• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Ini 3 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 April 2022

“Bau mulut adalah salah satu masalah yang kerap terjadi saat puasa. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi bau mulut saat puasa, salah satu caranya dengan rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut.”

Ini 3 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Halodoc, Jakarta – Setiap orang yang berpuasa tentu penasaran tentang cara mengatasi bau mulut. Tentunya kamu tidak ingin mengalami hal ini saat berinteraksi dengan orang lain. Maka dari itu, penting untuk tahu cara yang perlu dilakukan agar masalah ini tidak terjadi. Ketahui beberapa cara mengatasi bau mulut saat puasa berikut ini.

Cara Mengatasi Bau Mulut saat Puasa dengan Efektif

Bau mulut dapat membuat kepercayaan diri seseorang menurun saat berbicara dengan orang lain. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara yang paling baik untuk menjaga napas tetap segar selama berpuasa. Dengan begitu, interaksi dengan orang lain tidak terganggu karena masalah pada mulut ini.

Namun, apa sih yang menjadi penyebab bau mulut saat puasa?

Salah satu penyebab bau mulut adalah menurunnya volume air liur di dalam mulut. Saat berpuasa, kondisi mulut menjadi kering karena tidak ada asupan makanan dan minuman yang melewati mulut. Hal ini menyebabkan air liur yang berguna sebagai antiseptik alami, produksinya menurun drastis. Hal ini membuat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut tumbuh dengan subur.

Selanjutnya, bagaimana sih cara mengatasi bau mulut saat puasa?

Cara paling mudah yang bisa dilakukan agar bau mulut tidak terjadi adalah menghindari makanan dengan bau yang menyengat. Beberapa contoh makanan tersebut adalah petai dan jengkol. Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang perlu dilakukan agar bau mulut tidak terjadi, seperti:

1.  Atur Konsumsi Air Mineral

Salah satu cara mengatasi bau mulut adalah dengan mengatur jadwal konsumsi air mineral, tetapi tetap 8 gelas (2-3 liter) per hari. Bukan berarti kamu harus minum air pada satu waktu. Cobalah untuk membaginya menjadi tiga waktu yang berbeda selama berpuasa, seperti saat berbuka, sebelum tidur, serta saat sahur. 

Dengan menerapkan cara tersebut, diharapkan kamu tetap dapat menjaga kondisi mulut agar tidak kering. Sehingga, perkembangbiakan kuman penyebab bau mulut bisa dihindari. Air mineral yang dikonsumsi juga dapat membantu untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel saat berbuka dan sahur.

2.  Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Cara lainnya untuk mengatasi bau mulut saat puasa adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Sebab, konsumsi makanan ini dapat membantu untuk mengusir bau napas tidak sedap saat berpuasa. Buah dan sayur yang dikonsumsi mampu meningkatkan produksi air liur. Hal ini mampu menjaga mulut tetap lembap serta membersihkan area mulut dari kuman penyebab masalah tersebut.

3.  Rutin Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Penyebab utama terjadinya bau mulut adalah kebiasaan membersihkan gigi dan mulut yang tidak rutin atau tidak dilakukan dengan benar. Bukan hanya menggosok gigi minimal dua kali sehari, tetapi juga perlu menyikat lidah dan melakukan flossing. Hal ini agar kuman penyebab bau mulut dan plak tidak berkembang biak di dalam mulut. 

Menyikat gigi dan lidah saja tidak cukup. Kebiasaan baik lainnya yang juga harus dilakukan adalah berkumur menggunakan obat kumur terbaik. Cara ini mampu menjangkau dan membersihkan area mulut hingga ke sela – sela gigi tersempit yang sulit dijangkau oleh sikat gigi dan benang gigi.

Maka dari itu, pastikan untuk melakukan semua hal tersebut untuk mengatasi bau mulut yang timbul saat puasa. Jangan biarkan masalah pada mulut dan gigi ini mengganggu aktivitas harian kamu. Lakukan semua hal yang disebutkan secara rutin meski sudah tidak berpuasa. Agar kesehatan mulut dan gigi juga semakin terjaga.

Kamu juga bisa lo tanya dokter melalui aplikasi Halodoc terkait cara mengatasi bau mulut saat berpuasa. Dengan menggunakan Halodoc, kamu bisa berinteraksi dengan dokter melalui fitur chat atau voice/video call. Maka dari itu, segera download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
The Dental Studio. Diakses pada 2022. How do we keep our breath fresh while fasting?
Masnad Health Clinic. Diakses pada 2022. How to Tackle Bad Breath in Ramadan.