• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Tetap Sehat Selama Perayaan Imlek? Lakukan 5 Langkah Ini!
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Tetap Sehat Selama Perayaan Imlek? Lakukan 5 Langkah Ini!

Ingin Tetap Sehat Selama Perayaan Imlek? Lakukan 5 Langkah Ini!

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Januari 2023

“Faktanya, ada banyak cara agar kamu dan keluarga bisa tetap sehat selama Imlek. Caranya yakni dengan membatasi berbagai makanan yang masuk ke tubuh dan tetap aktif sepanjang hari.”

Ingin Tetap Sehat Selama Perayaan Imlek? Lakukan 5 Langkah Ini!Ingin Tetap Sehat Selama Perayaan Imlek? Lakukan 5 Langkah Ini!

Halodoc, Jakarta – Imlek merupakan perayaan pergantian tahun yang dilakukan berdasarkan sistem penanggalan Cina. Nah, pada tahun ini perayaannya jatuh di tanggal 22 Januari 2023.  Ada banyak momen spesial yang hanya terlihat pada perayaan ini, termasuk beberapa sajian khusus. Namun, terkadang kamu sulit untuk menahan makan karena momentum ini. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tetap sehat selama hari perayaan Imlek berikut ini!

Cara Agar Tetap Sehat selama Imlek

Tahun baru Imlek memang perayaan yang mirip dengan Natal dan Idulfitri, sebab akan ada banyak makanan yang disajikan saat berkunjung ke keluarga atau kerabat yang merayakannya.

Nah, penting untuk tetap menjaga kesehatan dengan beberapa cara berikut ini:

1. Tetap aktif

Jika di hari itu kamu perlu mengunjungi beberapa rumah keluarga atau kerabat, cobalah untuk merencanakan rutenya. Dengan begitu, kamu bisa merencanakan untuk berjalan kaki dari satu rumah ke rumah lainnya yang berdekatan.

Dengan berjalan kaki, kamu bisa membakar lebih banyak kalori. Kamu juga bisa memilih menggunakan tangga dibanding lift saat berkunjung ke apartemen.

2. Jangan berkunjung saat lapar

Kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang tepat saat berkunjung untuk perayaan Imlek. Saat menerapkan kiat makan sehat, kamu jadi lebih disiplin dalam menghadapi godaan dari berbagai macam manisan dan gorengan.

Ingat, mengonsumsi makanan berkalori tinggi saat lapar dapat menyebabkan kamu konsumsi lebih banyak kalori dari yang sebenarnya kamu butuhkan.

3. Batasi konsumsi minuman manis dan alkohol

Cobalah untuk mengurangi konsumsi minuman tinggi gula, minuman ringan, dan alkohol. Kandungan kalori yang terdapat pada minuman yang disebutkan cukup tinggi, bahkan membutuhkan waktu berjam-jam untuk membakarnya.

Maka dari itu, sebaiknya tidak mengonsumsi minuman manis secara berlebihan. Bahkan akan lebih baik jika kamu hanya mengonsumsi air putih saja seharian. 

4. Makan dengan piring kecil

Dengan menggunakan piring yang lebih kecil, kamu bisa membatasi makanan yang diambil. Hal ini tentu dapat mengurangi kemungkinan untuk makan berlebihan.

Jika menggunakan piring yang lebih besar, kecenderungan untuk makan lebih banyak akan meningkat. Apabila kamu menuruti keinginanmu untuk makan banyak, maka usaha untuk tetap sehat selama Imlek bisa gagal. 

5. Biarkan ada makanan pada piring yang dipegang

Terkadang, ada saja keluarga yang selalu meletakkan makanan baru saat piring yang dipegang kosong.

Maka dari itu, cobalah untuk makan dengan perlahan dan pastikan menyisakan sedikit agar tidak makan terlalu banyak banyak. Jaga kecepatan makan tetap lambat dan jika diminta tambah, tolak dengan sopan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap sehat selama Imlek. Cobalah untuk menerapkan semua hal tersebut, dengan begitu, kamu tidak makan secara berlebihan.

Setelah hari perayaan tersebut, jangan lupa untuk membakar semua kalori berlebih dengan berolahraga secara rutin.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan lainnya cara tetap sehat setiap hari, fitur tanya dokter dan janji medis dari Halodoc, bisa digunakan untuk berinteraksi dengan ahlinya.

Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan kemudahan dalam akses kesehatan tanpa batas.

Referensi:
Health Hub. Diakses pada 2023. Stay Healthy During the Chinese New Year.
The Soothe. Diakses pada 2023. 5 Tips on How to Stay Healthy during Chinese New Year.