Ingin Jadi Tentara? Perhatikan Kesehatan Gigi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ingin Jadi Tentara? Perhatikan Kesehatan Gigi

Halodoc, Jakarta – Menjadi seorang tentara mungkin masih menjadi cita-cita beberapa anak. Kesan gagah dari profesi ini nyatanya tidak didapat begitu saja, tetapi ada “investasi” yang diperlukan. Untuk menjadi tentara, dibutuhkan fisik yang sehat dan prima, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Bagi yang memiliki cita-cita menjadi tentara, pastikan untuk selalu memperhatikan serta menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

Tentara atau pasukan militer di Indonesia dibagi ke dalam tiga angkatan, yaitu angkatan darat (TNI-AD), angkatan laut (TNI-AL), dan angkatan udara (TNI-AU). Untuk bisa lolos dan menjadi bagian dari pasukan, salah satu standar yang harus dipenuhi adalah memiliki kesehatan gigi dan mulut yang baik. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu merawat kesehatan gigi dan mulut agar cita-cita menjadi tentara bisa tercapai. 

Baca juga: 7 Pemeriksaan Fisik yang Biasa Dilakukan Sebelum Masuk Sekolah Militer

Tips Menjaga Kesehatan Gigi 

Memiliki gigi dan mulut yang sehat serta terawat menjadi salah satu aset untuk bisa mencapai cita-cita menjadi tentara. Di Indonesia, orang yang ingin menjadi anggota militer diwajibkan untuk memiliki gigi yang sehat, di antaranya tidak memasang kawat gigi, tidak memiliki gigi berlubang, tidak ada gigi yang dicabut alias ompong, gigi tidak berjejal, serta masalah gigi lainnya. Hal ini menjadi penting, sebab kesehatan gigi dan mulut dianggap sebagai gerbang atau cerminan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Salah satu penyebab munculnya masalah pada gigi dan mulut adalah malas menjaga kebersihan dan tidak melakukan perawatan gigi. Selain sebagai standar untuk menjadi tentara, atau syarat beberapa pekerjaan lainnya, menjaga kesehatan gigi nyatanya adalah hal yang penting dilakukan. Pasalnya, gigi memiliki fungsi penting untuk memotong dan menghancurkan makanan, sehingga bisa ditelan dengan baik. Saat terjadi masalah pada gigi, proses itu juga akan terganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman. 

Baca juga: Tak Hanya Dewasa, Anak Pun Butuh Medical Check-up

Salah satu masalah gigi yang paling sering terjadi adalah gigi berlubang. Kondisi ini bisa mengganggu dan memberi rasa tidak nyaman saat makan. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan dan melakukan perawatan gigi rutin agar terhindar dari gigi berlubang. Setidaknya, ada berbagai langkah sederhana yang bisa diterapkan untuk memiliki kesehatan gigi dan mulut yang baik, di antaranya: 

  • Rutin Sikat Gigi 

Agar kesehatan gigi tetap terjaga, pastikan untuk rutin menyikat gigi, terutama setelah makan, sebelum tidur, atau di waktu-waktu yang dirasa perlu. Disarankan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali dalam satu hari, yaitu pada pagi hari dan malam sebelum tidur. Rutin menyikat gigi sebelum tidur bisa membantu menghilangkan kuman dan plak gigi. Sebaliknya, tidak menyikat gigi akan membuat plak dan sisa makanan tetap menumpuk di gigi, sehingga bisa menyebabkan gigi berlubang. 

  • Pasta Gigi Berfluorida 

Penggunaan pasta gigi yang tepat juga bisa menjaga kesehatan gigi. Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluorida, yaitu zat yang akan digunakan sel-sel yang membangun gigi dan menguatkan enamel gigi. Fluorida menjadi pelindung gigi agar terhindar dari kerusakan

  • Jangan Merokok 

Kebiasaan merokok bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Tak hanya itu, rokok juga sudah terbukti bisa memicu gangguan kesehatan, terutama pada paru-paru. Tentu saja, hal ini akan menghalangi jalan untuk menjadi tentara. 

Baca juga: Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Mencegah Abses Gigi

Punya masalah pada gigi dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa kapan dan di mana saja menghubungi dokter gigi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips menjaga kesehatan gigi dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 11 Ways to Keep Your Teeth Healthy.
Web MD. DIakses pada 2019. Helpful Hints for Healthy Teeth.
Halodoc. Diakses pada 2019. 7 Pemeriksaan Fisik yang Biasa Dilakukan Sebelum Masuk Sekolah Militer.