• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Cicipi Steak Vegan? Ini Bahan Alternatif yang Bisa Digunakan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Cicipi Steak Vegan? Ini Bahan Alternatif yang Bisa Digunakan

Ingin Cicipi Steak Vegan? Ini Bahan Alternatif yang Bisa Digunakan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Januari 2023

“Steak selalu identik dengan daging, baik itu daging sapi, ikan, maupun domba dengan rasa yang sangat lezat. Namun, kamu yang sedang menjalani diet vegan tetap bisa mencicipi enaknya steak dengan berbagai bahan pilihan, salah satunya tempe.”

Ingin Cicipi Steak Vegan? Ini Bahan Alternatif yang Bisa DigunakanIngin Cicipi Steak Vegan? Ini Bahan Alternatif yang Bisa Digunakan

Halodoc, Jakarta – Rasa steak yang sangat lezat rasanya sangat sayang untuk kamu lewatkan, ya? Namun, bagaimana jadinya jika kamu sedang menjalani diet vegan? Kamu pasti sudah tahu kalau diet satu ini tidak mengonsumsi makanan sumber protein hewani. 

Sebenarnya kamu tidak perlu khawatir. Sebab, ada banyak sekali makanan sumber protein nabati yang bisa kamu olah menjadi sajian steak yang rasanya tidak kalah enaknya dengan steak dari bahan daging. 

Beberapa Rekomendasi Alternatif Steak Vegan

Tempe

Sumber protein nabati pertama adalah tempe. Makanan yang terbuat dari kedelai ini memiliki banyak protein dan mengandung sembilan asam amino esensial. Makanan ini juga sarat dengan serat untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan dan mengandung probiotik berkat proses fermentasi.

Tempe memiliki tekstur yang kenyal dan konsistensi yang padat sehingga cocok untuk resep yang biasanya menggunakan daging giling. Kamu juga dapat mengiris tipis seperti daging yang begitu lezat. 

Tidak seperti banyak alternatif daging lainnya, tempe tidak melalui proses pengolahan yang berlebihan. Ini berarti, makanan tersebut dapat mempertahankan kandungan banyak enzim dan nutrisi alami.

Lentil

Lentil adalah sejenis kacang-kacangan yang memiliki tekstur kenyal dan rasanya yang netral. Seperti kacang-kacangan lainnya, lentil secara alami mengandung protein tinggi dan sarat dengan serat yang berarti dapat membantu mendukung pencernaan yang sehat dan bioma usus yang seimbang.

Legum juga sangat serbaguna berkat rasanya yang netral dan cocok dengan berbagai saus serta bumbu. Bahan ini juga bisa kamu konsumsi sendiri atau kamu manfaatkan sebagai pengganti daging giling dalam banyak resep.

Tofu

Daripada tempe, tofu lebih rendah kalori tetapi masih mengandung banyak protein nabati dan banyak mineral serta vitamin penting. Makanan ini juga lebih rendah lemak dan menjadi alternatif daging yang bagus bagi mereka yang mencoba mengurangi asupan kalori.

Oleh karena tersedia dalam lima varietas berbeda dari sutra lembut hingga padat super keras, tahu dapat kamu manfaatkan dalam berbagai situasi. Tahu sutra, misalnya, bisa menjadi pengganti telur yang sangat meyakinkan untuk menu orak-arik. 

Sementara itu, jenis tahu keras dapat kamu potong menjadi berbagai bentuk dan tambahan rasa menyerupai ayam, steak, dan lainnya.

Jamur

Jamur adalah salah satu bahan vegetarian paling serbaguna karena menawarkan berbagai macam tekstur dan metode persiapan. Jadi, apabila kamu beralih ke jamur untuk menemukan pengganti steak vegetarian terbaik, jamur tiram dan portobello adalah pilihan yang tepat.

Jamur tiram memiliki bentuk yang khas, tekstur yang fantastis dan rasa daging yang berbeda yang pastinya sangat penting untuk pengalaman mengonsumsi olahan steak yang otentik.

Hal yang sama berlaku untuk jenis jamur portobello. Jenis jamur ini memiliki rasa yang ringan tetapi gurih yang cocok kamu padukan dengan banyak hidangan dan bumbu. Bersama dengan teksturnya yang padat, jamur ini menjadi opsi steak vegetarian yang lezat.

Steak vegan dari terung

Pilihan sayuran lain yang sangat baik untuk pengganti steak untuk vegetarian adalah terong. Bahan makanan ini punya ukuran besar dan tekstur yang bagus untuk tujuan pengolahan tersebut. Kamu bisa mendapatkan rasa yang lebih enak dengan menambahkan bumbu herbal seperti bawang putih, kemangi, dan oregano.

Itu tadi beberapa pilihan alternatif pengganti daging untuk pengolahan steak vegetarian. Pastinya rasanya tidak kalah lezat dengan olahan berbahan daging yang tinggi kolesterol dan lemak. Supaya tetap sehat, kamu tidak boleh lupa untuk selalu mengonsumsi vitamin. 

Cek semua kebutuhan medis rutin kamu lebih mudah dari Halodoc. Cukup dengan download Halodoc secara gratis dari ponselmu, cek langsung App Store dan Play Store sekarang juga.

Referensi:
Home Kitchen Talk Diakses pada 2023. Vegetarian Substitute for Steak: What Can You Eat Instead?
Clean Green Simple. Diakses pada 2023. 9 Best Vegan Meat Substitutes.
Food & Wine. Diakses pada 2023. 5 Vegetarian Steaks to Sink Your Teeth Into.