Ini 2 Tips Agar Pendengaran Enggak Terganggu

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini 2 Tips Agar Pendengaran Enggak Terganggu

Halodoc, Jakarta - Gangguan pendengaran adalah sebuah gangguan yang terjadi secara bertahap seiring bertambahnya usia terhadap telinga. Kondisi tersebut adalah sebuah hal yang umum terjadi. Gangguan ini umumnya menyerang orang-orang yang berusia antara 65 hingga 75 tahun. Gangguan pendengaran tersebut terbagi menjadi beberapa tingkat.

Gangguan pendengaran didefinisikan sebagai salah satu dari tiga jenis:

  1. Konduktif, yaitu ketika gangguan yang terjadi melibatkan telinga luar atau tengah.

  2. Sensorineural, yaitu ketika gangguan tersebut melibatkan telinga bagian dalam.

  3. Campur, yaitu gangguan yang terjadi karena kombinasi keduanya.

Penuaan dan paparan kronis terhadap suara keras terhadap telinga dapat berkontribusi pada gangguan pendengaran. Faktor lain yang dapat menyebabkan hal tersebut adalah kotoran telinga yang berlebihan, sehingga kemampuan telinga dalam menerima suara menjadi berkurang.

Penyebab Gangguan Pendengaran

Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi penyebab gangguan pendengaran, yaitu:

  • Kerusakan pada telinga bagian dalam: Hal ini terjadi akibat penuaan dan paparan kebisingan keras dapat menyebabkan kerusakan pada rambut atau sel-sel saraf di koklea yang mengirimkan sinyal suara ke otak. Ketika rambut atau sel-sel saraf ini rusak atau hilang, sinyal listrik tidak dapat ditransmisikan secara efisien, dan gangguan pendengaran pun terjadi.

  • Penumpukan kotoran telinga secara bertahap: Kotoran telinga yang terjadi dapat memblokir saluran telinga dan mencegah konduksi gelombang suara. Penghapusan kotoran telinga dapat membantu memulihkan pendengaran kamu.

  • Infeksi: Infeksi yang terjadi pada telinga dan pertumbuhan atau tumor tulang yang tidak normal dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

  • Gendang telinga pecah: Ledakan keras, perubahan tekanan yang tiba-tiba, dan menyodok gendang telinga dengan benda keras dapat menyebabkan gendang telinga pecah dan memengaruhi pendengaran kamu.

Baca Juga: 5 Jenis Gangguan Pendengaran yang Perlu Diketahui

Tips Mencegah Gangguan Pendengaran

Kehilangan pendengaran yang terjadi pada seseorang tidak selalu bisa dicegah dan terkadang terjadi memang bagian dari bertambahnya usia. Namun, gangguan pendengaran karena paparan suara keras benar-benar dapat dihindari. Terdapat beberapa hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk membantu menghentikan suara keras yang menyebabkan gangguan pendengaran hingga permanen. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan:

1. Menghindari Suara yang Terlalu Keras

Salah satu cara untuk menghindari gangguan pada pendengaran adalah dengan menghindari suara yang terlalu keras. Suara terbilang terlalu bising apabila kamu harus berteriak karena kebisingan di sekitar kamu. Keadaan tersebut dapat merusak pendengaran seseorang. Suara-suara dari sepeda motor, speaker konser, alat-alat listrik seperti gergaji dan bor, earphone, serta banyak lagi, semuanya cukup keras untuk menyebabkan kelainan tersebut.

Baca Juga: Meniere Bisa Sebabkan Hilang Pendengaran

2. Perhatikan Tingkat Volume Ketika Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik yang terlalu keras melalui earphone dan headphone adalah salah satu bahaya terbesar bagi pendengaran semua orang. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu menghindari kerusakan pendengaran yang mungkin terjadi pada kamu adalah:

  • Menggunakan earphone atau headphone peredam bising (noise cancelling), sebaiknya jangan hanya menaikkan volume untuk menutupi suara dari luar.

  • Pilihlah kebisingan suara yang cukup, sehingga kamu dapat mendengarkan musik dengan nyaman. Namun, tetap jangan terlalu berlebihan.

  • Jangan mendengarkan musik lebih dari 60 persen dari suara maksimum. Pada beberapa perangkat memiliki pengaturan yang dapat kamu gunakan untuk membatasi tingkat kebisingan secara otomatis.

  • Jangan menggunakan earphone atau headphone selama lebih dari satu jam pada suatu waktu. Cobalah untuk beristirahat setidaknya 5 menit setiap jam.

Bahkan dengan sedikit mengecilkan tingkat kebisingan dapat membuat perbedaan besar pada risiko kerusakan yang dapat terjadi pada pendengaran kamu.

Baca Juga: Volume Suara yang Merusak Pendengaran

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya gangguan pendengaran. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!