• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 10 Kondisi Medis yang Memerlukan Perawatan di ICU

Ini 10 Kondisi Medis yang Memerlukan Perawatan di ICU

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini 10 Kondisi Medis yang Memerlukan Perawatan di ICU

Ruang ICU yang ada di rumah sakit adalah ruang khusus untuk memberi perawatan bagi orang-orang yang sakit parah. Ada banyak kondisi dan situasi berbeda yang membuat seseorang perlu dirawat di ICU, seperti mengidap penyakit serius, mengalami kecelakaan, atau baru saja menjalani operasi. Mereka yang mengalami kerusakan organ juga memerlukan perawatan intensif.

Halodoc, Jakarta – Ruang Intensive Care Unit (ICU) adalah ruangan khusus di rumah sakit yang memberikan perawatan dan pemantauan bagi orang-orang yang mengalami sakit parah. Biasanya, ruang tersebut dilengkapi dengan peralatan medis yang khusus dan canggih guna memantau dan memulihkan kondisi pasien. 

Staff profesional perawatan kesehatan, seperti dokter spesialis, dokter jaga, dan perawat yang sudah terlatih juga akan memantau pasien selama 24 jam untuk memberikan pertolongan secepat mungkin bila sewaktu-waktu kondisi mereka memburuk. Kecuali kamu mengalami kondisi gawat yang memerlukan pertolongan medis darurat, kamu hanya bisa dirawat di ICU bila mendapatkan rujukan dari dokter atau dokter spesialis kamu. Lantas, kondisi medis seperti apa yang memerlukan perawatan di ruang ICU? Cari tahu jawabannya di sini.

Baca juga: Kondisi Sesak Napas yang Perlu Segera Ditangani di UGD

Kapan Perawatan Intensif di ICU Diperlukan?

Seseorang perlu dirawat di ruang ICU bila mengalami sakit parah dan memerlukan perawatan yang intensif dan pemantauan yang ketat. Orang yang baru menjalani operasi juga mungkin memerlukan perawatan intensif agar cepat pulih. Orang yang mengalami kecelakaan atau penurunan kesehatan secara tiba-tiba dan kritis juga perlu dirawat di ruang ICU. Kebanyakan orang yang dirawat di ruang ICU juga memiliki masalah dengan satu atau lebih organ mereka. Misalnya, mereka mungkin tidak bisa bernapas sendiri.

Ada banyak kondisi dan situasi berbeda yang membuat seseorang perlu dirawat di ICU. Bila ingin menilik lebih jauh, berikut ini beberapa kondisi medis yang memerlukan perawatan intensif:

  1. Sepsis

Infeksi serius seperti sepsis merupakan salah satu alasan umum orang dirawat di ICU. Sepsis adalah kondisi yang disebabkan oleh infeksi yang meluas ke seluruh tubuh dan berkembang menjadi kondisi yang mengancam jiwa. Pada sepsis, respons tubuh terhadap infeksi malah menyebabkan masalah baru, yaitu peradangan luas yang bisa menyebabkan kegagalan organ. 

  1. Cedera Otak Traumatis

Cedera otak traumatis melibatkan kerusakan sementara atau permanen pada jaringan otak. Biasanya, kondisi tersebut terjadi akibat benturan keras pada kepala atau wajah dan sering dikaitkan dengan perdarahan ke otak dan atau pembengkakan otak. Tergantung pada tingkat keparahan cedera otak traumatis, gejala bisa berkisar dari kebingungan, kehilangan kesadaran, hingga koma.

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Seseorang dalam Keadaan Koma

  1. Syok

Kondisi serius jangka pendek, seperti syok, juga memerlukan perawatan intensif. Syok adalah melambatnya aliran darah ke organ vital (otak, paru-paru, jantung, ginjal, dan lain-lain). Kondisi ini terjadi ketika tekanan dan aliran darah tidak cukup kuat untuk mensuplai darah ke organ vital.

  1. Stroke

Kondisi serius jangka pendek yang memerlukan perawatan intensif. Stroke adalah kondisi medis yang mengancam jiwa yang terjadi ketika suplai darah ke bagian otak terputus.

  1. Aneurisma Otak Pecah

Aneurisma adalah pelebaran (penggembungan) dan melemahnya dinding pembuluh darah. Ketika aneurisma di otak pecah, itu menyebabkan pendarahan ke otak yang dikenal sebagai perdarahan subarachnoid.

  1. Trauma

Trauma bisa terjadi karena banyak hal. Sebagian besar trauma disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotor atau terjatuh. Pada kasus yang lebih jarang, trauma disebabkan oleh serangan yang melibatkan benda tumpul, tusukan oleh benda tajam, atau tembakan.

Baca juga: Lakukan Ini Sebagai Pertolongan Pertama pada Kecelakaan

  1. Perawatan Intensif Pasca Operasi

Beberapa pasien mungkin memerlukan pemantauan di ruang ICU setelah operasi. Hal ini kadang-kadang sudah direncanakan, seperti setelah operasi vaskuler atau jantung besar. Pada kasus lain, perawatan intensif tidak direncanakan sebelumnya, tetapi diperlukan ketika terjadi masalah selama operasi.

  1. Perawatan Intensif Berkaitan dengan Kanker

Pasien dengan kanker terkadang perlu dirawat di ICU. Meskipun hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan, tetapi perawatan intensif seringkali diperlukan setelah kemoterapi atau transplantasi sumsum tulang akibat terjadinya perdarahan atau infeksi.

  1. Gagal Jantung

Ada berbagai keadaan darurat yang berhubungan dengan jantung yang bisa menyebabkan seseorang masuk ke ICU. Masalah jantung yang paling umum yang menyebabkan masuk ICU adalah gagal jantung.

  1. Kegagalan Pernapasan (Paru-Paru)

Paru-paru adalah organ vital yang berfungsi untuk membawa oksigen ke dalam aliran darah dan mengeluarkan karbon dioksida. Ketika fungsi dasar ini terganggu, situasi yang mengancam jiwa bisa terjadi.

Itulah beberapa kondisi yang memerlukan perawatan di ruang ICU. Bila sakit yang kamu alami sifatnya ringan, alih-alih perawatan intensif, kamu mungkin akan direkomendasikan untuk menjalani rawat jalan. Nah, agar lebih cepat pulih, kamu perlu meminum obat-obatan yang diresepkan dokter secara teratur. Beli obat resepnya melalui aplikasi Halodoc saja. Tidak perlu repot-repot keluar rumah, kamu bisa order obat lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
National Health Service. Diakses pada 2021. Intensive care.
The Ottawa Hospital. Diakses pada 2021. ICU Medical  Conditions.