• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Menambah Berat Badan? Ini 5 Makanan Tinggi Kalori
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Menambah Berat Badan? Ini 5 Makanan Tinggi Kalori

Ingin Menambah Berat Badan? Ini 5 Makanan Tinggi Kalori

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 Juni 2022

“Ada beberapa makanan tinggi kalori yang sehat untuk dikonsumsi bagi kamu yang ingin menambah berat badan. Salah satunya adalah nasi yang tinggi akan karbohidrat dan kalori.”

Ingin Menambah Berat Badan? Ini 5 Makanan Tinggi Kalori

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian orang, meningkatkan berat badan untuk mencapai bobot yang ideal adalah hal yang sulit. Padahal, menambah berat badan bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi kalori setiap harinya. 

Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan tinggi kalori secara sembarangan. Kamu perlu menghindari makanan tinggi lemak, berminyak, dan manis. Sebab beberapa jenis makanan tersebut malah dapat meningkatkan risiko beberapa masalah kesehatan. 

Lantas, kira-kira apa saja makanan sehat tinggi kalori yang sebaiknya kamu konsumsi? Yuk, simak ulasannya di sini! 

Makanan Tinggi Kalori untuk Menambah Berat Badan 

Terdapat beberapa makanan sehat tinggi kalori yang dapat kamu konsumsi untuk menambah berat badan, meliputi: 

1. Nasi 

Meski menjadi makanan pokok sehari-hari, tidak ada salahnya bagi kamu untuk meningkatkan porsi nasi secara bertahap. Pasalnya, nasi mengandung kalori serta karbohidrat yang tinggi, sehingga keduanya dapat mempercepat proses pertambahan berat badan. Oleh karena itu, konsumsilah nasi minimal tiga kali dalam sehari, supaya asupan karbohidrat dan peningkatan kalori terpenuhi dengan baik. 

2. Kacang-Kacangan 

Selain lezat, berbagai jenis kacang juga menjadi salah satu rekomendasi makanan tinggi kalori untuk menambah berat badan. Sebagai contoh, satu genggam kecil kacang almond mentah mengandung setidaknya 170 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat, dan 15 gram lemak sehat. Berdasarkan kandungan nutrisinya, kacang sangatlah padat akan kalori. Alhasil, mengonsumsi dua genggam kacang setiap harinya tentu dapat meningkatkan ratusan kalori dengan cepat. 

3. Daging Merah 

Sebagai sumber protein yang baik, daging merah juga menjadi makanan yang dapat kamu konsumsi setiap harinya. Sebab, mengonsumsi makanan berprotein tinggi dapat membentuk massa otot tubuh dengan lebih baik. Peningkatan massa otot tubuh juga akan berbanding lurus dengan peningkatan berat badan. Nah, ada banyak jenis daging merah yang dapat kamu konsumsi. Misalnya seperti daging sapi, kambing, atau daging kerbau. 

4. Ikan Salmon

Selayaknya daging merah, ikan salmon juga merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk meningkatkan berat badan. Selain protein, ikan salmon juga diperkaya dengan lemak sehat yang dapat memberikan kalori baik. Menariknya lagi, ikan salmon juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang penting bagi kesehatan. 

5. Buah Alpukat 

Tidak seperti buah lainnya, alpukat tinggi akan kalori dan kandungan lemak sehat. Perlu diketahui bahwa satu buah alpukat berukuran besar dapat menyediakan setidaknya 332 kalori, 29 gram lemak, sekaligus 14 gram serat. Menariknya lagi, alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, dan berbagai senyawa kimia yang bermanfaat. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah alpukat secara rutin sebagai upaya meningkatkan asupan kalori secara sehat. 

Itulah beberapa makanan sehat tinggi kalori yang dapat kamu konsumsi untuk menambah berat badanmu. Mulai dari nasi, kacang-kacangan, daging merah, ikan salmon, hingga buah alpukat. Beberapa makanan sehat tersebut tentunya tak hanya tinggi akan kalori, tetapi juga diperkaya dengan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuhmu. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar apa saja makanan tinggi kalori yang sehat, tidak ada salahnya untuk menghubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter spesialis gizi untuk mendapatkan informasi yang kamu butuhkan. Kamu dapat menggunakan fitur chat/video call pada aplikasinya secara langsung. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. The 18 Best Healthy Foods to Gain Weight Fast. 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. High-Calorie Foods and Snack Ideas to Gain Weight.