangan sampai melewatkan sarapan, ya. Kalau kamu ragu, kamu bisa memilih menu sarapan sehat seperti sereal, buah, roti gandum, dan pilihan sehat lainnya.

3. Perbanyak Konsumsi Protein

Salah satu cara agar kenyang lebih lama adalah dengan perbanyak konsumsi protein, karena protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Bahkan, asam amino yang terkandung dalam protein juga berperan dalam mengatur nafsu makan dan membakar kalori, lho. Kamu bisa memenuhi asupan protein dengan konsumsi ikan, daging merah, telur, buah dan sayur berwarna gelap atau hijau.

4. Pilih Karbohidrat yang Berserat

Makanan berserat adalah jenis makanan rendah kalori yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Karena itu, kamu bisa mengganti karbohidrat seperti nasi putih atau roti tawar, dengan karbohidrat yang mengandung lebih banyak serat seperti roti gandum dan nasi merah agar kamu kenyang lebih lama.

5. Minum Air Putih

Kamu bisa mengakali rasa lapar yang tiba-tiba datang dengan minum air putih. Atau, kamu bisa minum air putih sebanyak 2 gelas sebelum makan agar kamu merasa kenyang lebih cepat, sehingga bisa mengurangi porsi makan. Sebuah penelitian bahkan telah menyebutkan bahwa kebiasaan minum air putih sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan pada orang yang gemuk.

6. Tidur Cukup

Ternyata, penelitian dari Universitas Columbia menyebutkan bahwa tidur kurang dari 7 jam sehari bisa menyulitkan proses diet. Kenapa bisa begitu? Alasannya, saat kamu terjaga, tubuh bisa memunculkan rasa lapar tiba-tiba dan keinginan untuk nyamil. Saat kamu kurang tidur, tubuh cenderung memproduksi lebih banyak hormon rasa lapar (ghrelin) dan menurunkan produksi hormon rasa kenyang (leptin). Jadi, cukupi kebutuhan tidur setidaknya 7 jam sehari, ya. Dan sebisa mungkin, hindari bermain gadget sebelum tidur agar kamu bisa degera tidur dengan nyenyak.

Jika kamu punya pertanyaan seputar rencana diet, kamu bisa bertanya ke dokter melalui aplikasi Halodoc, lho. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan dimana saja. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam.

Bahkan, kamu juga bisa cek kadar kolesterol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain melalui aplikasi Halodoc. Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.