Ini 3 Alasan Penting Mengetahui Golongan Darah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini 3 Alasan Penting Mengetahui Golongan Darah

Halodoc, Jakarta - Setiap orang tentu memiliki golongan darah yang berbeda-beda. Darah adalah komponen penting tubuh, sehingga setiap orang perlu mengetahui jenis golongan darah masing-masing. Mengetahui golongan darah yang dimiliki membantu tubuh tetap sehat, merencanakan masa depan, dan mencegah berbagai komplikasi.

Baca Juga: Milenial, Ketahui 5 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan

Untuk mengetahui golongan darah, kamu perlu mengunjungi klinik laboratorium atau rumah sakit untuk diambil sampel darah dan diuji. Nah, berikut ini informasi seputar golongan darah yang wajib diketahui.

Seputar Golongan Darah

Golongan darah ditentukan oleh jenis antigen yang dimiliki sel darah merah tubuh. Antigen adalah zat yang membantu tubuh untuk membedakan antara sel-selnya sendiri dan sel asing yang berpotensi berbahaya. Tubuh akan menghancurkan benda atau sel yang dianggap asing saat memasuki tubuh. 

Kalau ingin mengetahui golongan darah yang dimiliki, pesan Lab Check Up di aplikasi Halodoc saja. Pilih jenis pemeriksaan yang ingin dilakukan, kemudian petugas lab langsung mengunjungi lokasi yang telah ditentukan sesuai waktu yang sudah kamu tetapkan.

Alasan Mengapa Perlu Mengetahui Golongan Darah

Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu mengetahui golongan darah, yaitu sebagai berikut.

  1. Mencegah Respon Berbahaya

Menerima donor darah yang tidak sesuai dengan golongan darah yang dimiliki memicu respons kekebalan yang membahayakan nyawa. Contohnya, jika kamu mendapatkan donor  golongan darah B+ padahal golongan darah yang kamu miliki A-, antibodi di dalam tubuh justru menghancurkan darah yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, kamu mengalami demam, penurunan tekanan darah dan menggigil akibat mendapatkan donor yang tidak sesuai.

Baca Juga: Inilah Kepribadian Menurut Golongan Darah

Menerima donor yang tidak sesuai berisiko memengaruhi berbagai sistem vital tubuh, seperti pernapasan atau ginjal. Tidak hanya itu, kondisi ini bisa menimbulkan penggumpalan darah yang mengancam nyawa.

  1. Memudahkan Dokter dan Tenaga Medis Lainnya

Alasan penting lain adalah mengetahui golongan darah bisa memudahkan dokter dan tenaga medis lain apabila kamu mengalami keadaan gawat darurat, seperti kecelakaan hebat dan butuh transfusi darah secepatnya.

  1. Mencegah Masalah Kehamilan

Sebelum kamu berencana menikah dan memiliki anak, sebaiknya periksakan terlebih dulu golongan darah kamu dan pasangan. Pasalnya, pasangan yang memiliki rhesus darah yang berbeda dapat menimbulkan masalah kehamilan. Apabila rhesus yang kamu miliki negatif (Rh-) dan rhesus pasangan adalah Rh+, sistem kekebalan tubuh memicu produksi antibodi Rh yang berisiko merusak dan menghancurkan sel darah merah bayi yang sedang dikandung. Kondisi ini disebut inkompatibilitas Rh.

Baca Juga: Harus Tahu, Ini Bedanya Golongan Darah dan Rhesus Darah

Golongan darah tidak bisa diubah. Namun, mengetahui potensi risiko sejak awal membantu kamu dan dokter untuk menentukan tindakan pencegahan dan rencana pengobatan yang sesuai.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Blood Typing.
The Healthy. Diakses pada 2019. 8 Reasons Everyone Should Know Their Blood Type.