• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Panjang Umur, Coba Pola Makan Sehat Ini

Ingin Panjang Umur, Coba Pola Makan Sehat Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Memang benar pernyataan “umur orang siapa yang tahu”. Semua orang memang tidak memiliki kendali penuh seberapa lama mereka hidup di bumi. Namun, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan agar kamu memiliki umur yang panjang. Salah satunya adalah menjaga tubuh agar tetap sehat dengan mengonsumsi sejumlah makanan berikut:

Baca juga: Ini Pola Makan Vegetarian yang Sehat

  • Sayuran

Sayuran yang dapat kamu konsumsi, antara lain sawi hijau, kale, pak choy, lobak, dan brokoli. Sayuran tersebut merupakan kelompok sayuran berdaun hijau yang padat gizi dan juga serat. Jika dikonsumsi secara rutin, makanan tersebut dapat menunjang seseorang yang ingin berumur panjang.

Tidak hanya kelompok sayuran berdaun hijau saja, manfaat yang sama juga terdapat pada rumput laut. Rumput laut sendiri dapat menurunkan risiko terjadinya peradangan pada tubuh dengan meningkatkan sistem kekebalan di dalamnya. 

  • Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan yang dapat kamu konsumsi, antara lain kacang kenari, kacang merah, kacang polong, kacang lentil, dan kacang kedelai. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di  Australia, Jepang, Swedia, dan Yunani pada 2004, kacang-kacangan yang dikonsumsi oleh seseorang di atas 60 tahun terbukti dapat menurunkan risiko kematian hingga 7-8 persen. 

Hal tersebut dilakukan dengan melakukan diet dengan mengonsumsi kacang-kacangan untuk meningkatkan asam lemak butirat dalam tubuh. Namun, pastikan agar konsumsi kacang tidak melebihi batas yang telah disarankan, ya! Alih-alih panjang umur, kamu bisa saja mengidap masalah kesehatan tertentu.

Untuk mengetahui berapa batas aman konsumsi kacang harian untuk kamu dengan kondisi medis tertentu, silahkan diskusikan langsung dengan dokter yang ada di aplikasi Halodoc, ya!

Baca juga: Pola Makan Sehat Bisa Jadi Obat Darah Tinggi

  • Ikan-Ikanan

Ikan-ikanan yang dapat kamu konsumsi, antara lain salmon, tuna, sarden, dan mackerel. Ikan sendiri memiliki senyawa baik yang disebut dengan karotenoid dan omega-3, yang dapat melindungi tubuh dari berbagai macam serangan penyakit saraf. Suplemen omega-3 sendiri dapat menurunkan risiko terjadinya peradangan dapat tubuh yang menjadi penyebab utama dari penyakit-penyakit berbahaya, seperti kanker, jantung, alergi dan Alzheimer.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan ekstrak lemak baik tak jenuh yang memiliki banyak manfaat dalam tubuh. Berbeda dengan jenis minyak lainnya, minyak zaitun tidak meninggalkan plak pada dinding pembuluh darah, sehingga tidak akan membuat penyumbatan di dalamnya. Polifenol dan antioksidan di dalamnya dapat membantu tubuh dalam mencegah kanker pada usus dan payudara. 

Tidak sampai di situ saja, minyak zaitun juga dapat meningkatkan kesehatan otak seseorang. Untuk menjaga kesehatan tubuh agar memiliki umur yang panjang, kamu dapat mengonsumsi 2 sendok makan minyak zaitun per hari.

  • Buah Beri

Buah beri yang dapat kamu konsumsi, antara lain stroberi, blueberry, raspberry, cranberry, blackcurrant, hingga anggur. Keluarga beri ini diklaim dapat membantu seseorang memiliki umur yang panjang karena antioksidan di dalamnya. Jika buah ini dikonsumsi oleh orang-orang berusia lanjut, dapat mengurangi risiko penurunan kemampuan kognitif. Sampai sejauh ini, apakah kamu berniat untuk mencobanya?

Baca juga: Food Craving, Tanda Pola Makan Tidak Sehat?

Gaya hidup sehat adalah harapan utama agar seseorang memiliki umur panjang. Untuk memulainya, kamu memerlukan pengetahuan lebih tentang tata cara makan yang baik, menu-menu sehat, dan gaya hidup yang menunjang. Gaya hidup yang dimaksud adalah rutin berolahraga dan istirahat yang cukup. Latih diri untuk menghindari tekanan pikiran yang berlebihan, agar kamu terhindar dari stres. Selamat mencoba!

Referensi:
Health. Diakses pada 2020. The Longevity Diet: What to Eat So You Live Longer and Healthier.
Prevention. Diakses pada 2020. 5 Foods You Should Eat If You Want to Live Longer.