• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Gerakan Yoga untuk Diet Sehat

Ini 3 Gerakan Yoga untuk Diet Sehat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Agar bisa mendapatkan berat badan yang ideal, menjaga pola makan dengan mengonsumsi asupan makanan bergizi saja tidak cukup. Masih ada banyak hal lain yang perlu kamu lakukan, seperti memenuhi asupan cairan tubuh harian, mengendalikan stres, mendapatkan cukup istirahat, dan tentu saja, berolahraga. 

Tahukah kamu jika yoga menjadi salah satu pilihan olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan? Memang benar, kalori yang hilang ketika kamu melakukan yoga tidak sebesar saat kamu melakukan olahraga kardio dengan intensitas sedang atau berat. Meski begitu, yoga ternyata memiliki cara sendiri untuk menurunkan berat badan. 

Tidak hanya membakar kalori, setiap gerakan yang kamu lakukan dalam yoga juga membantu memotivasi diri untuk terus menjalani pola hidup yang sehat. Pun, yoga dikatakan bisa membantu menurunkan nafsu makan, mengurangi tingkat stres, hingga membuat kamu mendapatkan tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Baca juga: 3 Gerakan Yoga yang Dapat Membantu Tidur Nyenyak

Gerakan Yoga yang Membantu Menurunkan Berat Badan

Ternyata, setiap gerakan yoga punya manfaatnya masing-masing. Nah, berikut ini tiga gerakan yoga yang disinyalir mampu membantu menurunkan berat badan.

  • Surya Namaskara atau Sun Salutation

Kamu bisa memulainya dengan berdiri. Lalu, tarik napas perlahan dan angkat kedua tangan hingga ke atas kepala. Selanjutnya, hembuskan napas sembari membungkukkan tubuh, pastikan posisi punggung tetap lurus. Lalu, luruskan lengan ke bawah hingga jari tanganmu menyentuh lantai dengan jari tangan berada di depan jari kaki.

Ulangi lagi menarik napas pelan, posisikan tubuhmu tengkurap dan topang tubuh menggunakan kedua lengan bagian bawah dan kaki atau posisi plank. Tahan selama 5 hingga 10 detik sambil tarik dan hembuskan napas pelan-pelan. Lalu, turunkan lutut ke lantai, lanjutkan dengan dada dan dagu. Setelahnya, luruskan lengan agar kamu bisa mengangkat tubuh sembari menengadahkan kepala, sementara itu biarkan lutut tetap menyentuh lantai.

Baca juga: Alasan Yoga Mampu Meredakan Tingkat Stres, Wajib Dicoba!

Gerakan selanjutnya, angkat pinggul ke atas, lalu letakkan telapak tangan pada lantai di depan dan telapak kaki di belakangnya, sehingga posisi tubuhmu kini seperti huruf V yang terbalik. Tahan selama 5 hingga 8 detik. Lakukan deretan gerakan ini sebanyak 10 kali, tingkatkan intensitasnya dengan menambah durasi atau kecepatannya.

  • Posisi Boat

Awali gerakan dengan duduk di atas matras, tekuk kedua lutut di depan dan kaki menyentuh lantai. Hadapkan telapak tangan ke atas, lalu luruskan lengan ke arah depan hingga tangan bisa menggosok lutut. Selanjutnya, ayunkan tubuh ke belakang hingga membentuk sudut 45 derajat dengan lantai. 

Secara perlahan, angkatlah kaki dari lantai hingga sejajar dengan lutut. Jika memang memungkinkan, luruskan kaki hingga membentuk huruf V. Tahan hingga 30 detik sambil mengatur napas dan jagalah bahu supaya tetap rilek. Ulangi gerakan ini sebanyak lima kali.

Baca juga: Inilah 5 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan Oleh Pemula

  • Gerakan Plank

Mulailah dengan memosisikan tubuh tengkurap, lalu topanglah tubuh dengan kedua kaki dan siku. Usahakan agar kedua sikumu berada pada posisi yang sejajar dengan bahu. Pertahankan posisi ini, lalu jagalah supaya posisi tubuh membungkuk dan membentuk satu garis lurus sembari menahan otot di perut. Tahan selama kurang lebih 1 menit, lalu kembalilah tengkurap. Ulangi selama 10 hingga 15 menit. 

Itulah tadi tiga gerakan yoga yang bisa membantu menurunkan berat badan. Kalau kamu punya pertanyaan seputar diet, tanyalah langsung pada ahli gizi di aplikasi Halodoc. Jadi, kamu bisa menjalani diet sehat yang sesuai dengan kondisi tubuhmu. Aplikasi Halodoc juga bisa kamu pakai untuk buat janji berobat ke rumah sakit, lho!

Referensi: 
Health. Diakses pada 2020. The Best Yoga Pose for a Flat Belly.
Healthline. Diakses pada 2020. Yoga for Weight Loss.