• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami yang Bisa Dicoba di Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

Ini 3 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Mei 2022

“Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk memutihkan gigi secara alami di rumah. Contohnya dengan menggunakan baking soda atau cuka sari apel.”

Ini 3 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

Halodoc, Jakarta – Setiap orang pasti ingin memiliki gigi yang putih untuk menunjang penampilan Nah, kabar baiknya kamu bisa lo mendapatkan gigi yang putih dengan cara alami. Bahkan, cara memutihkan gigi secara alami ini bisa dilakukan di rumah. Untuk mengetahui beberapa caranya, baca ulasan berikut ini!

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab gigi menjadi kusam dan kehilangan kilaunya. Contohnya adalah makanan tertentu yang dapat mengotori bagian terluar gigi. Gigi juga bisa berwarna kuning akibat adanya penumpukan plak.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara memutihkan gigi secara alami yang bisa dilakukan di rumah agar senyuman terlihat lebih cerah.

Berikut beberapa cara memutihkan gigi yang bisa dilakukan:

1. Mengoleskan Baking Soda

Salah satu cara memutihkan gigi secara alami adalah dengan mengoleskan baking soda. Bahan ini memiliki sifat pemutih alami yang merupakan salah satu bahan pada banyak pasta gigi. Saat diterapkan, sifat abrasif ringannya dapat membantu untuk menghilangkan noda pada gigi. Selain itu, soda kue dapat menimbulkan lingkungan basa di mulut yang ampuh mencegah bakteri untuk tumbuh.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air. Setelah itu, gosok gigi dengan olahan tersebut. Lakukan cara ini beberapa kali dalam seminggu. Lihat perbedaannya setiap hari untuk melihat perubahan yang positif pada tingkat keputihan pada gigi. Tentunya gigi yang putih dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu.

2. Cuka Sari Apel

Kamu juga bisa menggunakan cuka sari apel sebagai cara memutihkan gigi secara alami di rumah. Cuka sari apel memiliki efek pemutihan pada gigi sapi. Meski ampuh, kamu perlu berhati-hati pada potensi kerusakan pada tingkat kekerasan dan struktur permukaan gigi. Lakukan cara ini dengan hati-hati dan dalam waktu yang singkat.

Lalu, cara untuk membuatnya adalah dengan dibuat obat kumur. Kamu dapat mencampurkan 2 sendok teh cuka sari apel dengan sekitar 170 gram air. Kumur larutan tersebut selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, buang air yang dikumur dan bilas dengan air hingga bersih disertai menyikat gigi secara keseluruhan.

3. Menggunakan Hidrogen Peroksida

Diketahui jika kamu juga dapat menggunakan hidrogen peroksida sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Zat ini merupakan pemutih ringan yang dapat membantu untuk menghilangkan noda di gigi. Namun, perlu dipahami jika cara ini dapat meningkatkan sensitivitas pada gigi, sehingga tidak cocok untuk digunakan dalam jangka panjang atau pada orang dengan gigi sensitif.

Agar gigi dapat putih dengan optimal, cobalah untuk menyikat campuran soda kue dan hidrogen peroksida selama 1-2 menit sebanyak dua kali sehari dalam satu minggu. Lakukan hal ini hanya sesekali karena menilai efek sampingnya pada gigi.

Itulah beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang bisa dilakukan. Dengan menerapkan cara yang telah disebutkan, diharapkan tingkat keputihan pada gigi meningkat. Di samping itu, menggosok gigi secara rutin disertai pemeriksaan ke dokter gigi juga perlu dilakukan. Diharapkan, kebersihan dan kesehatan bagian gigi dan mulut terus terjaga dengan cara ini.

Kamu juga bisa lo melakukan pemeriksaan kesehatan gigi di beberapa rumah sakit rekanan Halodoc. Untuk pemesanan pemeriksaan ini bisa dilakukan hanya melalui aplikasi Halodoc. Maka dari itu, segera download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahan ini sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Yellow Teeth.
Web MD. Diakses pada 2022. Natural Ways to Whiten Your Teeth.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Six natural ways to whiten teeth.