• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Ini 3 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 Juli 2022

“Ternyata ada berbagai manfaat daun sirih untuk kesehatan gigi dan mulut. Mulai dari membuat nafas menjadi lebih segar hingga membantu mengatasi sariawan.”

Ini 3 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan MulutIni 3 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Halodoc, Jakarta – Daun sirih sudah dikenal masyarakat luas sebagai salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Sifat antibakteri yang ada di dalam daun sirih dikenal bisa memberikan perlindungan tubuh dari paparan kuman atau bakteri.

Bukan itu saja, daun sirih juga dipercaya masyarakat bisa menjaga kesehatan area kewanitaan. Selain itu, daun sirih menjadi tanaman herbal yang mampu menjaga kesehatan area gigi dan mulut. Yuk, simak ulasan mengenai manfaat daun sirih bagi gigi dan mulut.

Manfaat Daun Sirih untuk Gigi dan Mulut

Berikut ini manfaat daun sirih yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan gigi dan mulut, yaitu:

  1. Membuat Nafas Segar
membuat nafas segar

Sifat antibakteri yang ada pada daun sirih membuat tanaman herbal ini mampu mengurangi bakteri dan kuman yang ada pada area gigi dan mulut. 

Kamu bisa mengunyah daun sirih yang masih segar dan bersih untuk membunuh bakteri dalam mulut. Ini bisa membuat nafas dan aroma mulut menjadi lebih segar.

  1. Meningkatkan Kesehatan Gusi dan Gigi
meningkatkan kesehatan gusi dan gigi

Tentunya saat kuman dan bakteri dalam gigi dan mulut berkurang, hal ini bisa meningkatkan kesehatan gigi dan mulut, termasuk gusi. 

  1. Mengatasi Luka pada Gigi dan Mulut
mengatasi luka gigi dan mulut

Jika kamu mengalami sariawan atau luka pada dalam mulut, kandungan antioksidan dalam daun sirih mampu membuat luka bisa membaik lebih cepat. 

Itulah manfaat daun sirih bagi kesehatan yang bisa kamu rasakan. Selain daun sirih, kamu bisa menjaga kesehatan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang diperlukan. 

Bukan hanya dari makanan, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi melalui suplemen. Yuk, cek kebutuhan suplemen yang diperlukan melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
India TV. Diakses pada 2022. 7 Health Benefits of Paan or Betel Leaves in Summers.
Medindia. Diakses pada 2022. Top 10 Medicinal Benefits of Betel Leaves.